Stan Lee adalah pengarang cerita dari banyak superhero yang populer selama ini. (sumber gambar: Therealstanlee)

Asyik, Film Dokumenter Legenda Marvel Stan Lee Siap Dirilis Tahun Depan

29 December 2022   |   16:50 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kisah hidup tokoh legendaris di balik karakter superehro Marvel, Stan Lee akan segera dirilis oleh Marvel Entertainment di Disney+ pada 2023. Stan Lee adalah pengarang cerita dari banyak superhero yang populer selama ini, seperti Spiderman, Doctor Strange, hingga Fantastic Four.

Kabar mengenai peluncuran film dokumenter itu diunggah oleh akun media sosial Marvel Entertainmet lewat unggahan video berdurasi 25 detik. Pengumuman tersebut juga bertepatan dengan peringatan 100 tahun mendiang pencipta komik fenomenal itu.

 "100 tahun bermimpi. 100 tahun penciptaan. 100 tahun Stan Lee. Stan Lee, film dokumenter orisinal, streaming tahun 2023 di @DisneyPlus," tulis Marvel Entertainment dalam akun Twitter mereka pada Kamis, (29/12/22). 
 
 

Pada video yang dirilis tersebut juga menunjukkan sekilas beberapa peran kecil Stan Lee dan penampilan sebagai tamu untuk film-film di bioskop. Montase perayaan pun diakhiri dengan zoom-out bertahap yang menampilkan ilustrasi dari pencipta multi talenta itu. 

Baca juga: Begini Cara Penulis Naskah Adaptasi Karakter Ms. Marvel dari Komik ke Serial Live-Action

Pengarang yang lahir di Upper West Side, Manhattan pada 1922 ini memang dikenal sebagai salah satu tokoh yang mengubah lanskap industri komik dunia dengan pahlawan-pahlawan supernya. Tak hanya itu, dia juga selalu menyispkan kehidupan emosional yang kompleks pada skarakter-karakter tokoh superheronya.

Selain menambahkan berbagai hasil riset dari sains untuk karekter superheronya, Lee juga bekerja bersama  Jack Kirby dan Steve Ditko, duo penulis yang juga seniman di Marvel. Merekalah yang kemudian menciptakan karakter seperti Spider-Man, Hulk, Iron Man, Captain America, Avengers, dan masih banyak lagi. 

Tak hanya itu, selain menjadi pengarang, Lee juga sempat turun sebagi aktor tamu dalam beberapa film. Uniknya, kegiatan tersebut dia lakukan setelah pensiun dari Marvel pada 1990-an. Otomatis dia menjadi aktor di saat usianya sudah tidak lagi muda, meski sempat juga didapuk sebagai produser eksekutif di produksi Marvel. 

Adapun, perayaan seratus tahun Lee diluncurkan awal bulan ini melalui Genius Brands International, yang merilis toko online baru dengan tiga koleksi eksklusif bermerek Lee. Dikutip dari Variety, perusahaan tersebut memang memiliki lisensi terhadap kekayaan intelektual yang berkaitan dengan Stan Lee serta akan  menjadi co-executive produksi film dokumenter mengenai sosok legendaris itu. 

"100 tahun yang lalu, Stan lahir di NYC. Selama seabad terakhir, karyanya mengubah lanskap budaya pop dan memengaruhi jutaan orang," kata akun Twitter resmi Stan Lee, yang hingga saat ini masih terus digunakan oleh POW! Entertainment.

Dikenal sebagai seniman multi talenta, kiprah Stan Lee dalam skena komik pahlawan super dimulai lewat karekter Captain America pada 1941. Selang satu dekade lebih dia kemudian mendirikan Marvel Comics dengan memperkenalkan penokohan lebih lengkap karakter superhero yang menarik banyak orang, khsususnya anak-anak.

Tak hanya itu, dia juga menggunakan karya-karya komiknya sebagai gerakan  sosial. Beberapa di antaranya adalah saat dia membuat komik Spider Man untuk menggalang dana kampanye anti penyalahgunaan obat-obatan.  Dia juga pernah menggunakan komik untuk melawan aksi-aksi rasisme. Atas dedikasinya itulah namanya kemudian diabadikan sebagai nama jalanan di New York, Amerika Serikat.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Hitung-Hitungan Peluang Indonesia Jadi Juara Grup A Piala AFF 2022

BERIKUTNYA

China Krisis Covid-19, Epidemiolog Imbau Indonesia Perkuat Skrining Pelancong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: