Ilustrasi WhatsApp (Sumber gambar: Unsplash/ Amanz)

WhatsApp Rilis Fitur Event di Grup, Begini Cara Penggunaannya

02 July 2024   |   11:56 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Aplikasi perpesanan pribadi, WhatsApp, akhirnya meluncurkan fitur ‘Event’ atau ‘Acara’ yang dapat digunakan di grup komunitas. Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat undangan sebuah acara yang ditujukan kepada setiap anggota grup komunitasnya.

Tak hanya pengguna global, fitur ini sekarang juga sudah bisa digunakan di Indonesia. Para pengguna layanan WhatsApp pun tak perlu repot-repot lagi ketika akan mengundang seluruh anggota grup ke dalam sebuah acara. 

Baca juga: Video Call WhatsApp Bisa Tampung Sampai 32 Orang di Semua Platform 

Dalam penggunaannya, ikon Event dapat ditemui di dalam deretan menu lampiran atau attachment. Setelah pengguna mengeklik attachment, nanti akan ada ikon Document, Audio, Location, Poll, dan termasuk Event.

Pengguna yang ingin mengundang seisi grup ke dalam sebuah acara dapat langsung mengeklik menu Event tersebut. Nantinya, pengguna akan beralih ke halaman baru. Di halaman tersebut, pengguna bisa mengisi detail acara yang akan dibuat.

Beberapa detail yang dapat diisi adalah nama acara, deskripsi, tanggal, hingga lokasi acara. Untuk lebih jelasnya, Genhype dapat melihat dua tangkapan layar di bawah ini:
 

Menu Event atau Acara di WhatsApp (Sumber gambar: Tangkapan layar WA)

Menu Event atau Acara di WhatsApp (Sumber gambar: Tangkapan layar WA)

 

Detail Isi Menu Event atau Acara di WhatsApp (Sumber gambar: Tangkapan layar WA)

Detail Isi Menu Event atau Acara di WhatsApp (Sumber gambar: Tangkapan layar WA)

Hal yang menarik, fitur ini juga menyediakan opsi tambahan bagi yang tidak bisa hadir secara langsung di acara tersebut. Pengguna dapat menambahkan tautan WhatsApp Call, baik suara maupun video, agar mereka yang absen bisa tetap mengikuti acara secara online.

Setelah semua detail telah diisi, pengguna dapat menekan tombol Send. Nantinya, undangan akan langsung tersebar ke seluruh anggota grup komunitasnya. Jika ada perubahan di tengah-tengah pelaksanaan, pengguna dapat menekan tombol Edit Event.

Namun, hanya pengguna yang membuat acara saja yang dapat mengedit. Adapun, undangan lainnya hanya bisa melihat dan memberi respons apakah akan hadir atau tidak di dalam acara tersebut. 

Mengutip dari laman resminya, pihak WhatsApp menjelaskan bahwa fitur ini diharapkan dapat menjaga agar grup komunitas yang dibuat oleh pengguna jadi lebih terorganisir, terutama ketika akan diadakan sebuah acara.

Siapa pun kini dapat membuat acara dan yang lain dapat menanggapi sehingga seluruh grup mengetahui siapa yang akan datang. Para anggota grup juga dapat menemukan acara di halaman informasi grup, dan mereka yang hadir akan mendapatkan pemberitahuan otomatis saat acara makin dekat.

“Dengan adanya Event, kini lebih mudah bagi orang untuk merencanakan acara kumpul-kumpul mereka langsung di WhatsApp, baik itu menyiapkan rapat virtual atau makan malam ulang tahun,” demikian pernyataan tertulis WhatsApp.

Pihak WhatsApp menyebut fitur di dalam aplikasinya akan terus diperbaharui menyesuaikan kebutuhan para penggunanya. Selama beberapa bulan ke depan, pihaknya juga akan terus meluncurkan fitur-fitur baru ke Komunitas dan grup sehingga orang-orang memiliki lebih banyak alat untuk mengatur kehidupan mereka di WhatsApp. 

Baca juga: Fitur-fitur Baru WhatsApp yang Sedang Dikembangkan, Voice Status Bisa Jadi 1 Menit

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

STAYC Meramaikan Musim Panas dengan Single Cheeky Icy Thang

BERIKUTNYA

Rayakan 2 Tahun Album Debut, Rere Siapkan Konser Pentas Rubik di Pos Bloc Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: