Sejumlah perempuan berkebaya dari berbagai komunitas melakukan pawai di jalan MH Thamrin, Jakarta (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)

Rangkaian Acara Hari Kebaya Nasional 2024, Ada Parade dan Lomba Berkebaya

23 July 2024   |   10:44 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kongres Wanita Indonesia (Kowani) akan menggelar peringatan Hari Kebaya Nasional untuk pertama kalinya pada 24 Juli 2024 di Istora Senayan, Jakarta. Acara ini akan berkolaborasi dengan para Komunitas Pencinta Kebaya Indonesia dan mengundang 7.000 perempuan dari seluruh Indonesia.

Peringatan Hari Kebaya Nasional 2024 diselenggarakan dengan mengangkat tema Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya. Sebelumnya pemerintah telah menetapkan tanggal 24 Juli sebagai Peringatan Hari Kebaya Nasional. Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Alasan Penetapan Hari Kebaya Nasional, yakni mengingat Kebaya sebagai aset budaya dan nilai sejarah ketika Presiden ke-1 RI Soekarno menghadiri Kongres Wanita Indonesia X, di mana semua peserta yang hadir memakai kain kebaya. Adapun Hari Kebaya Nasional bukanlah hari libur. 

Baca juga: Simak Fakta Menarik Hari Kebaya Nasional yang Diperingati Perdana 24 Juli 2024

Sebelum acara puncaknya pada 24 Juli nanti, serangkaian acara menyambut Hari Kebaya Nasional telah digelar sejak bulan lalu. Misalnya seperti Peragaan Busana KOWANI dan Komunitas Kebaya yang dilaksanakan di Anjungan Sarinah, Jakarta pada Juni lalu.

Selain itu ada acara Flashmob CFD Poco-Poco Berkebaya yang sukses digelar pada 14 Juli di Bundaran HI pukul 07.00-09.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri ribuan perempuan berkebaya dari banyak organisasi dan komunitas dalam menyambut Hari Kebaya Nasional.

Selain itu, dalam rangka menyambut Hari Kebaya Nasional sekaligus merayakan Hari Anak Nasional, Tim Nasional Kebaya sebagai pengusul Hari Kebaya Nasional mengadakan Parade Kebaya Nusantara dengan tema Ekspresi Ceria Aku dan Ibu. Parade ini dihelat pada Minggu, 21 Juli 2024 mulai pukul 06.30 WIB di Gerbang Gelora Bung Karno samping FX Mall Sudirman.

Sampai akhirnya di puncak acara Hari Kebaya Nasional pada 23 dan 24 Juli 2024. Acara berlangsung di Istora Senayan, Jakarta. Jl. Pintu Satu Senayan No.1, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
 
 
Pada 23 Juli akan digelar pembukaan KOWANI EXPO dan Final Lomba Kebaya. Acara dimeriahkan oleh stand fashion dan aksesori kebaya, serta aneka ragam makanan dan minuman. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 10.00-16.00 WIB.

Besoknya, 24 Juli kegiatannya terdiri dari parade kebaya, lomba berkebaya, podcast SAPA & Kementerian PPPA, pameran budaya, webinar & talkshow, Kowani Expo, dan Kowani Awards. Acara berlangsung mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Para pesertanya terdiri dari tamu undangan VIP, organisasi anggota KOWANI, organisasi Mitra KOWANI, Organisasi Profesi Perempuan, Komunitas-komunitas Pecinta Kebaya. Adapun peserta umum non organisasi dikenakan biaya masuk Rp100.000 mendapatkan snack dan goodie bag.

Pada acara peringatan Hari Kebaya Nasional, pengunjung bisa menikmati sejumlah stan fesyen dan aksesori kebaya hingga mencicipi aneka ragam kuliner. Selain itu, akan hadir juga sejumlah pesohor seperti penyanyi Putri Ariani, aktor Deva Mahendra, dan desainer Anne Avantie yang akan membagikan 200 kebaya gratis bagi pengunjung. 

Tak ketinggalan pada 26 sampai 28 Juli ada Kebaya Fest 2024. Gelaran ini mencakup Kebaya Wicara dan peluncuran lagu Kebaya Indonesia sebagai lagu yang diciptakan khusus untuk Hari Kebaya Nasional. Lagu ini akan dinyanyikan oleh 5 wanita yakni Andien, Rieka Roeslan, Yuni Shara, Iga Mawarni, dan Nina Tamam.

Ada juga instalasi Kebaya Kala Kini oleh Didiet Maulana, Kebaya Berdendang oleh Fanny Soegi, Dansa Dansi, serta Pasar Kebaya dan Kebaya Menari. Kebaya Fest 2024 akan dihelat di Pos Bloc Jakarta pada 28 Juli 2024 pukul 15.30 WIB. Biaya masuknya gratis dengan tempat terbatas. 

Baca juga: 5 Fakta Kebaya Janggan yang Dikenakan Dasiyah dalam Serial Gadis Kretek

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cara Beli & Harga Tiket Konser Cigarettes After Sex di Jakarta 2025

BERIKUTNYA

House of the Dragon Season 2 Kembali Pecahkan Rekor Serial HBO

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: