Despicable Me 4. (Sumber foto: Universal Pictures)

Despicable Me 4 Rajai Box Office Musim Panas, Siap Susul Inside Out 2?

23 July 2024   |   14:37 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Siapa yang merindukan para Minion gemas milik Gru? Seperti yang telah diketahui, Minion kembali hadir tahun ini dalam Despicable Me 4. Setelah rilis pada awal bulan Juli, Despicable Me 4 kini digadang akan menjadi salah satu film tersukses sepanjang 2024.

Baru beberapa minggu sejak perilisannya, Despicable Me 4 berhasil meraih peringkat 3 dalam Worldwide Box Office Mojo 2024 dengan total keuntungan global mencapai US$577 juta atau Rp9 triliun dan total keuntungan domestik US$260 juta atau sekitar Rp4 triliun. Adapun keuntungan awal dari film ini mencapai US$75 juta atau Rp1 triliun. 

Baca juga: Trailer Despicable Me 4 Rilis, Petualangan Keluarga Gru Berlanjut

Dilansir dari Collider, rekor ini memecahkan rekor Despicable Me musim pertama dengan total keuntungan hanya sebesar US$543 juta atau Rp8 triliun. Meskipun begitu, musim keempat ini belum mampu mengalahkan musim-musim sebelumnya seperti Despicable Me 2 dan Despicable Me 3.

Adapun total keuntungan dari musim kedua mencapai US$970 juta atau Rp15 triliun dan Despicable Me 3 dengan lebih dari US$1 miliar atau Rp16 triliun. Sehingga, rata-rata keuntungan dari enam serial film Minion ini, termasuk spin off-nya, mencapai US$870 juta menurut Box Office atau setara dengan Rp14 triliun. 

Menurut Deadline, terdapat beberapa negara di mana Despicable Me 4 menjadi film teratas dengan penonton terbanyak, seperti di Meksiko dengan total US$32,1 juta (Rp519 miliar), China dengan US$31,5 juta (Rp510 miliar), Australia dengan US$25,8 juta (Rp417 miliar), Inggris dengan US$23,2 juta (Rp375 miliar), dan Brazil dengan US$18,3 juta (Rp296 miliar).

Di China, film ini mampu mengalahkan rekor film-film populer seperti Sing, Monster University, Toy Story 4, dan Moana. Sedangkan, di Meksiko, Despicable Me 4 berhasil melampaui Frozen II dan Ice Age 3.

Menurut the Hollywood Reporter, hanya dalam waktu dua minggu, film ini dapat memperoleh US$44,7 juta dari 4.449 bioskop dengan perolehan di Amerika Utara sebesar US211,1 juta atau Rp3 triliun. Bahkan, dilansir dari Deadline, serial film Despicable Me ini menjadi film animasi pertama yang dapat mencapai total keuntungan US$5 miliar di Box Office global atau sekitar Rp80 triliun. 

Menurut Box Office Mojo, di Indonesia, Despicable Me 4 meraih total keuntungan kotor sebanyak US$4 juta atau Rp64 miliar. Sedangkan, untuk wilayah Asia, keuntungan terbanyak masih di China. 

Sementara itu, semua serial film Minion ini menghabiskan biaya produksi kurang dari US$100 juta, menurut catatan Collider. Namun, Despicable Me 4 menjadi sekuel dengan biaya produksi terbanyak diantara musim-musim yang lain dengan total mencapai lebih dari US$80 juta atau Rp1,2 triliun. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

LeBron James Jadi Pembawa Bendera Kontingen AS di Pembukaan Olimpiade 2024 di Paris

BERIKUTNYA

Promotor Ungkap Alasan 3 Venue Konser Sheila on 7 Berpindah Tempat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: