Robert Downey Jr sebagai Doctor Doom (Sumber Foto: Instagram/@comic_con)

Mengenal Doctor Doom Versi Komik Marvel, Villain Tangguh yang Bakal Diperankan Robert Downey Jr

29 July 2024   |   19:15 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Marvel Studios resmi mengumumkan, Robert Downey Jr akan kembali ke semesta Marvel. Namun, kali ini dia tidak akan memerankan karakter Iron Man yang sudah melekat dengan sosoknya. Melainkan sebagai salah satu villain paling ikonik di Marvel Comics bernama Doctor Doom.

Kabar mengejutkan tersebut diungkap oleh pihak Marvel Studios dalam acara San Diego Comic Con 2024. Bersamaan dengan itu, mereka juga resmi memperkenalkan judul film Avengers selanjutnya, yakni Avengers: Doomsday.

Baca juga: Gaet Russo Brothers, Marvel Studios Umumkan Proyek Avengers: Doomsday & Avengers: Secret Wars

Diperkirakan Doctor Doom akan memulai debutnya di MCU pada film yang dijadwalkan dirilis pada 2026 tersebut.

 

 
Doctor Doom adalah karakter fiksi dari Marvel Comics yang pertama kali diperkenalkan oleh Stan Lee dan Jack Kirby dalam komik Fantastic Four #5 yang terbit pada 1961. Pada sampul komik tersebut, Doom sedang melawan para anggota tim Fantastic Four.

Pemilik nama asli Victor von Doom tersebut lahir di negara fiktif Latveria, Eropa Timur. Kisah perjalanan hidupnya penuh dengan tragedi. Ayahnya adalah seorang dokter terhormat, sementara ibunya adalah penyihir dengan kekuatan besar.

Setelah kedua orang tuanya meninggal dalam kecelakaan tragis, Victor bersumpah untuk mendapatkan kekuatan besar yang tak terkalahkan untuk membalas dendam dan menguasai dunia.

Ambisinya dimulai saat dia menerima beasiswa untuk belajar di Amerika Serikat, di mana dia menunjukkan kecerdasannya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Victor melakukan sebuah eksperimen berbahaya. Richard Reed yang kelak menjadi Mr. Fantastic, tidak menyukai Victor karena kesombongannya.

Reed sebelumnya telah memperingatkan bahaya dari eksperimen tersebut, tapi diabaikan. Akhirnya mesin yang dibuat Victor meledak, lalu melukai wajah dan sebagian tubuhnya secara permanen. Sejak peristiwa tersebut, Victor bersumpah untuk membalas dendam pada Reed.

Setelah kembali ke Latveria, Victor, dengan bantuan para biksu di Tibet, menciptakan armor untuk menutupi tubuhnya yang cacat. Dia juga mewarisi kekuatan sihir dari ibunya dan terus mengembangkan kemampuannya dengan belajar dari penyihir-penyihir kuat, termasuk Dr. Strange.

Doctor Doom menduduki peringkat keempat dalam daftar 101 musuh terbaik sepanjang masa versi majalah Wizard, dan peringkat ketiga dalam daftar 100 musuh komik terbaik sepanjang masa versi IGN. Dalam artikel terbaru, IGN menyebut Doctor Doom sebagai musuh terbaik Marvel.

Karakter Doctor Doom telah diadaptasi ke berbagai media lain, termasuk serial televisi, video game, figur aksi, dan kartu trading. Di film layar lebar, karakter ini diperankan oleh Joseph Culp dalam film Fantastic Four yang tidak pernah dirilis 1994, Julian McMahon pada 2005, dan sekuelnya pada 2007, serta Toby Kebbell pada 2015.

Doctor Doom diharapkan akan memulai debutnya di Marvel Cinematic Universe (MCU) dalam film Fantastic Four 2025 atau Avengers: Doomsday 2026. Namun, ada spekulasi bahwa Robert Downey Jr. mungkin akan muncul memerankan karakter Doom lebih cepat.

Baca juga: Asyik, Film Dokumenter Legenda Marvel Stan Lee Dirilis

Pada film Fantastic Four yang dijadwalkan rilis pada 2025. MCU mengumumkan Galactus sebagai penjahat utama, namun sepertinya Doctor Doom akan muncul sebagai cameo atau dalam cuplikan adegan di post-credit scene.

Selain berkonflik dengan Fantastic Four, Doctor Doom juga pernah bertarung melawan pahlawan Marvel lainnya seperti Spider-Man, Iron Man, dan X-Men. Nantikan aksi Doctor Doom di film-film Marvel yang akan datang!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cerita Laura Basuki Santai Makan Tahu Meski Lakoni Adegan Berat di Heartbreak Motel

BERIKUTNYA

Deadpool & Wolverine Meroket di Box Office, Geser Posisi Black Panther

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: