Sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/Liam McKay)

8 Timnas Lolos Perempat Final Sepak Bola Olimpiade 2024, Prancis vs Argentina Makin Panas

31 July 2024   |   13:43 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Cabang olahraga (cabor) sepak bola putra pada ajang Olimpiade 2024 Paris mulai memasuki babak perempat final. Terdapat delapan negara yang telah memastikan diri lolos dari persaingan ketat fase grup dan harus bersiap kembali bersaing di babak gugur.

Babak perempat final diprediksi akan berlangsung sengit. Sebab, babak ini akan mempertemukan dua tim teratas di fase grup dari total empat grup yang dipertandingkan sebelumnya.

Baca juga: Kontroversi Pembukaan Olimpiade 2024: Parodi Perjamuan Terakhir sampai Patung Liberty Disorot

Grup A telah meloloskan dua tim terkuatnya, yakni Prancis dan Amerika Serikat. Prancis tercatat menyapu bersih seluruh laga dan berada di peringkat pertama dengan 9 poin, sedangkan Amerika Serikat di posisi kedua dengan 6 poin.

Di Grup B, Argentina dan Maroko sama-sama lolos ke fase gugur dengan raihan enam poin. Kedua tim mengoleksi poin yang sama dan hanya dibedakan dari catatan head to head.

Di Grup C, Mesir secara mengejutkan mampu lolos dengan mengisi slot peringkat pertama. Mesir mengoleksi 7 poin, unggul tipis dari Spanyol yang berada di peringkat kedua dengan raihan enam poin.

Lalu di Grup D, Jepang cukup digdaya dengan raihan 9 poin dan membuatnya berada di peringkat pertama. Jepang akan ditemani Paraguay yang meraih 6 poin.

Lolosnya tim-tim unggulan ke babak perempat final itu membuat kompetisi di fase delapan besar akan sangat menarik. Beberapa laga juga akan mempertandingkan duel-duel klasik.

Salah satu yang paling ditunggu adalah laga antara Prancis dan Argentina. Duel sengit keduanya akan berlangsung di Stadion Bordeaux, Sabtu (3/8/2024) pukul 02.00 WIB. Pertandingan ini bisa dibilang sebagai final kepagian.

Sebab, kedua tim merupakan unggulan juara. Di sisi lain, laga ini juga diperkirakan akan berjalan dengan panas karena rivalitas keduanya yang tinggi, terutama di level senior.

Di level senior, keduanya tercatat sering jadi musuh bebuyutan dan saling mengalahkan. Pada Piala Dunia 2018, Prancis menumbangkan Argentina di babak 16 besar sebelum keluar sebagai juara.

Tim Tango kemudian membalasnya pada 4 tahun berikutnya. Kekalahan itu makin terasa pahit karena kedua tim bertemu di final. Les Bleus kalah dan membuat Argentina merebut trofi kampiun.

Rivalitas kedua tim makin memanas setelah insiden rasisme beberapa waktu lalu. Selepas Argentina juara Copa America 2024, skuad Albiceleste diketahui menyanyikan chant rasis yang menyindir pemain keturunan Prancis.

Chant itu membuat federasi Prancis geram. Mereka bahkan mendesak FIFA untuk menghukum Argentina atas rasisme tersebut. Namun, di luar pertemuan Argentina dan Prancis, tiga pertandingan lain juga tak kalah seru. Seluruh tim kini sedang bersiap diri sebelum laga perempat final dimulai.


Berikut jadwal perempat final sepak bola putra Olimpiade 2024

Jumat, 2 Agustus 2024
  • Pukul 20.00 WIB - Maroko (Juara Grup B) vs Amerika Serikat (Runner-up Grup A)
  • Pukul 22.00 WIB - Jepang (Juara Grup D) vs Spanyol (Runner-up Grup C)
Baca juga: Keunikan Olimpiade Paris 2024: Medali Terbuat dari Potongan Menara Eiffel

Sabtu, 3 Agustus 2024
  • Pukul 00.00 WIB - Mesir (Juara Grup C) vs Paraguay (Runner-up Grup D)
  • Pukul 02.00 WIB - Prancis (Juara Grup A) vs Argentina (Juara Grup B)
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jadwal Pertandingan Bulu Tangkis di Olimpiade 2024, 31 Juli 2024

BERIKUTNYA

Lebih Dekat dengan Para Pemain Film Heartbreak Motel, Tayang 1 Agustus 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: