Ilustrasi seseorang berkebaya. (Sumber gambar: Freepik)

Simak Fakta Menarik Hari Kebaya Nasional yang Diperingati Perdana 24 Juli 2024

22 July 2024   |   20:07 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kebaya dikenal sebagai salah satu pakaian tradisional yang dikenakan oleh perempuan Indonesia. Lebih dari sekadar busana, kebaya telah menjadi warisan budaya yang penting di Nusantara di mana setiap helai kain kebaya menyimpan nilai budaya dan filosofi mendalam.

Menukil dari situs Indonesia Baik, kebaya merupakan pakaian bagian atas yang memiliki karakteristik terbuka di bagian depan dan dibuat secara tradisional. Menjadi pakaian identik yang dikenakan perempuan Indonesia, kebaya melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan, dan keteguhan perempuan Indonesia. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Baju Kebaya untuk Hari Kartini 2024, Cantik nan Anggun

Setiap unsur dalam sehelai kain kebaya melambangkan makna dan pesona perempuan Indonesia. Modelnya yang sederhana dan dipakai dengan paduan bawahan jarik/kain panjang melambangkan sifat dan tampilan perempuan yang anggun. Sementara lilitan kain yang ketat mewakili karakter perempuan yang lembut dalam tutur kata dan halus dalam bertindak.
 


Lalu potongan kebaya yang mengikuti bentuk tubuh/melekat bermakna perempuan perlu bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dan mandiri. Adapun, stagen atau ikat pinggang kebaya menyimbolkan usus yang panjang. Dalam filosofi Jawa, bermakna punya kesabaran yang tinggi.

Pada masa lalu, kebaya dikenakan oleh para pejuang perempuan selama masa pra dan pascakemerdekaan. Kini, kebaya eksis digunakan dalam berbagai momen, baik formal seperti upacara adat, kegiatan nasional, momen kelulusan, pernikahan, maupun kegiatan sehari-hari. 

Lantaran menjadi salah satu aset budaya serta memiliki nilai sejarah dan filosofi budaya yang penting, pemerintah akhirnya menetapkan Hari Kebaya Nasional yang diperingati 24 Juli tiap tahunnya. Peringatan ini pun disambut antusias oleh masyarakat khususnya kalangan perempuan di Indonesia.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah fakta menarik Hari Kebaya Nasional.


1. Latar Belakang Hari Kebaya Nasional

Hari Kebaya Nasional ditetapkan merujuk pada salah satu peristiwa besar dalam sejarah Indonesia, yakni Kongres Wanita Indonesia X tahun 1964 yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta. Kegiatan itu dihadiri oleh Presiden Soekarno dengan peserta 7.000 perempuan yang mengenakan kain kebaya.

Peristiwa bersejarah itulah yang kemudian menjadi dasar diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2023 tentang penetapan Hari Kebaya Nasional. Tanggal 24 Juli dipilih sebagai peringatan Hari Kebaya Nasional. Dengan terbitnya Keppres tersebut, diharapkan kebaya semakin digaungkan baik di tingkat nasional maupun internasional.
 


2. Alasan Penetapan Hari Kebaya Nasional

Melansir dari situs Kongres Wanita Indonesia (Kowani), setidaknya terdapat tiga alasan penetapan Hari Kebaya Nasional yakni, kebaya sebagai aset budaya, nilai sejarah ketika Presiden ke-1 RI Soekarno menghadiri Kongres Wanita Indonesia X, di mana semua peserta yang hadir memakai kain kebaya, serta Hari Kebaya Nasional bukan hari libur.


3. Menjadi Peringatan Perdana

Hari Kebaya Nasional yang akan jatuh pada 24 Juli 2024 akan menjadi momentum peringatan perdananya. Untuk merayakan Hari Kebaya Nasional, Kowani telah menyiapkan acara spesial serupa dengan peristiwa historis Kongres Wanita Indonesia X.

Peringatan Hari Kebaya Nasional perdana akan diselenggarakan pada 24 Juli 2024 di Istora Senayan, Jakarta, dengan mengundang sebanyak 7.000 orang perempuan mengenakan kebaya. Adapun, rangkaian acaranya terdiri dari parade kebaya, lomba berkebaya, podcast SAPA & Kementerian PPPA, pameran budaya, webinar & talkshow, Kowani Expo, dan Kowani Awards.

Acaranya akan berlangsung pada 23 dan 24 Juli 2024 mulai pukul 10.00-16.00 WIB. Di acara peringatan Hari Kebaya Nasional, pengunjung bisa menikmati sejumlah stan fesyen dan aksesori kebaya hingga mencicipi aneka ragam kuliner. Selain itu, akan hadir juga sejumlah pesohor seperti penyanyi Putri Ariani, aktor Deva Mahendra, dan desainer Anne Avantie yang akan membagikan 200 kebaya gratis bagi pengunjung.

Baca juga: 5 Fakta Kebaya Janggan yang Dikenakan Dasiyah dalam Serial Gadis Kretek

Selain itu, akan diselenggarakan juga Kebaya Fest 2024 Kebaya Wicara yang dipelopori oleh desainer Didiet Maulana, sekaligus peluncuran lagu Kebaya Indonesia sebagai lagu yang diciptakan secara khusus untuk Hari Kebaya Nasional yang dinyanyikan oleh 5 penyanyi perempuan yakni Andine, Rieka Roeslan, Yuni Shara, Iga Mawarni, dan Nina Tamam. 

Acara ini akan dilaksanakan di Pos Bloc Jakarta pada 28 Juli 2024 mulai pukul 15.30 WIB. Kebaya Fest 2024 sendiri bisa dihadiri siapa saja secara gratis namun dengan tempat terbatas. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bocoran Spesifikasi Redmi Pad Pro yang Segera Rilis di Indonesia

BERIKUTNYA

Ciptakan Rumah Terkesan Modern dan Nyaman dengan Lima Cara Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: