Jepang menang atas Spanyol dengan skor 2 -1 (Sumber gambar: tangkapan layar laman FIFA)

Simak Fakta Menarik Pertandingan Jepang vs Spanyol, Samurai Biru Menang Tipis

02 December 2022   |   07:48 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Skuad Samurai Biru, Jepang secara mengejutkan berhasil mengalahkan skuad La Furia Roja, Spanyol di partai terakhir babak kualifikasi Grup E Piala Dunia 2022 di Qatar. Dengan hasil ini, Jepang memastikan tiket ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen grup dengan mengantongi 6 poin. 

Pada pertandingan yang terselenggara di Stadion Internasional Khalifa dini hari tadi (2/11), tim nasional Jepang mampu membalik keadaan setelah tertinggal terlebih dahulu dari Spanyol, dan membuat skor menjadi 2-1 hingga babak kedua usai.

Tim nasional Spanyol berhasil menyarangkan gol pada menit ke-11 melalui Alvaro Morata. Namun, tim asuhan Moriyasu itu berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-48 melalui Ritsu Doan. Tiga menit berselang atau pada menit ke-51, Jepang mampu membalikkan keadaan melalui Ao Tanaka.

Pertandingan Jepang melawan Spanyol mengingatkan pertandingan kita pada laga awal yang mengejutkan ketika Jepang bertanding dengan Jerman. Pada saat itu, tim nasional Jerman yang mendominasi pertandingan dan sempat unggul, harus mengakui kehebatan Jepang dengan skor akhir 2-1. 

Baca jugaIntip Peluang Negara yang Bakal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar pertandingan tadi malam antara Jepang dan Spanyol, berikut fakta laga grup E yang tak disangka-sangka dimenangkan oleh Jepang tersebut: 
 

Spanyol Mendominasi

Pada pertandingan antara Jepang melawan Spanyol, Nagatomo dan kawan-kawan hanya memiliki penguasaan bola sebesar 17 persen dengan 6 tembakan dan 3 tembakan ke arah gawang. Sementara itu, tim Matador memiliki penguasaan bola sebesar 83 persen dengan 12 tembakan dan 5 tembakan ke arah gawang.
 

Lebih dari 1.000 Operan

Spanyol yang mendominasi dalam laga terakhir di babak kualifikasi grup melakukan operan sebanyak 1.058 kali. Operan-operan yang dilakukan oleh Spanyol tercatat memiliki tingkat akurasi di atas 90 persen. Berbanding terbalik dengan Jepang yang hanya menguasai bola sebesar 17 persen hanya mampu melakukan operan sebanyak 228 operan. Tidak hanya itu, tingkat akurasi operan para pemain tim Samurai Biru juga hanya 61 persen.
 

Pemimpin Klasemen

Tim nasional Jepang sebenarnya bukan tim yang diunggulkan dalam pertandingan melawan Spanyol atau di babak kualifikasi Grup E. Namun, mereka mampu menduduki singgasana Grup E dengan mengalahkan dua tim unggulan, yakni Jerman dan Spanyol. Jepang berada di puncak dengan poin 6 dari 3 pertandingan. Selama tiga kali bertanding di babak kualifikasi grup, Jepang tercatat dua kali menang dan satu kali kalah. 

Posisi puncak klasemen ini juga menjadi yang pertama kali bagi tim nasional Jepang sejak ajang Piala Dunia 2002. Pada saat itu, Jepang yang berada di Grup H bersama dengan Belgia, Tunisia, dan Rusia berhasil memiliki nilai 7 dalam tiga kali pertandingan dengan dua kali menang dan satu kali seri. 
 

Dua Kali Beruntun

Jepang yang lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2022 membuatnya dua kali beruntun masuk ke babak 16 besar setelah di ajang yang sama pada 2018 juga berhasil melewati fase babak kualifikasi grup. Pada 2018, Jepang yang berada di Grup H menempati posisi kedua dengan poin 4 di bawah Kolombia yang memiliki poin 6. Pada saat itu, tim Samurai Biru memiliki statistik satu kali menang, satu kali kalah, dan satu kali seri.
 

Tim Ketiga Sejarah Piala Dunia

Kemenangan Jepang yang berhasil membalikkan keadaan di dua pertandingan dalam satu edisi Piala Dunia membuatnya menjadi tim ketiga sepanjang sejarah Piala Dunia yang tertinggal di babak pertama, dan berhasil membalikkan keadaan sehingga menjadi pemenang. Selain Jepang, tim nasional lainnya adalah Brasil yang dilakukan pada Piala Dunia 1938 dan Jerman pada Piala Dunia 1970. 

Baca jugaDaftar Lengkap Juara Piala Dunia dalam Sejarah, Brasil Paling Banyak Angkat Trofi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sebabkan Kematian Mendadak Saat Tidur, Waspadai Aritmia!

BERIKUTNYA

Punya Poin Sama dengan Spanyol, Ini Alasan Jerman Gagal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: