Loki. (Dok. Disney/Marvel Studios)

Simak Kronologi Kehidupan Loki Sebelum Serial Televisi MCU Terbaru

09 June 2021   |   18:47 WIB

Bagi penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU), nama Loki tentu sudah enggak asing lagi. Dikenal sebagai Dewa Kekacauan dengan kekuatan sihir ini sudah muncul sejak film perdana tentang Thor 10 tahun yang lalu. Muncul dalam film Thor, Loki awalnya diperkenalkan sebagai anak adopsi dari Odin dan saudara tiri dari Thor.

Akan tetapi, belakangan melalui film rilisan tahun 2011 terungkap bahwa Loki sebenarnya adalah anak kandung dari Laufey, raja kawasan Jotunheim yang merupakan rumah dari masyarakat ras Frost Giants, yang diadopsi Odin setelah perang dengan ras tersebut.

Loki kemudian dibesarkan sebagai salah satu pangeran kawasan Asgard bersama dengan Thor meski keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh dan seringkali Loki hidup dalam bayang-bayang Thor. Meski begitu, kekuatan sihir yang dimiliki Loki didapat dari ajaran Frigga, ibu tirinya, sehingga membuatnya unik dibandingkan dengan Thor.

Hubungan Loki dan Thor dideskripsikan sebagai hubungan benci dan cinta, di mana ada masa-masa tertentu Loki justru mengkhianati Asgard dengan bersekutu dengan ayah kandungnya, Laufey, meski ini berakhir dengan kegagalan karena Loki juga mengkhianatinya.

Selanjutnya, aksi Loki makin banyak ditampilkan daam beberapa serial film Thor. Berlanjut pada Thor: The Dark World (2013), Loki dikisahkan sempat berjuang bersama Thor setelah Dark Elves membunuh ibu mereka lalu mengorbankan dirinya. Tapi, bukannya benar-benar mati, dia hanya mengalihkan dirinya untuk membohongi Thor dengan berubah wujud menjadi Odin untuk menguasai Asgard.

Sayangnya, ambisi Loki untuk menguasai Asgard berhenti ketika Odin asli yang semula diasingkan ke Bumi kembali dan menyebutkan kehadiran dari kakak perempuan Thor dan Loki, Hela, sebelum raja kawasan Asgard itu meninggal. Hela yang punya ambisi menguasai Asgard membuang keduanya hingga akhirnya muncul serangkaian peperangan yang dikenal sebagai Ragnarok.

Inilah yang terjadi dalam film Thor: Ragnarok yang rilis pada 2017, di mana peperangan ini menyebabkan kehancuran wilayah Asgard dan membuat seluruh warganya termasuk Loki pindah ke Bumi menggunakan sebuah pesawat luar angkasa.

Kisah Loki masih berlanjut di dua film Avengers. Pertama, di Avengers: Trinity War Loki hadir kembali dengan Thor, yang sudah resmi menjadi raja dari masyarakat pendatang Asgard, tapi di situasi yang menegangkan ketika Thanos dan kawanannya membajak pesawat yang ditinggali masyarakat Asgard untuk mencari Tesseract yang menyimpan batu-batu infinity stones.

Di sinilah kisah Loki diduga sudah berakhir ketika dia berusaha membunuh Thanos meski akhirnya kalah dan meninggal tanpa dibangkitkan. Tapi, jangan salah bahwa Loki pada akhirnya kembali dihadirkan dalam film terakhir yang menghadirkan para anggota Avengers, Avengers: Endgame yang rilis pada 2019.

Film ini akhirnya membangkitkan Loki dengan mengambil latar waktu ketika para anggota Avengers berusaha kembali ke masa lalu untuk mengambil infinity stones dalam Tesseract demi mencegah fenomena pemusnahan seluruh masyarakat akibat ulah Thanos, di mana Loki di film ini sedang diawasi oleh sejumlah tentara dan beberapa anggota Avengers agar tidak berulah.

Semuanya mulai berubah ketika upaya mengambil Tesseract gagal karena serangkaian kejadian tidak menguntungkan dan Loki berhasil mencuri barang tersebut yang terletak di dekatnya sehingga membuatnya mampu melakukan teleportasi ke dimensi yang jauh.

Kaburnya Loki dengan Tesseract dianggap merusak realitas yang sudah ada sebagaimana disampaikan oleh lembaga pengawas kronologi bernama Time Variance Authority (TVA) pada beberapa trailer dari serial televisi Loki.

Penasaran dengan kelanjutan Loki dan TVA? Jangan lupa ikuti serial televisinya di Disney Plus Hotstar!

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Halo Army, Delapan Karakter BT21 Bisa Diajak Foto Bareng di Kota Kasablanka Nih

BERIKUTNYA

Diserbu ARMY, Gerai McD Ditutup Satpol PP

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: