Atlet Wanita (Sumber Foto: Freepik)

6 Fakta Menarik Olimpiade Paris 2024: Jumlah Atlet Pria & Wanita Sama

09 July 2024   |   17:51 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Olimpiade 2024 yang berlangsung di Paris, Prancis diselenggarakan mulai 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Ajang olahraga internasional ini diikuti lebih dari 10.500 atlet dari 206 Komite Olimpiade Nasional serta mempertandingkan 32 cabang olahraga dan 306 nomor pertandingan.

Olimpiade Paris 2024, Jeux olympiques d'été de 2024, atau nama lainnya Games of the XXXIII Olympiad ini sebagian besar acaranya akan diadakan di Paris dan sekitarnya, termasuk pinggiran metropolitan Saint-Denis, Le Bourget, Nanterre, Versailles, dan Vaires-sur-Marne. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Olimpiade Paris 2024, Ada Maskot dan Cabor Baru

Pesta olahraga terbesar di dunia ini akan menjadi ajang kompetisi bergengsi bagi para atlet dalam berbagai cabang olahraga seperti panahan, panjat tebing, senam artistik, menembak, dan lainnya. Nah, sambil menanti pesta olahraga ini digelar, Genhype dapat menyimak sejumlah fakta menarik mengenai Olimpiade 2024 Paris sebagai berikut.


1. Paris Langganan Tuan Rumah Olimpiade

Olimpiade 2024 berlangsung tepat 100 tahun sejak Paris menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1924. Kali ini untuk yang ketiga kalinya, Paris kembali dipercaya sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Panas. Pertama kali Paris menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1900, lalu 1924, dan kini 2024. 

Hajatan kali ini menjadikan kota yang terkenal dengan menara Eiffel tersebut sebagai kota kedua setelah London yang mencapai prestasi sebagai langganan tuan rumah Olimpiade. London pun pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1908, 1948, dan 2012. Ini merupakan fenomena langka, lantaran setiap kota biasanya berkesempatan satu kali mengadakan Olimpiade.

Selain menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2024, Prancis juga merupakan tempat diselenggarakannya Olimpiade Musim Dingin sebanyak tiga kali, yakni di Chamonix pada 1924, Grenoble pada 1968, dan Albertville pada 1992. Dengan demikian, ada enam perhelatan olimpiade yang digelar di Prancis.


2. Penambahan Cabang Olahraga di Olimpiade 2024

Pihak penyelenggara Olimpiade 2024 menambahkan empat cabang olahraga baru yang menyoroti aspek kreativitas dan kinerja atletik. Inisiatif ini juga sekaligus menciptakan standar baru supaya permainan dapat inklusif, seimbang gender, dan berpusat pada remaja. 

Tahun ini, Olimpiade akan mengompetisikan olahraga break dancing, panjat tebing, skateboarding, dan selancar. Secara keseluruhan akan ada 32 cabang olahraga yang dikompetisikan dengan total 329 perebutan medali.


3. Kesetaraan Gender di Olimpiade 2024 

Olimpiade 2024 mencatatkan sejarah sebagai olimpiade pertama yang sukses mencapai kesetaraan gender dalam dunia olahraga. Ajang ini mengikutsertakan jumlah peserta pria dan wanita yang sama, dengan jumlah 5.250 atlet pria dan 5.250 atlet wanita. 

Selain itu, pihak penyelenggara akan mengubah nama fasilitas olahraga dengan menggunakan nama-nama tokoh wanita terkemuka. Sebelumnya, hanya sedikit fasilitas olahraga di Prancis yang diberi nama berdasarkan tokoh wanita di dunia.


4. Olimpiade 2024 Diselenggarakan di 35 Venue

Sebanyak 35 venue siap digunakan untuk Olimpiade Paris 2024. Beberapa di antaranya akan dihelat di tempat-tempat ikonik Paris, yakni voli pantai di Champ de Mars (di bawah Eiffel Tower), anggar dan taekwondo di Grand Palais, sementara start lari maraton akan dimulai di Hotel de Ville. Kompetisi bola tangan akan berlangsung di Stadion Pierre Mauroy di Lille.

Untuk pertama kalinya, Olimpiade Paris 2024 juga akan menggunakan wilayah Prancis paling ujung di Tahiti, untuk kompetisi selancar. Lokasinya terletak sekitar 15.000 km dari Paris. Selanjutnya turnamen sepak bola akan dimainkan di Bordeaux, Nantes, Lyon, Saint-Etienne, Nice dan Marseille, sedangkan olahraga yang berhubungan dengan air di Marseille.


5. Olimpiade yang Ramah Lingkungan 

Olimpiade 2024 berkomitmen pada Perjanjian Iklim Paris sehingga penyelenggaraannya menerapkan teknologi inovatif yang berpegang pada prinsip keberlanjutan. Misalnya, desa olimpiade sebagai perkampungan para atlet yang menerapkan aspek ramah lingkungan.

Desa Olimpiade untuk Olimpiade Musim Panas Paris 2024 akan diresmikan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron. Fasilitas ini dibangun di sebuah desa di pinggiran kota Saint-Denis yang dulunya merupakan daerah kumuh.

Tempat tinggal untuk para atlet tersebar di lima kawasan pemukiman, masing-masing diberi nama sesuai daerah terkenal di Paris yakni Abbesses, Bastille, Dauphine, Etoile, dan Fetes. Desa Olimpiade Paris menjanjikan emisi karbon 50 persen lebih sedikit daripada pemukiman sejenis yang dibangun dengan metode tradisional.


6. 29 Atlet Indonesia Berpartisipasi di Olimpiade 2024 

Sebanyak 29 atlet Indonesia akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Para atlet mewakili berbagai cabang olahraga seperti panahan, panjat tebung, senam artistik, menembak, selancar ombak, angkat besi, dayung, balap sepeda, bulu tangkis, judo, atletik, dan lainnya. Berikut beberapa nama atlet yang mewakili Indonesia di Olimpiade 2024.

Baca juga: Protes Olimpiade Paris 2024, Warga Paris Ancam BAB di Sungai Seine
  1. Arif Dwi Pangestu (Panahan)
  2. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)
  3. Diananda Choirunisa (Panahan)
  4. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)
  5. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing) 
  6. Fathur Gustafian (Menembak)
  7. Rio Waida (Selancar Ombak)
  8. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)
  9. Rizki Juniansyah (Angkat Besi)
  10. Memo (Dayung)
  11. Bernard Benyamin van Aert (Balap Sepeda)
  12. Jonatan Christie (Bulu Tangkis)
  13. Anthony Sinisuka Ginting (Bulu Tangkis)
  14. Gregoria Mariska Tunjung (Bulu Tangkis)
  15. Fajar Alfian (Bulu Tangkis)
  16. Muhammad Rian Ardianto (Bulu Tangkis)
  17. Apriyani Rahayu (Bulu Tangkis)
  18. Siti Fadia Silva Ramadhanti (Bulu Tangkis)
  19. Rinov Rivaldy (Bulu Tangkis)
  20. Pitha Haningtyas Mentari (Bulu Tangkis)
  21. Nurul Akmal (Angkat Besi)
  22. Raji'ah Sallsabilah (Panjat Tebing)
  23. Veddriq Leonardo (Panjat Tebing)
  24. Maryam March Maharani (Judo)
  25. Lalu Muhammad Zohri (Atletik)
  26. Rezza Octavia (Panahan)
  27. Syifa Nur Afifah Kamal (Panahan)
  28. Joe Aditya W. Kurniawan (Renang)
  29. Azzahra Permatahani (Renang)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resep Ayam Penyet Cabai Hijau Ala Chef Devina Hermawan

BERIKUTNYA

Produser Inarah Syarafina Cerita Penggarapan Film Dokumenter Lebih Kompleks dari Fiksi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: