Yunhyeong iKON. (Sumber gambar: Yunhyeong iKON/Instagram)

Yunhyeong iKON Mulai Jalani Wajib Militer pada 13 Agustus 2024

24 July 2024   |   22:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Yunhyeong iKON akan mulai menjalani wajib militer pada 13 Agustus 2024. Kabar pendaftaran wajib militer (wamil) sang idola diumumkan oleh agensi 143 Entertainment melalui akun media sosial resminya hari ini, Rabu (24/7/2024). Idola bernama asli Song Yun-hyeong itu akan mulai wamil setelah masuk pusat pelatihan dasar.

"Halo, ini 143 Entertainment. Terima kasih kepada iKONIC karena selalu mencintai iKON. Pada hari Selasa, 13 Agustus, anggota [iKON] Song Yun-hyeong akan memasuki pusat pelatihan rekrutmen wajib militer," demikian tulis agensi lewat akun X resminya.

Agensi juga berharap para penggemar tetap memberikan dukungan dan cinta kepada Yunhyeong meski sang idola akan melakoni wamil. "Mohon berikan dukungan dan dorongan kepada Song Yun-hyeong, yang akan kembali setelah menyelesaikan wajib militernya," tulis 143 Entertainment. 

Baca juga: Bobby iKON Pamit Wajib Militer, Bagikan 200 Es Krim Gratis untuk Penggemar

Masih dalam pernyataan yang sama, agensi juga mengumumkan bahwa hari dimulainya wajib militer Yunhyeong akan berlangsung secara privat, alias tidak ada acara resmi pada hari rekrutmennya. Hal itu dilakukan agar proses wamil idola berusia 29 tahun itu berjalan kondusif. 

"Demi alasan keselamatan, tidak akan ada acara resmi yang diadakan pada hari pendaftarannya. Pendaftaran akan dilakukan secara tertutup untuk mencegah keributan akibat kepadatan di lokasi," tulis agensi.

143 Entertainment pun memastikan jelang wamilnya, Yunhyeong akan tetap diizinkan untuk berkegiatan secara grup dengan iKON, termasuk menghabiskan waktu dengan para penggemar setianya.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk mengizinkan Song Yunhyeong menghabiskan waktu bersama iKONIC sebelum ia menjalani wajib militer. Terima kasih," demikian tulis agensi menutup pernyataannya.
 

Yunhyeong akan menyusul ketiga personel iKON lainnya yakni Jinhwan, Chanwoo, dan Bobby yang telah masuk wajib militer lebih awal. Diketahui Jinhwan mendaftar wajib militer pada 20 Juli 2023 setelah mengumumkan rencana itu lewat surat terbuka di Instagram. 

Disusul oleh Chanwoo yang menjalani wajib militer sejak 21 Mei 2024, lalu diikuti Bobby yang mulai wamil pada 4 Juni 2024. Dengan demikian, hanya dua member iKON tersisa yang belum melakoni wajib militer yakni DK dan Ju-ne. 

Wajib militer merupakan kewajiban bagi pria berbadan sehat di Korea Selatan. Berdasarkan UU Dinas Militer Tahun 2020, laki-laki sehat jasmani dan rohani akan menjalani wamil selama 18-24 bulan, tergantung posisi dan angkatan yang dipercayakan.
 

Yunhyeong tergabung dengan iKON yang debut pada 15 September 2015, dengan lima member lainnya yakni Jay, Bobby, DK, Ju-ne dan Chan. Awalnya, iKON beranggotakan tujuh orang, sebelum sang pemimpin, B.I, keluar dari grup pada Juni 2019.

Bersama member iKON lainnya, Yunhyeong memulai debutnya di dunia musik dengan merilis single "My Type". Tak sampai satu bulan, lagu itu mencapai triple crown di tangga lagu Gaon, setelah memenangkan mencapai puncak di tangga lagu digital, unduhan, dan streaming secara bersamaan. Single itu juga mencapai nomor satu di tangga lagu video musik situs streaming musik Tiongkok QQ Music dan Youku. 

Selama hampir satu dekade, iKON telah melahirkan sejumlah single hit seperti "Dumb & Dumber", "Love Scenario", dan "Apology. Grup" yang kini dikelola oleh agensi 143 Entertainment itu telah merilis tiga album yakni Take Off (2023), Return (2018), dan Welcome Back (2015), serta dua album berbahasa Jepang yakni New Kids (2019) dan Flashback [+ I Decide] (2022).

Selain berkarier secara grup, Yunhyeong juga telah merilis album mini solo perdana berjudul It's CALL pada Maret 2024. Pada 1 Januari 2023, Yunhyeong dengan lima anggota iKON lainnya mengakhiri kontrak bersama YG Entertainment setelah delapan tahun berkarier dengan agensi itu, dan bergabung dengan agensi 143 Entertainment hingga saat ini. 

Baca juga: Diantar Member NCT 127, Taeyong Resmi Berangkat Wamil dengan Kepala Gundul

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Dolorosa Sinaga & Budi Santoso Gelar Workshop Patung di Galnas, Cek Cara Daftarnya

BERIKUTNYA

Podcast LogIn dan PodHub Bakal Hadir Secara Offline di IdeaFest 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: