Apple MacBook Pro (Sumber foto: Apple)

Apple Umumkan Deretan MacBook Pro dengan Chip M3 Generasi Terbaru 

31 October 2023   |   10:09 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Apple baru saja menggelar presentasi daringnya bertajuk Apple Event - October 30 Scary Fast. Pada kesempatan itu, perusahaan akhirnya mengungkap jajaran MacBook Pro terbaru yang menggunakan rangkaian cip atau prosesor M3 anyar, mencakup M3, M3 Pro, dan M3 Max. 

John Ternus, Apple Senior Vice President of Hardware Engineering mengatakan bahwa penggunaan cip M3 next generation bakal meningkatkan standar kemampuan laptop profesional MacBook Pro. 

Baca juga: Rekap Apple Event September 2023, Peluncuran iPhone 15, Watch Series, dan Airpods Pro

Beberapa hal yang jadi highlight dari pembaruan dapur pacu itu adalah masa pakai baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 22 jam, konektivitas yang canggih, dan dukungan layar Liquid Retina XDR. Dengan arsitektur GPU generasi berikutnya dan CPU yang lebih cepat, keluarga M3 membawa jajaran MacBook Pro ke tingkatan yang lebih tinggi untuk produktivitas. 

“Kami sangat bersemangat untuk menghadirkan MacBook Pro dan kemampuan terbaik di kelasnya kepada lebih banyak pengguna, dan bagi mereka yang melakukan upgrade dari MacBook Pro berbasis Intel. Ini adalah pengalaman yang mengubah permainan dalam segala hal,” katanya. 
 

Keluarga M3 

Jajaran cip M3 generasi terbaru (Sumber gambar: Apple)

Jajaran cip M3 generasi terbaru (Sumber gambar: Apple)

Jajaran cip M3 (M3, M3 Pro, dan M3 Max) merupakan dapur pacu pertama untuk personal computer (PC) yang dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 3 nanometer dan GPU generasi berikutnya yang memberikan performa lebih cepat dan efisiensi daya. 

Apple menghadirkan terobosan teknologi yang disebut Dynamic Caching. Ini membuat GPU mampu mengalokasikan penggunaan memori lokal di perangkat keras secara real-time. Hasilnya, hanya memori yang diperlukan yang akan digunakan untuk setiap tugas, memberikan efisiensi daya yang lebih tepat. 

GPU juga menghadirkan fitur rendering baru pada silikon Apple, termasuk shading mesh yang dipercepat perangkat keras untuk kemampuan dan efisiensi dalam pemrosesan geometri sehingga menciptakan visual yang lebih ril. 

Perusahaan juga akhirnya memanfaatkan ray-tracing yang dipercepat perangkat keras untuk pertama kalinya. Hal ini memungkinkan gim yang dimainkan menampilkan bayangan dan pantulan yang lebih akurat. Dengan begitu, tampilan visualnya bisa jadi lebih realistis.
 

Jajaran MacBook Pro dengan M3

Adapun, daftar laptop yang kebagian cip generasi terbaru dari Apple adalah MacBook Pro 14 inci dengan M3, MacBook Pro 14 dan 16 inci dengan M3 Pro, serta MacBook Pro 14 dan 16 inci dengan M3 Max. 
 

MacBook Pro 14 Inci M3 

Varian laptop ini ditujukan bagi para pelajar dan pemilik bisnis. MacBook Pro 14 inci dengan M3 disebut lebih cepat hingga 60% dibandingkan dengan MaBook Pro 13 inci dengan cip M1. 

Berdasarkan pengujian internal, Apple mengeklaim peningkatan performa rendering di Final Cut Pro mencapai 7,4 kali lebih cepat ketimbang MacBook Pro 13 inci dengan Core i7 dan 60% lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 13 inci dengan prosesor M1. Begitu juga dengan kompilasi kode di Xcode gan performa spreadsheet di Microsoft Excel yang jauh lebih cepat. 
 

MacBook Pro 14 dan 16 inci M3 Pro 

Apple menyatakan bahwa varian laptop ini lebih ditujukan kepada para pengguna yang banyak menuntut performa, misalnya untuk pembuatan kode, materi iklan, dan penelitian. MacBook Pro dengan M3 Pro mendukung performa yang lebih gahar dan memori yang lebih terpadu. Ini 40% lebih cepat dibandingkan model 16 inci dengan M1 Pro. 

Pengujian menunjukkan performa filter dan fungsi di Adobe Photoshop bisa 3 kali lebih cepat ketimbang MacBook Pro berbasis Intel dan 40% lebih kebut dibandingkan seri terdahulunya, MacBook Pro 16 inci dengan M1 Pro. 
 

MacBook Pro 14 dan 16 inci M3 Max 

Laptop MacBook Pro dengan cip M3 Max merupakan varian paling premium di kelasnya. Ini memberikan kemampuan lebih besar untuk alur kerja ekstrem, misalnya untuk pemrograman machine learning, seniman 3D, dan pengeditan video. 

Produk dengan cip paling berkelas ini diklaim 2,5 kali lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Max dan 11 kali lebih cepat ketimbang model MacBook Pro berbasis Intel termutakhir. Ini juga didukung dengan memori terpadu hingga 128GB

Baca juga: Apple Siapkan Rival ChatGPT Pada Pengembangan iOS 18

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hari Menabung Sedunia Tiap 31 Oktober, Intip Sejarah & Tema Perayaannya

BERIKUTNYA

Kenali Penyebab, Dampak, dan Cara Mencegah Penyakit Demensia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: