Seragam atlet tim nasional Mongolia di Olimpiade Paris 2024. (Sumber gambar: Michel & Amazonka)

Intip Desain Seragam Atlet Tim Mongolia di Olimpiade Paris 2024

12 July 2024   |   09:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Olimpiade 2024 akan berlangsung pada 26 Juli-11 Agustus 2024 di Paris, Prancis. Menjelang perhelatannya, sejumlah kontingen dari berbagai negara pun telah mengumumkan seragam resmi untuk para atlet, tak terkecuali Mongolia. Negara yang berbatasan dengan Rusia dan China itu mengumumkan seragam resmi atlet di Olimpiade Paris 2024.

Tim nasional Mongolia menggandeng merek Michel & Amazonka untuk mendesain pakaian upacara pembukaan Olimpiade, yang akan dikenakan atlet, pelatih, dan ofisial tim mereka. Sementara itu, merek ternama Jepang, Mizuno, ditugaskan untuk mendesain pakaian olahraga yang akan dikenakan oleh para atlet selama bertanding di Olimpiade.

Baca juga: Tengok Jersey Timnas Indonesia Rancangan Didit Hediprasetyo untuk Olimpiade Paris 2024

Michel & Amazonka dipilih lantaran memiliki pengalaman sebelumnya dalam mendesain pakaian untuk atlet tim Mongolia yang berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin dan Musim Panas. Sementara Mizuno dipilih melalui jajak pendapat yang dilakukan terhadap 10.000 warga berusia antara 18 dan 60 tahun, serta 303 anggota Tim Nasional.
 

Seragam upacara tim nasional Mongolia menampilkan simbol-simbol nasional dan Olimpiade, termasuk sembilan panji putih, obor Olimpiade, lambang Olimpiade Paris, serta representasi matahari, bulan, dan Gua-Maral (rusa mitos). Semua simbol itu disulam rumit dengan benang emas.

Untuk atlet perempuan, seragam upacaranya terdiri dari beberapa item fesyen, yakni kemeja panjang putih dengan detail motif pada kerah bergaya shanghai dan rok panjang berwarna putih polos. Sebagai opsi, ada juga baju jubah berwarna putih polos, dengan kerah shanghai motif dan detail yang sama pada bagian tangan.

Dua opsi pakaian itu dilengkapi dengan rompi biru bermotif tradisional yang disulam menggunakan benang emas pada bagian dada, tas jinjing berwarna hitam, sepatu heels berwarna krem, dan anting panjang menjuntai bernuansa merah.
 


Begitupun untuk atlet laki-laki, seragam upacaranya terdiri dari beberapa item fesyen, yakni kemeja panjang putih dengan detail motif pada kerah bergaya shanghai dan celana panjang berwarna putih polos. Sebagai opsi, ada juga baju jubah berwarna putih dengan beberapa motif yang disulam dengan benang emas, serta kerah shanghai motif dan detail motif seperti ikat pinggang.

Dua opsi pakaian itu dilengkapi dengan rompi biru bermotif tradisional yang disulam menggunakan benang emas pada bagian dada, topi tradisional berwarna merah, sepatu boots tinggi benuansa emas, topi, dan sepatu kets berwarna putih.
 


Manajer Umum Michel & Amazonka B. Monkhbayar mengatakan fitur utama yang ingin ditonjolkan dalam seragam tim nasional Mongolia di Olimpiade 2024 ialah rompi dengan sulaman rumit, yang menggabungkan elemen-elemen kebanggaan nasional Mongolia yang dilambangkan oleh sembilan panji putih, obor Olimpiade, pola keberuntungan yang mewakili ratu, dan benda-benda langit seperti matahari dan bulan.

Hal itu juga yang membedakan seragam tim Mongolia untuk Olimpiade Paris 2024, dengan desain seragam Olimpiade di Tokyo 2020 dan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Seperti diketahui, Michel & Amazonka juga sebelumnya dipercaya untuk mendesain seragam Mongolia untuk dua ajang olahraga bergengsi itu.

"Paris, sebagai pusat mode, menuntut desain yang sangat elegan, yang mencerminkan tipologi kontemporer. Karena pengerjaan yang rumit, dibutuhkan waktu lima hari untuk menyelesaikan satu set pakaian lengkap untuk satu atlet," katanya dilansir dari Mongolia National News Agency.

Michel & Amazonka adalah salah satu merek fesyen paling populer dan progresif di Mongolia. Merek ini didirikan pada 2015 di Ulaanbaatar, Mongolia, oleh dua saudara perempuan desainer yakni Michel Choigaala dan Amazonka Choigaala. Mereka juga dibantu oleh Enkh-oyun Bold yang bertugas sebagai Kidswear Designer dan Buya Munkh-Undram yang bertindak sebagai Graphic & Multimedia Designer.

Merek Michel & Amazonka terkenal dengan desain fesyen mereka yang mencerminkan perpaduan esensi tradisional dari Mongolia serta budaya kontemporer. Produk-produk fesyennya terdiri dari pakaian mewah untuk laki-laki dan perempuan, ready to wear, serta gaun dan tas, yang dibuat dengan mengombinasikan desain kontemporer yang unik serta sentuhan kerajinan tangan.

Baca juga: Canggih & Stylish, Inilah Deretan Seragam Olimpiade Paris 2024 dari Berbagai Negara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Intip Rahasia Sukses Berbisnis Bareng Pasangan

BERIKUTNYA

Deretan Film Terbaik yang Diperankan Shelley Duvall

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: