Eko Yuli Irawan menjadi atlet Indonesia pertama yang tampil di lima edisi Olimpiade berbeda sepanjang sejarah. (Sumber gambar: NOC Indonesia)

Update Daftar Atlet Indonesia yang Lolos ke Olimpiade 2024 di Paris

09 May 2024   |   08:41 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Gelaran Olimpiade 2024 di Paris sudah di depan mata. Kontingen Indonesia terus berusaha menambah jumlah atletnya untuk bisa memastikan diri ikut bertanding dan memperebutkan medali emas di panggung tertinggi olahraga dunia tersebut.

Olimpiade Paris akan digelar pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Dalam edisi ke-33 ini, sebanyak 32 cabang olahraga dijadwalkan akan dipertandingan pada pesta olahraga paling bergengsi di muka bumi tersebut.

Hingga Kamis (9/5/2024), setidaknya sudah ada sekitar 21 atlet Indonesia yang telah memastikan diri akan tampil di Olimpiade Paris. Jumlah ini masih mungkin bertambah karena beberapa atlet masih akan melakoni pertandingan demi mengejar tiket di detik-detik akhir sebelum turnamen dimulai.

Baca juga Cara Nonton Live Streaming Indonesia vs Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Dari sejumlah atlet yang telah memastikan diri, Indonesia masih menunjukkan kedigdayaannya di dua cabor paling potensial meraih medali, yakni bulu tangkis dan angkat besi. Kontingen Indonesia banyak mengirim wakilnya di dua cabang olahraga (cabor) tersebut.
 

Jonatan Christie (Sumber gambar: PBSI)

Jonatan Christie (Sumber gambar: PBSI)


Di cabor bulu tangkis, Indonesia memiliki wakil di semua nomor yang dipertandingkan. Pada nomor tunggal putra, Indonesia meloloskan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Lalu, Gregoria Mariska Tunjung akan turun di nomor tunggal putri. Di sektor ganda putra, ada nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, sedangkan ganda putri ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Adapun Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas akan mewakili Indonesia di nomor ganda campuran.

Di cabor angkat besi, Indonesia mengirimkan tiga wakilnya untuk berlaga di Olimpiade Paris. Mereka adalah Eko Yuli Irawan, Rizki Juniansyah, dan Nurul Akmal.

Eko merupakan lifter yang akan melakoni lima kali Olimpiade pada edisi ini. Dia selalu lolos sejak Olimpiade Beijing 2008. Adapun Nurul Akmal merupakan perwakilan lifter putri dari Indonesia.
 

Bernard Benyamin van Aert. (Sumber gambar: NOC Indonesia)

Bernard Benyamin van Aert. (Sumber gambar: NOC Indonesia)


Kemudian, pada cabor balap sepeda, atlet Bernard Benyamin van Aert juga berhasil lolos. Dia lolos setelah mengumpulkan 1.552 poin pada berbagai perlombaan dengan sertifikasi UCI.

Pada cabor panjat tebing, atlet Desak Made Rita Kusuma Dewi juga berhasil mengamankan tiket ke Paris. Desak merebut satu tiket lewat medali emas di kategori speed Kejuaraan Dunia 2023 di Bern, Swiss.

Setelah itu, Rahmad Adi Mulyono juga menyusul desak di nomor pemanjat putra. Adi lolos setelah meraih medali emas di kategori speed Kualifikasi Zona Asia atau IFSC Climbing Asian Qualifier 2023 di Jakarta.

Di cabor senam artistik, Indonesia juga berhasil mengirimkan wakilnya, yakni Rifda Irfanaluthfi. Rifda menggenggam tiket Olimpiade setelah tampil di Kejuaraan Senam Dunia 2023 di Belgia.

Di cabor menembak, ada nama Fathur Gustafian yang meraih tiket Olimpiade 2024. Dia lolos melalui ajang Pistol Campionship 2024 pada Januari lalu. Dia menempati peringkat keempat dalam final nomor senapan angin putra 10 meter.
 

Atlet Rio Waida (Sumber gambar: NOC Indonesia)

Atlet Rio Waida (Sumber gambar: NOC Indonesia)


Di cabor selancar ombak, Indonesia mengirimkan Rio Waida sebagai wakilnya. Dia meraih tiket setelah melalui ajang kualifikasi terakhir, yakni ISA World Surfing Games 2024.

Di cabor dayung disiplin rowing, Indonesia juga mengirim La Memo sebagai wakilnya. Dia lolos ke Olimpiade setelah finis kedua pada perlombaan single sculls putra di Kejuaraan Dayung Asia-Osenia di Korsel tahun ini.

Di sektor panahan, Indonesia mengirimkan atletnya yang bernama Arif Dwi Pangestu. Tiket ini didapat Arif setelah menempati peringkat keempat pada nomor Recurve Putra di Kejuaraan Panahan 2023 di Berlin.

Selain Arif, Diananda Choirunisa juga berhasil memiliki tiket ke Paris setelah meraih perunggu di nomor recurve berepu campuran bersama Riau Ega Agatha di Asian Games Hangzhou 2022.

Indonesia masih berpotensi menambah jumlah wakilnya di Olimpiade 2024. Sebab, masih ada beberapa pertandingan lain yang akan dijadikan kualifikasi sebelum sang atlet lolos ke Olimpiade Paris.

Misalnya, cabor sepak bola, timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga play-off melawan Guinea pada malam ini, Kamis (9/5/2024). Kemudian, tim beregu panahan juga masih akan mengejar tiket Olimpiade hingga ke kualifikasi di Antalya, Turki pada Juni 2024.

Jatah tiket cabor panjat tebing juga masih bisa bertambah karena ada dua seri kompetisi, yakni di China dan Hongaria yang masuk dalam babak kualifikasi juga. Beberapa cabor lain juga masih akan berjuang hingga Olimpiade benar-benar dimulai pada 26 Juli mendatang.

Baca juga :Begini Persiapan Atlet Selancar Rio Waida untuk Berlaga di Olimpiade Paris 2024

Editor : Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Cara Nonton Live Streaming Indonesia vs Guinea di Playoff Olimpiade 2024

BERIKUTNYA

Line up Film Japanese Film Festival 2024, dari Father of the Milky Way Railroad Sampai Single8

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: