Reality Club. (Sumber gambar: Dominion Records)

Reality Club Tampil Lebih Pop & Ceria dalam Single Sunny Days

27 July 2024   |   16:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Reality Club terus produktif merilis karya. Band indie-rock itu baru saja meluncurkan single anyar bertajuk 'Sunny Days'. Ini menjadi karya baru Reality Club sejak mereka merilis album Reality Club Presents... pada 2023. Berbeda dari lagu-lagu sebelumnya yang identik dengan genre indie-rock, Sunny Days hadir dengan musik yang lebih pop.

Diproduseri oleh Reality Club dan Wisnu Ikhsantama Wicaksana yang dirilis lewat label Dominion Records, Sunny Days menjadi lagu paling pop yang pernah dibuat oleh grup yang digawangi Fathia Izzati (vokal, kibor), Faiz Novascotia Saripudin (vokal, gitar), Nugi Wicaksono (bas, vokal) dan Era Patigo (drum) tersebut. Sebuah musik video yang disutradarai Baday Rayhan juga dirilis di kanal YouTube resmi Reality Club pada hari yang sama.

Lirik lagu 'Sunny Days' ditulis oleh vokalis sekaligus gitaris Reality Club, Faiz Novascotia Saripudin. Faiz mengatakan Sunny Days adalah lagu tentang menghibur orang kesayangan. Lagu tersebut khususnya dipersembahkan untuk orang-orang yang sedang merasa insekyur dan sedih lantaran merasa hidupnya tak lebih baik dengan orang lain.

Baca Juga: Mengenal Reality Club, Band Indie yang Sedang Naik Daun Asal Indonesia

"Sunny Days adalah lagu tentang menghibur orang kesayangan. Kadang-kadang kita bisa merasa sedih saat melihat orang-orang lain berhasil dan arah hidupnya jelas, sementara kita sendiri tak sesukses itu atau serba tak menentu," kata Faiz.
 

Artwork single Sunny Days. (Sumber gambar: Dominion Records)

Artwork single Sunny Days. (Sumber gambar: Dominion Records)

Seperti judulnya, 'Sunny Days' berisikan pesan tentang optimisme bahwa akan ada hari baik yang lebih cerah, setelah hari-hari gelap menyelimuti kehidupan kita. Dengan harapan, orang-orang yang akan mendengarkan lagu ini bisa mendapat semangat dan keyakinan bahwa mereka bisa melewati masa-masa sedih dalam hidup.

"Pesan utama lagunya adalah suatu hari kita pun akan bahagia. Jadi kalaupun hari ini gelap, tetaplah bersemangat, bersabarlah dan kita pun akan menemukan hari yang cerah. Kita bisa melewatkan masa-masa gelap, terutama jika bersama-sama," ucapnya.

 

Proses Penciptaan Sunny Days

Faiz bercerita proses penciptaan lagu Sunny Days bermula ketika Reality Club tengah menggarap album Reality Club Presents.... pada 2021. Dalam menggarap album itu, Reality Club mencoba mengeksplorasi berbagai genre musik di luar indie rock yang mereka usung di dua album sebelumnya, yakni Never Get Better (2017) dan What Do You Really Know? (2019).

Lantaran hal itu, tercipta lah lagu “Sunny Days” yang terinspirasi oleh lagu-lagu pop yang tengah mereka dengar kala itu, seperti nomor-nomor dari Doja Cat, Ariana Grande, dan SZA.

“Waktu itu kami mendengar Doja Cat, Ariana Grande dan SZA. Karena memang album ketiga objektifnya adalah eksplorasi banyak genre, maka kami mencoba yang belum pernah kami lakukan,” kata Faiz yang juga mengisi bagian rap di lagu Sunny Days.
 


Namun, pada saat memutuskan lagu-lagu apa saja yang akan masuk album Reality Club Presents..., Sunny Days tidak lolos seleksi. Lantaran mengusung aransemen musik yang berbeda, lagu itu dinilai tidak sewarna dengan lagu-lagu lain yang telah dipersiapkan untuk dirilis di album tersebut.

"Dibanding lagu-lagu yang lain, Sunny Days yang paling berada di luar zona nyaman kami dan sangat bukan kami rasanya, walaupun ini tipe lagu yang kami dengar di 2021. Jadi kami kurang percaya diri dan menyimpan dulu lagunya, sedangkan 10 lagu lainnya masuk Reality Club Presents....,” kata Fathia Izzati, sang vokalis dan kibordis.

Setahun berselang pasca dirilisnya album Reality Club Presents...., akhirnya Reality Club memutuskan untuk meluncurkan lagu Sunny Days. Sebelum resmi dirilis, lagu itu dibawakan pertama kali secara langsung di panggung utama festival musik We The Fest pada 21 Juli 2024.

"Kami berubah pikiran karena masih merasa lagu ini [Sunny Days] bagus dan layak dirilis. Maka dirilis lah Sunny Days di penghujung musim panas 2024 karena pas untuk suasana 
cerah," kata Fathia.

Selain bertepatan dengan suasana musim panas, ada alasan lain di balik Reality Club melepas Sunny Days sekarang. Faiz mengatakan Reality Club saat ini sudah mulai menyiapkan album keempat mereka. Oleh karena itu, mereka ingin menutup era album ketiga, Reality Club Presents..., dengan merilis karya-karya yang masih tertunda.

“Kami sudah mulai bergerak ke era album keempat, jadi kami ingin menutup era Reality Club Presents... ini dengan lagu-lagu yang belum dirilis. Jadi mungkin akan ada lagu-lagu lagi dalam waktu dekat," katanya.

Sunny Days juga kemungkinan besar akan dibawakan oleh Reality Club dalam penampilan spesial mereka di perhelatan Reality Club Presents... Indonesia Tour. Diketahui, Reality Club akan menggelar tur konser di lima kota yakni Semarang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar, yang bakal berlangsung pada 6 Oktober hingga 11 November 2024.

Reality Club Presents Indonesia Tour 2024 merupakan lanjutan dari konser serupa yang digelar oleh Reality Club di Jakarta setahun lalu. Seperti pertunjukan di Jakarta, tur ini akan menampilan materi dari Reality Club Presents..., album ketiga Reality Club yang dirilis label Dominion Records pada 26 Mei 2023, dan telah mengantar mereka meraih dua piala di AMI Awards 2023 untuk kategori Album Alternatif Terbaik dan Duo/Grup/Kolaborasi Alternatif Terbaik.

Rangkaian turnya akan dimulai di di Semarang pada 6 Oktober 2024, berlanjut di Bandung pada 12 Oktober 2024, lalu di Yogyakarta pada 19 Oktober 2024, Surabaya pada 2 November 2024, dan rangkaiannya akan ditutup di Makassar pada 11 November 2024. 

"Nikmati lagu ini, bukalah pikirannya. Ini eksplorasi kami, kami bersenang-senang saat membuatnya dan kami bangga dengan lagu ini. Semoga harimu cerah saat mendengar Sunny Days," imbuh Faiz.

Baca Juga: Reality Club Gelar Tur Konser di 5 Kota, Cek Harga Tiketnya

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Begini Tanggapan Pengamat Musik Soal Wacana Tiket Konser Kena Cukai

BERIKUTNYA

Menilik Proses Kreatif di Balik Pertunjukan School of Rock the Musical di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: