Fitur Jam di Spotify (Sumber gambar: Spotify)

Fitur Jam Buat Penguna Spotify Bisa Mendengarkan Lagu Bersama, Cek Caranya

28 September 2023   |   09:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Platform streaming musik Spotify baru saja merilis fitur terbaru yang memungkinkan pengguna-pengggunanya terhubung saat mendengarkan musik. Fitur tersebut dinamai Jam, sebuah fitur khusus untuk pengguna Spotify dapat mendengarkan lagu secara bersama-sama secara real-time.

Fitur ini merupakan perkembangan terkini dari fitur Spotify eksisting yakni dari Collaborative Playlists dan Blend yang dirancang agar pengguna dapat berbagi musik yang disukai kepada orang lain.

Baca juga: Spotify Rilis DJ, Fitur Rekomendasi Pilihan Lagu Berbasis AI

Setelah kedua fitur tersebut rilis, sekitar 45 juta Blend telah dibuat dan menghasilkan 200 juta jam dalam waktu satu bulan terakhir melalui Collaborative Playlists yang dibuat bersama orang-orang terdekat. Jika Blend hanya sekadar playlist bersama, kini Spotify mendorong fitur sesi mendengarkan secara real-time melalui Jam.

Melansir laman Spotify, Jam dibuat berdasarkan beberapa fitur sosial populer dengan menggabungkan teknologi personalisasi untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan bersama teman atau jamming di Spotify secara real-time. Pengguna Spotify Premium bisa memulai fitur Jam dan siapa saja dapat bergabung.

“Dengan Jam, pelanggan premium dapat mengundang orang lain untuk berkontribusi melalui daftar lagu [queue] bersama dan menikmati pengalaman musik yang dibuat khusus untuk semua orang yang mendengarkan,” tulis Spotify.

Mulai Selasa (26/9/2023), semua pengguna Spotify sudah bisa mengakses fitur Jam dalam aplikasi Spotify yang telah diperbaharui. Pengguna dapat mengundang teman dan Jam akan membantu menemukan lagu yang tepat untuk ditambahkan dalam queue.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Spotify (@spotify)


Teknologi personalisasi fitur Jam akan menemukan preferensi mendengarkan penggunanya untuk memberikan rekomendasi musik yang mungkin akan disukai grup. Pembuat daftarnya dapat melihat siapa saja yang menambahkan lagu.

Meski pengguna premium mendapat banyak keuntungan, penguna gratis juga dapat bergabung dalam undangan pembuat daftar. Sehingga, Genhype bisa mengundang teman atau keluarga untuk bergabung. Berikut cara menggunakan fitur Jam di Spotify:
 

1. Klik mulai Jam

Pengguna dapat memulai dengan mengklik tombol Mulai Jam yang bertanda ikon speaker di bawah bagian layar melalui aplikasi Spotify. Untuk menemukannya, tekan menu titik tiga dalam daftar putar lagu favorit.
 

2. Tentukan perangkat & hubungkan Wi-Fi

Pengguna bisa menentukan jenis perangkat audio yang digunakan, apakah melalui speaker ponsel atau speaker bluetooth. Kemudan, orang-orang yang menggunakan koneksi Wi-Fi yang sama juga akan dimnta untuk bergabung dengan Jam setelah mereka membuka aplikasi Spotify di smartphone masing-masing.
 

3. Undang Teman

Undang teman masuk ke fitur Jam dengan cara menyalakan bluetooh dan mengetuk ponsel secara bersamaan. Metode lain yang dapat dilakukan adalah memindai kode QR yang terdapat di layar pembuat Jam. Cara lainnya adalah menggunakan fitur bagikan untuk mengirim tautan Jam lewat media sosial atau teks lainnya.
 

4. Buat Playlist

Buat daftar lagu yang disukai bersama grup. Semua orang bisa menambahkan lagu ke antrean, melihat siapa yang menambahkan lagu, dan menerima rekomendasi melalui smartphone masing-masing. Pembuat playlist atau host memiliki kemampuan untuk menentukan siapa saja yang ada di Jam, mengubah urutan lagu, hingga menghapus lagu yang tidak sesuai dengan suasana.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Madani International Film Festival 2023 Berlangsung 7-12 Oktober 2023, Cek Agendanya

BERIKUTNYA

Meta Connect 2023, Quest 3 VR sampai AI Generatif Terbaru 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: