Film Inside Out 2 (Sumber gambar: thewaltdisneycompany.com)

Daftar Film Animasi Terlaris Sepanjang Masa, Inside Out 2 Resmi Geser Frozen II

27 July 2024   |   16:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Film animasi masih menjadi tontonan yang punya banyak penikmatnya. Tidak sedikit juga, beberapa film animasi produksi studio ternama yang telah tayang di bioskop berhasil mencuri perhatian dan mampu mencatatatkan namanya di tangga box office internasional.

Baru-baru ini, film animasi garapan Kelsey Mann, Inside Out 2, tercatat sebagai film animasi terlaris sepanjang masa. Padahal, film animasi Pixar Animation Studios tersebut baru enam minggu rilis di bioskop internasional.

Inside Out 2 adalah film Pixar yang hakiki. Sungguh menakjubkan melihat bagaimana film ini begitu melekat dengan orang-orang di seluruh dunia,” tulis Alan Bergman, Co-Chairman Disney Entertainment.

Baca Juga: Inside Out 2 Raih Pendapatan Rp16,3 Triliun, Film 2024 Pertama yang Tembus US$1 Miliar

Di luar Inside Out 2, ada beberapa film lain yang tercatat sebagai film animasi terlaris sepanjang masa. Berikut ulasannya:


1. Inside Out 2 (2024)

 

Enam minggu setelah rilis di bioskop, film Inside Out 2 berhasil mencatatkan rekor baru. Film Garapan Kelsey Mann tersebut kini resmi menjadi film animasi terlaris sepanjang masa. Sejauh ini, sekuel dari Inside Out tersebut telah meraup US$ 1,46 miliar (sekitar Rp23,7 triliun) di box office seluruh dunia.

Dengan capaian ini, Inside Out 2 pun resmi menggeser posisi Frozen II (2019) yang dalam lima tahun Berjaya di posisi pertama. Meski raihan pendapatan Inside Out 2 sudah unggul, pemasukan film ini masih bisa terus bertambah. Pasalnya, film ini masih tayang di bioskop sejumlah negara, termasuk di Jepang yang baru saja memulai peredarannya.

Alur cerita Inside Out 2 akan melanjutkan seri pertamanya yakni, Inside Out di mana bentuk emosional dan sikap Riley digambarkan pada beberapa karakter yang hidup di otaknya. Film sekuelnya ini mengisahkan karakter Riley Andersen yang telah memasuki masa remaja dengan kemunculan emosi baru dalam dirinya. Karakter yang muncul dalam sekuel ini adalah Anxiety, Envy, Ennui, dan Embarrassment. Emosi baru ini rupanya yang turut mempengaruhi kehidupan Riley.
 

2. Frozen II (2019)

 

Film Frozen II yang dalam lima tahun terakhir menempati posisi teratas kini harus tergeser. Film yang dirilis pertama kali pada 2019 kini hanya menempati posisi kedua film terlaris sepanjang masa. Film ini berhasil meraup pendapatan US$1,45 miliar di box office seluruh dunia. Rincinanya adalah US$605 juta dari domestik dan US$861 juta dari internasional.

Film Frozen II mengambil latar tiga tahun setelah film pertamanya. Diceritakan, Elsa kini telah menjadi ratu di Arandelle. Dia hidup bahagia bersama sang adik, Anna, serta orang-orang yang disayangi, seperti Kristoff, Olaf, dan Sven. Namun, mereka kemudian menemui sebuah misteri yang membawanya ke dalam sebuah petualangan besar dan mengungkap kisah di balik para karakter tersebut.


3. The Super Mario Bros. Movie (2023)

 

Film terlaris sepanjang masa ketiga adalah The Super Mario Bros. Movie. Film yang pertama kali dirilis pada 2023 ini berhasil meraih pendapatan US$1,361 miliar. Rincian pendapatannya adalah US$574 juta dari domestik dan US$786 juta lainnya dari box office internasional.

The Super Mario Bros. Movie merupakan film animasi yang diangkat dari gim popular berjudul sama. Diceritakan, Mario adalah tukang ledeng asal Brooklyn, Amerika Serikat. Dia bertugas membetulkan saluran air di Bawah tanah. Suatu hari, Mario dan saudaranya, Luigi, dibawa mengarungi sebuah pipa misterius. Keduanya pun kini berada di sebuah dunia yang benar-benar baru sekaligus penuh keajaiban.


4. Frozen (2013)

 

Tak jauh berbeda dari sekuelnya, film pertamanya, yakni Frozen juga sukses besar. Film yang pertama kali dirilis pada 2013 itu berhasil mengumpulkan pendapatan hingga US$1,274 miliar. Rincian pendapatannya datang  dari domestik sebesar US$400 juta dan US$873 juta lainnya bersumber dari bioskop internasional.

Film Frozen mengangkat kisah kekuatan sihir yang dimiliki oleh Elsa, putri sulung dari Raja dan Ratu Kerajaan Arendelle. Tanpa sadar, kekuatan sihir tersebut harus membuat kerajaan Arendelle menghadapi musim dingin abadi. Petualangan menyelamatkan kerajaan dan hubungannya dengan sang adik, Anna, pun dimulai.


5. Incredibles 2 (2018)

 

Film Incredibles 2 berhasil menempati posisi kelima film terlaris sepanjang masa. Film yang pertama kali dirilis pada 2018 tersebut meraih pendapatan US$1,242 miliar, dengan rincian US$608 datang dari domestik dan US$634 dari box office internasional.

Film Incredibles 2 menarik karena memberikan kedalaman arti keluarga yang lebih dari film sebelumnya. Film keluaran studio Pixar ini memulai kisahnya tepat dari akhir The Incredibles pertama, ketika keluarga Mr Incredible bersama sahabatnya, Frozone, bertarung dengan Underminer. Kerusakan kota di beragai sisi akibat pertempuran tak terelakan. Niat baik pahlawan super yang statusnya illegal pun justru dianggap ancaman. Kondisi ini membuat banyak hal terasa makin menantang dan seru.

Baca Juga: Despicable Me 4 Rajai Box Office Musim Panas, Siap Susul Inside Out 2?

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Fakta Menarik Game Marvel Rivals, Bertabur Karakter Superhero Ikonik

BERIKUTNYA

Asal-Usul Hari Sungai Nasional Tiap 27 Juli & Cara Memperingatinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: