Ilustrasi anak bermain konsol Nintendo Switch (Sumber foto: unsplash.com/@kellysikkema)

4 Rekomendasi Game Local Multiplayer Untuk Nintendo Switch

18 June 2024   |   17:37 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sebagai konsol multifungsi, Nintendo Switch memiliki 4.571 game dengan pengalaman bermain yang berbeda-beda. Berkat konsepnya yang portable, Switch ternyata juga memiliki opsi game local multiplayer yang simpel dan cocok dimainkan bersama teman, keluarga, dan juga pasangan. 

Berbeda dengan online multiplayer, Genhype tidak perlu koneksi internet atau Switch lain untuk bermain bersama, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. Namun jika ingin meningkatkan pengalaman bermain, beberapa gim ini juga mendukung aksesoris eksternal seperti steering wheel, raket, straps, dan lain-lain. 

Baca juga: 4 Game Arcade yang Bikin Gen Z Bernostalgia Masa Kecil

Jika Genhype lagi mencari gim-gim Switch yang bisa dimainkan oleh banyak orang tanpa ribet, simak empat rekomendasi gim local multiplayer untuk konsol Nintendo tersebut.


1. Nintendo Switch Sports (2022)


Mengikuti kesuksesan Wii Sports, Nintendo memutuskan untuk merilis gim bertema sports selanjutnya bertajuk Nintendo Switch Sports (NSS). Berbeda dengan pendahulunya, NSS memanfaatkan Joy Con Switch untuk melakukan banyak gerakan atletis, seperti mengayun dan meninju dengan fitur motion control yang realistik. 

Genhype juga bisa memilih tujuh cabang olahraga dari gim ini, yakni Tenis, Voli, Sepak Bola, Bowling, Golf, Bulu Tangkis, dan Chambara (pertarungan pedang). Semuanya bisa dimainkan oleh 1- 4 pemain, namun ada beberapa gim yang hanya bisa dimainkan oleh 2 pemain saja. 

Meski bisa dimainkan dengan Joy Con saja, Genhype bisa membeli Nintendo Switch Sports Peripheral Pack yang menyertakan berbagai aksesori tambahan untuk Joy Con. Ini termasuk sepasang pedang untuk Chambara, raket tenis, tali kaki untuk menendang, dan tongkat golf. Tapi yang paling penting adalah tali pergelangan tangan, mengingat Joy Con bisa saja terlepas dari pergelangan tangan saat bermain gim ini. 


2. Super Smash Bros. Ultimate (2018)


Jika Genhype adalah penggemar berat permainan Nintendo, maka gim Super Smash Bros. Ultimate dapat menjadi pilihan yang tepat. Alasannya jelas, dalam gim ini pemain bisa memilih satu dari 74 karakter dari berbagai franchise favorit Nintendo dan seri gim populer lainnya. 

Gim ini menawarkan berbagai mode, termasuk mode single-player Adventure, serta local and online multiplayer hingga 8 pemain sekaligus. Jika ingin lebih seru, Genhype juga bisa mengubah berbagai pengaturan dalam mode Custom Match sehingga semakin sulit.

Baca juga: Populer Lagi, Cek 4 Faction di Game Fallout 4

Super Smash Bros. Ultimate cocok sekali dimainkan oleh berbagai kalangan, khususnya anak kecil karena kontrol dan teknik permainannya tidak terlalu rumit. Ini menciptakan pengalam bermain yang casual, namun bisa tetap dibuat kompetitif tergantung keinginan para pemain. 


3. Mario Kart 8 Deluxe (2017)


Sebagai salah satu lini game paling populer dari franchise Mario, gim Mario Kart 8 Deluxe memanfaatkan semua fitur yang ada pada Nintendo Switch. Seperti fitur motion control, di mana pemain bisa mengendalikan karakternya cukup dengan memiringkan Joy Con, layaknya mobil balap sungguhan. 

Konten dalam gim ini juga tidak main-main, terdapat  48 sirkuit, berbagai paket DLC, dan memungkinkan pemain untuk memilih dari 42 karakter Nintendo. Sama seperti Super Smash Bros. Ultimate, gim ini bisa dimainkan oleh pemain pemula, serta gamer berpengalaman. Menampung hingga empat pemain dalam satu device, serta bisa delapan pemain secara online


4. Overcooked! All You Can Eat (2020)


Berkat kesuksesan Overcooked 1 & 2, Ghost Town Games membundel kedua gim tersebut bersama dengan semua konten DLC, ke dalam satu paket definitif berjudul Overcooked! All You Can Eat. Dilengkapi dengan level campaign baru, peningkatan grafis, dan fitur online crossplay dengan konsol/platform lain. 

Baca juga: Serial Upin & Ipin Diadaptasi Jadi Game, Bakal Rilis di PS4 dan Nintendo Switch

Konsep dasar dari gim ini sangat sederhana, 1-4 pemain akan bekerja sama untuk menyiapkan berbagai hidangan dengan cepat di dapur yang menantang dan intens. Jika gim-gim sebelumnya bisa dimainkan secara santai, gim ini akan membuat tensi tinggi semua pemainnya hingga adu mulut. Namun, game ini dikemas dengan grafik dan desain karakter yang menggemaskan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Langkah Penting Sebelum Membekukan Daging di Dalam Kulkas

BERIKUTNYA

Pameran Betawi Punyé Gayé Bakal Hadirkan Lukisan Pergumulan Budaya di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: