Aplikasi WhatsApp (Sumber gambar: Pexels/Rawpixel.com)

Fitur-fitur Baru WhatsApp yang Sedang Dikembangkan, Voice Status Bisa Jadi 1 Menit

28 May 2024   |   19:51 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
WhatsApp, sebagai platform pesan instan dengan miliaran pengguna di seluruh dunia, terus menghadirkan inovasi untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Salah satu pembaruan terkini adalah kemampuan untuk mengatur status pesan suara hingga satu menit. 

Sebelumnya, WhatsApp hanya memungkinkan pengguna untuk berbagi voice status berdurasi 30 detik. Namun, laporan terbaru dari WABetaInfo menunjukkan bahwa fungsionalitas tersebut telah ditingkatkan untuk mendukung pesan suara hingga satu menit, dua kali lipat dari batas sebelumnya.

Durasi voice note/voice status yang diperpanjang ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering membagikan pembaruan status dalam bentuk audio. Mereka tidak lagi perlu membagi rekaman audionya menjadi beberapa bagian, yang pada akhirnya akan menghemat waktu dan membuat proses komunikasi lebih nyaman. 

Baca juga: Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Mudah

Beberapa pengguna yang memakai versi beta WhatsApp untuk Android dan iOS kini dapat menetapkan catatan suara berdurasi 1 menit sebagai status mereka.

Untuk mengatur catatan suara sebagai pembaruan status, pengguna harus membuka WhatsApp, menuju tab 'Pembaruan', mengetuk ikon seperti pensil, dan kemudian mengetuk ikon mikrofon di kanan bawah layar untuk merekam dan membagikan catatan suara tersebut. 

Selain peningkatan pada pesan suara, WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur lain terkait personalisasi tema obrolan dan warna aksen mereka. Fitur ini sedang disempurnakan di WhatsApp beta untuk versi iOS 24.11.10.70, dan akan memberi pengguna opsi untuk menyesuaikan warna gelembung obrolan serta wallpaper, tak cuma warna hijau seperti saat ini. 

Menurut laporan dari WABetaInfo, perusahaan berencana memperkenalkan empat opsi tema obrolan tambahan dalam pembaruan mendatang, yang mencakup pilihan warna biru, abu-abu, merah, dan ungu selain tema hijau default.

Pemilihan tema obrolan baru ini secara otomatis akan menyesuaikan wallpaper dan warna gelembung obrolan pengguna agar selaras dengan palet warna tema yang dipilih.

Selain tema obrolan, WhatsApp juga mengembangkan fasilitas yang memungkinkan pengguna iOS mengubah warna aksen aplikasi, yang akan memengaruhi tampilan tombol dalam aplikasi. Penyesuaian warna aksen ini akan dibatasi pada pilihan warna yang sama dengan tema obrolan.

Fitur lain yang ditemukan dalam pembaruan beta terbaru untuk Android versi 2.24.11.17 adalah generator gambar AI untuk gambar profil, yang dapat membuat gambar yang dipersonalisasi berdasarkan perintah teks yang diberikan pengguna.

Dalam beberapa minggu terakhir, WhatsApp terus menguji dan menambahkan berbagai fitur baru seperti kemampuan untuk mengatur foto yang dihasilkan AI sebagai gambar profil, mencegah pengguna mengambil tangkapan layar gambar profil di iPhone, serta mendesain ulang UI panggilan suara. 

Masih belum jelas kapan fitur tersebut akan tersedia untuk semua pengguna, namun saat ini fitur-fitur tersebut akan diluncurkan ke lebih banyak penguji beta dalam beberapa waktu mendatang. 

Baca juga: Fitur AI di WhatsApp, Begini Cara Kerja dan Keunggulannya


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Nasi Panggang Keju ala Chef Martin, Dijamin Gurih dan Juga Lumer

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Makanan untuk Penderita Darah Rendah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: