Ada banyak game eksklusif yang hanya tersedia di Nintendo Switch (Sumber gambar: Pexels/ Lucie Liz)

Game Eksklusif Terbaik Nintendo Switch yang Harus Ada di Library 

24 July 2024   |   06:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Nintendo Switch boleh dibilang merupakan salah satu konsol terbaik di industri gim. Ada banyak alasan perangkat ini digandrungi para gamer, mulai dari fleksibilitasnya yang bikin bisa pengguna main di mana saja sampai perpustakaan gim yang tersedia, termasuk judul-judul eksklusif milik perusahaan. 

Perangkat Nintendo Switch menempati posisi ketiga konsol gim terlaris sepanjang sejarah dengan total penjualan 141,3 juta unit per Maret 2024, berada tepat di bawah PlayStation 2 dan Nintendo DS yang masing-masing terjual 154 juta unit dan 155 juta unit. 

Selain itu, berdasarkan laporan dari VGC, produk tersebut juga telah dinobatkan sebagai konsol rumahan milik Nintendo dengan umur pakai terpanjang. Lebih lama dari NES yang sebelumnya menempati urutan pertama dengan 2.686 hari. Sementara itu, Nintendo Switch masih terus mendapatkan dukungan sampai sekarang. 

Baca juga: 4 Rekomendasi Game Local Multiplayer Untuk Nintendo Switch

Hal ini terbukti, bahwa meski telah dikonfirmasi bakal ada penerusnya, Nintendo Switch 2, tetapi versi originalnya masih kebagian gim-gim baru yang akan dirilis pada akhir tahun ini, bahkan sampai tahun depan. Ini termasuk gim seperti The Legend of Zelda: Echoes of Wisdom, Mario & Luigi: Brothership, Metroid Prime 4: Beyond, dan masih banyak lagi. 

Salah satu kekuatan utama Nintendo Switch memang terletak pada library gim yang bervariasi, khususnya judul-judul yang hanya tersedia di platform tersebut, alias bersifat eksklusif. Kehadiran gim-gim itu membuat gamer mau tidak mau harus menyisihkan uang untuk membeli konsol Switch saat ingin memainkannya. 

Ada banyak waralaba populer dari daftar gim eksklusif di Nintendo Switch, termasuk Super Smash Bros, Pokemon, The Legend of Zelda, Mario Kart, dan masih banyak lagi. Buat kalian yang penasaran, berikut game eksklusif terbaik Nintendo Switch yang harus ada di library kalian. 
 

1. Mario Kart 8 Deluxe 


Mario Kart 8 Deluxe merupakan gim balap gokart yang pertama kali dirilis di Nintendo Switch pada 2017, dan ini menjadi gim paling banyak terjual di perangkat tersebut dengan angka 61,97 juta kopi. 

Gim ini sangat digandrungi oleh gamer secara luas, mulai dari pemain kasual sampai kompetitif. Ya, Nintendo punya kompetisi tingkat dunia untuk gim ini, yang masih diadakan tahunan bertajuk Mario Kart 8 Deluxe World Championship. Ajang ini mempertemukan para pemain terbaik dari berbagai penjuru dunia.  
 

2. Animal Crossing: New Horizons 

Sejak pertama kali dirilis pada 2020, Animal Crossing: New Horizons (ACNH) disambut positif. Tak ayal jika gim ini menempati posisi kedua sebagai gim terlaris di Nintendo Switch. 

ACNH merupakan gim kasual simulasi sosial yang membawa pemain ke sebuah pulau terpencil. Di sana, mereka bisa mengembangkan pulau sesuai dengan keinginan dengan mengumpulkan dan membuat barang, melakukan penyesuaian pulau, sampai mengembangkan komunitas warga dan hewan unik. 
 

3. Splatoon 3 


Splatoon 3 juga merupakan salah satu gim yang harus masuk ke library Genhype. Gim third person shooter yang pada 2022 ini menghadirkan gameplay menarik, yang berbeda dari judul-judul di genre sejenis. 

Di gim ini, alih-alih menembakkan peluru ke musuh, gamer bakal menjalankan karakter yang menembakkan tinta untuk memenangkan permainan. Ada beberapa mode yang tersedia, dengan masing-masing punya pola bermain yang berbeda-beda. Karena bersifat multipemain, Nintendo juga punya kompetisi khusus untuk gim ini. 
 

4. Nintendo Switch Sports 

Seperti namanya, Nintendo Switch Sports merupakan permainan simulasi yang berfokus pada bidang olahraga. Gim ini sangat menarik karena memanfaatkan Joy-con sebagai semacam sensor di tubuh untuk melakukan gerakan yang mirip dengan aktivitas saat berolahraga tertentu. 

Ada beberapa cabang olahraga yang bisa dimainkan yakni tenis. boling, sepak bola, bulu tangkis, golf, dan yang terbaru dirilis pada Juli 2024 adalah bola basket. 
 

5. Super Smash Bros. Ultimate 


Super Smash Bros. Ultimate adalah gim pertarungan (fighting). Hal yang membuat judul ini menarik adalah konsep crossover yang diusung, dengan menampilkan karakter-karakter ikonik yang ada di gim Nintendo. Mulai dari Pikachu, Kirby, Mario, sampai Link dari The Legend of Zelda. 

Gim ini bisa dimainkan bersama dengan orang, baik offline maupun online, hingga delapan pemain. Nintendo juga menyediakan berbagai gameplay pertarungan untuk memberikan variasi dan menjadikannya tidak monoton. 
 

6. Pokemon Legends: Arceus 

Gamer mana yang tidak kenal dengan waralaba hiburan Pokemon? Sampai saat ini, sudah ada sederet judul gim Pokemon yang dirilis dengan sebagian besarnya tersedia di konsol Nintendo. Nah, dari sekian banyak gim yang ada, salah satu yang wajib kalian coba adalah Pokemon Legends: Arceus. 

Gim ini membuat terobosan dalam waralaba Pokemon, dengan mengusung konsep dunia terbuka (open world). Jadi untuk melakukan encounter, ada perbedaan dengan judul Pokemon sebelumnya, yang membuat gameplay-nya menjadi lebih segar. Tentunya dengan daftar Pokemon yang sudah familiar. 
 

7. The Legend of Zelda 


The Legend of Zelda boleh disebut sebagai salah satu pondasi dari Nintendo Switch. Dua gim dari waralaba yang telah dirilis yakni Breath of the Wild (BotW) dan Tears of the Kingdom (TotK) mendapatkan sambutan positif dari para penggemar. 

Kedua gim ini bergenre action adventure dengan konsep open world, yang memungkinkan pemain untuk melakukan eksplorasi dunia; melawan monster, mengumpulkan berbagai barang, dan meningkatkan kemampuan dan peralatan untuk menyelesaikan misi dan cerita yang disediakan. 

Baca juga: 8 Aksesoris Nintendo Switch yang Paling Diburu Tahun 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

8 APM Pamer Kendaraan Komersial di GIIAS 2024

BERIKUTNYA

Teknologi AI Makin Moncer di Industri Kecantikan, Bagaimana Pemanfaatannya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: