MacBook adalah salah satu produk dari Apple (Sumber gambar: Unsplash/Maxim Hopman)

Cara Mengecek Battery Health MacBook

23 July 2024   |   09:59 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Baterai menjadi bagian penting bagi laptop. Tanpanya, device tidak bisa fleksibel untuk digunakan di mana saja karena baterai merupakan komponen penyimpan daya yang dapat menyalakan laptop. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kondisi atau kesehatan baterai (battery health).

Salah satu laptop yang kerap digunakan oleh banyak orang adalah MacBook. Device dari Apple ini kerap menjadi pilihan karena beberapa hal. Utamanya adalah kinerja yang mumpuni dan fleksibilitasnya yang tinggi, karena umumnya punya desain yang tipis dan ringan.

Kendati begitu, MacBook dibekali baterai yang bisa diandalkan untuk aktivitas sehari-sehari. Untuk itu, penting bagi pengguna MacBook untuk mengetahui kondisi kesehatan baterai yang ada di dalamnya. Pengetahuan tentang kondisi kesehatan baterai menjadi penting agar Genhype bisa melakukan perawatan atau menggantinya saat harus diganti. 

Baca juga: Apple Umumkan Deretan MacBook Pro dengan Chip M3 Generasi Terbaru 

Dikutip dari laman resmi Apple, kalian pengguna MacBook dapat memilih menu Apple. Kemudian, Genhype bisa mengeklik pengaturan sistem, dan pilih Baterai di bilah sisi.

Kalian dapat mengetahui kondisi kesehatan baterai di sebelah kanan. Kondisi kesehatan baterai sendiri terdapat dua jenis. Pertama adalah normal yang menunjukkan bahwa komponen penyimpan daya itu berfungsi normal.

Kedua, rekomendasi servis. Informasi ini menunjukkan bahwa baterai masih berfungsi dengan normal. Namun, kemampuan komponen tersebut mengalami penurunan saat menyimpan daya jika dibandingkan dengan masih baru. Pada kondisi ini, Genhype sebaiknya mempertimbangkan untuk menggantinya.

Terkait rekomendasi servis, manajemen Apple memberikan catatan bahwa baterai mungkin juga tidak berfungsi secara normal. Namun, pengguna mungkin tidak sadar dengan kondisi tersebut. 

Dengan begitu, pengguna dapat menghubungi Apple atau Penyedia Layanan Resmi Apple untuk mendapatkan servis. Manajemen mengingatkan bahwa perbaikan yang dilakukan oleh orang yang tidak terlatih atau menggunakan komponen Apple yang tidak asli dapat memengaruhi keselamatan dan fungsionalitas perangkat.

Raksasa teknologi itu menambahkan, baterai laptop Mac menggunakan teknologi lithium-ion. Baterai lithium-ion dapat diisi dengan cepat, tahan lama, dan menggunakan teknologi terbaik untuk memberi daya terhadap komputer.

“Semua baterai isi ulang adalah komponen habis pakai yang menjadi kurang efektif seiring bertambahnya usia—dan usianya tidak hanya ditentukan oleh waktu,” demikian tertulis.

Manajemen menuliskan bahwa masa pakai baterai bergantung kepada usia kimianya, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti riwayat suhu dan pola pengisian dayan. Seiring bertambahnya usia baterai laptop secara kimiawi, kapasitas pengisian daya pun semakin kecil. 

Baca juga: Ini 4 Perbedaan Macbook Pro & Macbook Air, Jangan Sampai Salah!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sejarah Panjang Mobil Listrik, Sudah Eksis Sejak 1800-an

BERIKUTNYA

Cara Beli & Harga Tiket Konser Cigarettes After Sex di Jakarta 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: