Macbook merupakan produk komputer personal laptop dari Apple (Sumber gambar: Dmitry Chernys/Unsplash)

Ini 4 Perbedaan Macbook Pro & Macbook Air, Jangan Sampai Salah!

24 October 2022   |   10:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pada era seperti sekarang, kebutuhan akan laptop sulit dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Peranti elektronik ini dibutuhkan untuk proses belajar, menyelesaikan tugas dan pekerjaan, hingga hiburan. Lantaran laptop dibutuhkan banyak kalangan, tak sedikit brand yang membuat laptop dengan berbagai fituir. Salah satunya adalah produk Macbook dari Brand Apple.

Dengan desain yang ramping dan enteng, Macbook cukup banyak dipilih oleh orang yang menginginkan laptop praktis. Saat ini, Apple telah memiliki dua tipe Macbook yakni Macbook Air dan Macbook Pro. Lantas, apa perbedaan di antara kedua laptop besutan Apple ini? Simak Yuk! 

Baca jugaRekomendasi Laptop MacBook untuk Editor Video Amatir sampai Profesional 
 

Ilustrasi Macbook (Sumber gambar: Iewek Gnos/Unsplash)

Macbook (Sumber gambar: Iewek Gnos/Unsplash)

 

1. Desain

Desain Macbook Air dan Macbook Pro sebenarnya tampak mirip. Keduanya sama-sama menggunakan material alumunium doff pada permukaan. Hanya saja, secara umum laptop MacBook Pro akan terlihat lebih tebal dibanding Macbook Air yang terkesan ramping dan tipis.

Perbedaan lainnya juga bisa ditemukan pada jenis varian warna Macbook Pro dan Macbook Air. Varian warna Macbook Air biasanya lebih beragam dibanding Macbook Pro yang hanya memiliki warna silver dan grey. Selain itu, variasi rentang layar Macbook Pro pun lebih banyak mulai dari 13 inci, 14 Inci, hingga 16 inci. Sementara Macbook air memiliki layar 13,3 inci.
 

2. Baterai

Kapasitas baterai menjadi aspek penting saat seseorang memilih untuk membeli laptop. Baik Macbook Pro dan Macbook Air sudah sama-sama memiliki ketahanan baterai yang cukup dipakai sehari-hari. Dilansir dari laman Apple, Macbook Air 13 mampu bertahan hingga 18 jam untuk menjalankan aplikasi web, sementara Macbook Pro memiliki ketahanan baterai hingga 20 jam.
 

3. Tampilan

Kedua laptop Apple ini sama-sama sudah mengusung layar retina yang membuat tampilan gambar lebih nyata. Hanya saja, Macbook Air baru didukung dengan resolusi 2560 x 1600 dan palet warna yang 25 persen lebih banyak dibanding warna-warna sRGB sama seperti Macbook Pro.

Hanya saja, perbedaannya ada pada tingkat kecerahan di mana Macbook Air masih memiliki 400 nit yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Macbook Pro yang sudah 500 nit. Macbook pro juga lebih lengkap terkait spek display berkat lampu latar LED, warna luas P3, hingga teknologi true tone.
 

4. Kebutuhan Pengguna

Meski keduanya sudah mendukung banyak aplikasi yang bisa berjalan lancar, ada hal yang harus diperhatikan dari segi kebutuhan opengguna.  Macbook Air didukung Chip Apple M1 dan Chip Apple M2, sementara semua Macbook Pro sudah didukung minimum Chip Apple M2 dan Chip M1 Pro dan M1 Max.

Hal ini membuat Macbook Pro lebih unggul dari segi performa, sehingga orang-orang dengan kebutuhan kerja desain grafis, pengeditan video, dan perangkat lunak berat lainnya disarankan memilih Macbook Pro. Sementara untuk kerja ringan, pilihan Macbook Sir sudah mendukung kerja dengan baik. 

Genhype, itulah perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro. Kira-kira mana nih yang lebih pas untuk kebutuhan harian kalian?

Baca jugaApple Rilis iPad 10, Sudah Pakai USB Type-C & Punya 4 Pilihan Warna


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Prilly Latuconsina & Jourdy Pranata Beradu Akting di Series Happy Go Jenny

BERIKUTNYA

Galau Abis! Grup Band Rockin Abby Rilis Single 'Tak Jadi Jaminan'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: