Yusuf Dikec (Sumber Foto: Instagram/@yusufdikecofficial)

Profil Yusuf Dikec, Atlet Menembak Bergaya Santai di Olimpiade Paris 2024

03 August 2024   |   09:46 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Yusuf Dikec, atlet menembak asal Turki mencuri perhatian masyarakat dunia saat berlaga di Olimpiade Paris 2024. Dia meraih medali perak dalam pertandingan nomor campuran 10 meter air pistol bersama rekannya Sevval Ilayda Tarhan. Prestasinya membuat Turki meraih medali pertama di cabang menembak dalam sejarah Olimpiade.

Gayanya yang unik dan santai selama bertanding langsung menarik perhatian publik. Saat pertandingan final yang menegangkan melawan Damir Mikec dan Zorana Arunovic dari Serbia, Dikec bertanding tanpa headphone dan peralatan lengkap selayaknya atlet menembak lain. 

Apalagi caranya menembak terlihat santai, yakni dengan satu tangan yang dimasukkan ke dalam saku celananya. Penampilannya tersebut terlihat sangat kontras dibandingkan para pesaingnya yang terlihat serius dan tegang, serta dibekali perlengkapan canggih. 

Baca juga: Profil & Prestasi Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Pertama Indonesia Lolos ke Olimpiade

Dikec lahir pada 1 Januari 1973 di Goksun, Provinsi Kahramanmaras, Turki. Dia menyelesaikan sekolah dasar di desanya dan melanjutkan pendidikan menengah di Goksun. Pada 1994, dia mendaftar di Sekolah Militer Gendarmerie di Ankara. Setelah lulus, dia menjadi kopral dan bertugas di Mardin. 

Pada 1999, Dikec masuk ke Sekolah Militer Gendarmerie. Setelah satu tahun, dia lulus dengan pangkat sersan. Dia kemudian bertugas selama satu tahun di Istanbul, dan diangkat ke Jandarma Gücü di Ankara, klub olahraga Gendarmerie Turki.

Dikec memulai karier menembaknya pada awal 2000-an, dan dengan cepat meraih predikat sebagai salah satu penembak terbaik Turki. Beberapa pencapaiannya yang membanggakan termasuk memenangkan medali perak di Kejuaraan Militer Eropa pada 2003 dan 2004. Dia juga meraih medali emas di Kejuaraan Dunia CISM 2006 untuk kategori 25 meter pistol center-fire, mencatatkan rekor dunia dengan skor 597. 

Selama bertahun-tahun, Dikec telah mengumpulkan berbagai penghargaan di kompetisi internasional, termasuk medali di Kejuaraan Dunia ISSF dan Kejuaraan Eropa. Pada 2011, dia memenangkan medali emas di Piala Dunia ISSF di Munich untuk kategori 10 meter air pistol, dengan skor akhir 687,3. 
 

Yusuf Dikec telah berlaga di lima Olimpiade berturut-turut, tetapi baru kali ini dia berhasil meraih medali. Sebelum Olimpiade 2024, dia pernah tampil di Olimpiade Beijing 2008, London 2012, Rio de Janeiro 2016, dan Tokyo 2020, tetapi belum mencatatkan hasil yang memuaskan.

Pada Olimpiade Paris 2024, Yusuf Dikec dan Sevval Ilayda Tarhan mencatatkan sejarah dengan memenangi medali perak di kategori tim campuran 10 meter air pistol. Mereka memimpin babak kualifikasi dengan skor 582 poin dan menyamai rekor Olimpiade. Namun, pada babak final mereka kalah tipis 16-14 dari tim Serbia dalam pertandingan yang sangat menegangkan

Pada usianya yang ke-51 tahun, Yusuf Dikec menunjukkan bahwa dengan dedikasi, ketekunan, dan semangat yang tak pernah padam, impian untuk meraih medali Olimpiade dapat terwujud. Prestasinya di Olimpiade Paris 2024 menambah daftar panjang penghargaan dalam kariernya yang cemerlang, sekaligus memberikan inspirasi bagi para atlet menembak di Turki. 

Baca juga: Mengenal Michael Phelps, Atlet Olimpiade Terhebat Sepanjang Masa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Tteokbokki Varian Pedas & Keju, Gampang Dibuat

BERIKUTNYA

Penjualan Stargazer & All-New Kona Ngegas di GIIAS 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: