MacBook banyak dipakai untuk keperluan pembuatan konten (Sumber gambar: Pexels/Craig Dennis)

Rekomendasi Laptop MacBook untuk Editor Video Amatir sampai Profesional 

28 June 2022   |   20:51 WIB

Produk yang dikembangkan oleh Apple tidak hanya menyandang gelar sebagai produk premium dan merek kenamaan, tapi juga kinerja yang terbukti mumpuni. Lini komputer perusahaan yang bernama MacBook dipakai oleh banyak kreator sebagai perangkat utama untuk melakukan berbagai tugas. 

Salah satunya adalah pengeditan video. Apakah produk MacBook dari Apple bisa dipakai untuk hal tersebut? Jawaban singkatnya adalah iya. Tergantung spesifikasi dan modelnya, MacBook bisa dipakai untuk proses edit video dari kelas pemula hingga kalangan profesional. 

Baca juga: Asus ROG Zephyrus Duo 16, Laptop Gaming Berlayar Ganda

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini rekomendasi laptop MacBook yang bisa dipakai untuk proses pengeditan video untuk amatir hingga keperluan profesional.

1. MacBook Pro M1 16 - 2021

MacBook Pro M1 yang diperkenalkan pada Oktober 2021 ini merupakan seri MacBook Pro paling gahar yang dikembangkan oleh Apple. Memiliki cip atau prosesor pilihan dari M1 Pro dan M1 Max yang berkinerja tinggi. 

Laptop ini sangat mumpuni dan dirancang untuk komputasi tingkat tinggi, termasuk para editor video yang membutuhkan kecepatan editing dan rendering secara maksimum. Mac How 2 menyebut laptop ini dua kali lebih kuat dari Pro M1 generasi sebelumnya. 

Dengan gabungan spek dan peranti lunaknya, laptop dapat menangani hingga 7 layer atau stream video 8K tanpa masalah yang berarti. Produk ini juga punya pilihan layar hingga 16 inci yang akan sangat membantu proses edit video. 


2. MacBook Air M1 - 2020 

Meskipun banyak yang bilang bahwa MacBook Air adalah seri laptop Apple yang paling tidak bertenaga di pasaran, tetapi perangkat yang ringan ini sudah cukup untuk diajak melakukan kerja edit video yang lebih sederhana. 

Masih ditenagai dengan cip Apple M1 berbasis ARM yang sama dengan MacBook Pro 13 inci - yang lebih mahal. Jadi laptop ini masih bisa dilirik untuk kalian yang mau belajar edit video, tapi punya bujet yang terbatas. 

Selain itu, seri ini juga sudah memiliki pilihan RAM hingga 16GB yang akan sangat berguna untuk pengoperasian banyak aplikasi. Perlu diingat MacBook Air juga tidak memiliki kipas (fan) sehingga akan tetap sunyi. Hanya saja layarnya berukuran 13 inci yang terbilang kecil untuk beberapa pengguna. 


3. MacBook Pro 16 - 2019 

Selain produk rilisan yang lebih baru, perangkat lawas Apple seperti MacBook Pro 16 keluaran 2019 juga masih patut dipertimbangkan. Kendati tidak menggunakan prosesor Apple, cip yang dipakai seri ini adalah Intel Core i7 hingga Core i9 yang tetap punya performa tinggi. 

Baca juga: ini Dia Laptop Gaming dengan Konsep Unik

Spesifikasi dari segi layar yang penting untuk proses pengeditan juga tidak kalah menarik. Berukuran 16 inci yang luas, panel IPS, dan resolusi asli 3072x1920. Pilihan RAM hingga 64GB dan 4TB memori penyimpanan. 

Cip Intel yang dipakai sekali lagi tidak kalah dengan prosesor besutan Apple sendiri. Ini cocok untuk keperluan edit video sederhana hingga cukup kompleks. Akan tetapi, tidak untuk edit yang super kompleks dengan intensitas tinggi. Selain itu, karena keluaran yang lebih lama, harganya juga bisa menjadi salah satu daya tarik untuk memilih laptop ini. 

Editor :  Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

3 Tip Memilih Sofa Motif Biar Rumah Makin Cantik

BERIKUTNYA

Dikenal Sebagai Simbol Keberuntungan, Simak 5 Manfaat Kesehatan Daun Semanggi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: