Tim dan pemain film Bila Esok Ibu Tiada dalam acara Leo Pictures Showcase 2024 di Lamoda Plaza Indonesia Jakarta, Rabu (24/7/2024). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Siap-Siap Tisu, Film Bila Esok Ibu Tiada Besutan Rudi Soedjarwo Tayang 2024 di Bioskop

25 July 2024   |   15:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rumah produksi Leo Pictures mengumumkan proyek film anyar berjudul Bila Esok Ibu Tiada. Disutradarai oleh Rudi Soedjarwo, Bila Esok Ibu Tiada merupakan adaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Nagiga Nur Ayati yang pertama kali terbit tahun 2014. Film ini akan menyajikan drama keluarga yang emosional sekaligus menyentuh.
 
Film Bila Esok Ibu Tiada akan menyoroti kehidupan sebuah keluarga dengan empat anak yang sangat bergantung dengan ibu mereka. Sang ibu selalu memberikan semua hal yang terbaik dan mendedikasikan diri untuk menjaga anak-anaknya. 

Baca juga:  Ulasan Film Terbaru Rudi Soedjarwo Saat Menghadap Tuhan, Kisah Gelap dan Traumatis Para Remaja
 
Namun pada suatu hari, hal yang tidak diinginkan terjadi. Keempat anak tersebut harus menerima takdir kepergian sang ibu untuk selama-lamanya. Mau tidak mau, mereka harus beradaptasi dengan keadaan.
Produser Leo Pictures Agung Saputra mengatakan ide cerita film Bila Esok Ibu Tiada (BEIT) berangkat dari hasil riset pihaknya yang menemukan bahwa penonton Indonesia menyukai film-film dengan cerita yang relate dan dekat dengan kehidupan mereka. 
 
Dari situ, tim Leo Pictures akhirnya memilih untuk mengadaptasi novel Bila Esok Ibu Tiada karya penulis Nagiga Nur Ayati, yang dinilai memiliki cerita yang relate dengan kebanyakan orang sekaligus disajikan dengan kisah yang menyentuh dan mengharukan.
 
Agung akhirnya mempercayakan penggarapan film Bila Esok Ibu Tiada kepada sutradara senior Rudi Soedjarwo yang menurutnya telah memiliki sepak terjang panjang dalam membuat film-film drama, diantaranya Ada Apa Dengan Cinta? (2002), Mengejar Matahari (2004), dan In the Name of Love (2008). 
 
Sementara untuk skenarionya ditulis oleh Oka Aurora yang sebelumnya menggarap Layangan Putus the Movie (2023) dan Ipar Adalah Maut (2024). Adapun untuk ansambel pemain, film Bila Esok Ibu Tiada diisi oleh aktor dan aktris kenamaan seperti Slamet Raharjo, Christine Hakim, Fedi Nuril, Adinia Wirasti, Amanda Manopo, dan Yasmin Napper.
 
"Saya merasa beruntung sekali bekerja sama dengan tim Bila Esok Ibu Tiada, karena mereka memberikan effort yang luar biasa. Reading berhari-hari dan pemain juga ikut kasih masukan-masukan. Pokoknya jangan lupa siapin tisu kalau nanti nonton, karena pasti berlinangan air mata," katanya dalam acara Leo Pictures Showcase 2024 di Lamoda Plaza Indonesia Jakarta, Rabu (24/7/2024).
 

Tim dan pemain film Bila Esok Ibu Tiada dalam acara Leo Pictures Showcase 2024 di Lamoda Plaza Indonesia Jakarta, Rabu (24/7/2024). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Tim dan pemain film Bila Esok Ibu Tiada dalam acara Leo Pictures Showcase 2024 di Lamoda Plaza Indonesia Jakarta, Rabu (24/7/2024). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Bila Esok Ibu Tiada menjadi film drama pertama yang disutradarai Rudi Soedjarwo selama 8 tahun terakhir, sejak terakhir kali menggarap film drama romantis Stay With Me tahun 2016.
 
Belakangan, sutradara berusia 51 tahun itu lebih sering menggarap film horor, diantaranya Primbon (2023), Denting Kematian (2020), Kembalinya Anak Iblis (2019), 13: The Haunted (2018), dan Algojo: Perang Santet (2016).
 
"Untuk film drama, saya memang lebih dekat dengan hal-hal cengeng. Jadi sangat mudah untuk saya set the standard. Kalau saya sudah bisa tersentuh, harusnya kebanyakan orang juga bisa ikut tersentuh," kata Rudi Soedjarwo.
 
Penulis skenario Oka Aurora mengatakan berbeda dari film-film sebelumnya yang telah dia garap, Bila Esok Ibu Tiada menawarkan cerita yang sangat dekat dengan keseharian kebanyakan orang. Begitupun konflik ceritanya yang kerap hadir di keseharian keluarga.
 
"Ceritanya tentang trauma, luka, dan kekeceewaan masa lalu dalam keluarga kecil yang muncul dari masalah-masalah sederhana di keseharian. Namun, semua itu bisa memicu sebuah drama yang besar," jelasnya.
 
Adapun, film Bila Esok Ibu Tiada dijadwalkan tayang pada tahun 2024 di bioskop Indonesia. 

Baca juga: Leo Pictures Siapkan 3 Film & Serial Rilis 2024, Drama Keluarga sampai Horor Religi

Editor: Pupt Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Petinggi Facebook Resah Aksi Scamming, Sudah Gelontorkan US$20 Juta Buat Pencegahan

BERIKUTNYA

Nacho Fernandez Tinggalkan Real Madrid Setelah 23 Tahun, Gabung Al-Qadsiah di Liga Arab Saudi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: