Jersey Baru Timnas Indonesia (Sumber Foto: Instagram/@timindonesiaofficial)

Tengok Jersey Timnas Indonesia Rancangan Didit Hediprasetyo untuk Olimpiade Paris 2024

05 July 2024   |   16:31 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jelang Olimpiade Paris 2024, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memperkenalkan jersey atau seragam resmi yang akan dikenakan timnas Indonesia dalam ajang tersebut. Koleksi jersey baru para atlet langsung menuai banyak pujian lantaran desainya yang simpel dan elegan, namun tetap menampilkan unsur Indonesia.

Menariknya, jersey ini dirancang khusus oleh desainer Didit Hediprasetyo. Seragam resmi timnas Indonesia tersebut akan diperlihatkan dalam sebuah pameran fotografi bertajuk Reveal Jersey Merah Putih yang digelar pada 4-5 Juli 2024 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta.

Baca juga: Canggih & Stylish, Inilah Deretan Seragam Olimpiade Paris 2024 dari Berbagai Negara

Mengutip dari laman Instagram @timindonesiaofficial, koleksi Jersey Merah Putih yang didesain oleh Didit Hediprasetyo dipersiapkan untuk Tim Indonesia yang akan bertanding pada ajang Olimpiade Paris 2024. Koleksi tersebut terdiri dari T-shirt, short pants, track pants, dan jersey playing kit.

Tiap item-nya menyesuaikan cabang olahraga yang membutuhkan busana berbeda, semisal rowing, gymnastic, atletik atau bulu tangkis. Selain itu terdapat juga beberapa set seragam yang dipakai oleh atlet dan kontingen saat keberangkatan dan kepulangan, ajang resmi lain dan penerimaan medali.

Creativity plays an important role in maintaining Health,” ungkap Didit Hediprasetyo, dikutip dari laman Instagram @timindonesiaofficial, Jumat (5/7/2024).

 

 
Di antara koleksi tersebut, yang menjadi sorotan tentunya Jersey resmi timnas Indonesia. Jersey tersebut terdiri dari dua warna, yakni merah dan putih yang mewakili warna bendera Indonesia. Pada sisi dada kiri, terdapat lambang Garuda Pancasila yang ditempatkan dalam perisai lingkaran berlatar belakang hitam.

"Jadi saya menerima tawaran ini karena salah satunya cara saya bisa berkontribusi dan berdedikasi untuk bangsa yang saya cintai ini. Harapannya untuk selalu berjuang dan meraih prestasi serta mengharumkan nama bangsa Indonesia," ujar Didit, dikutip melalui laman resmi Kemenpora.

Pemilihan Didit Hediprasetyo sebagai desainer dianggap sangat tepat, karena Paris sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 juga dikenal sebagai pusat mode dunia. Selain itu, Olimpiade Paris 2024 juga menggandeng LVMH yang merupakan perusahaan induk dari merek-merek mewah kenamaan seperti Louis Vuitton dan Christian Dior, sebagai sponsor utama mereka. 

Seperti yang kita tahu, Didit Hediprasetyo sendiri merupakan desainer tanah air yang karya-karyanya telah diakui secara internasional. Pemilik nama asli Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo tersebut merupakan putra tunggal dari Prabowo Subianto dan Siti Hediati Hariyadi, yang juga dikenal sebagai Titiek Soeharto.

Pria kelahiran Jakarta, 22 Maret 1984 itu memilih berkarier sebagai perancang busana, ketimbang politisi seperti ayahnya. Didit Hediprasetyo pernah menempuh pendidikan di Parsons School of Design di New York dan École Parsons à Paris dan lulus dengan gelar sarjana seni rupa dengan fokus rancangan busana.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo mengapresiasi jersey timnas Indonesia yang didesain langsung oleh Didit Hediprasetyo yang akan digunakan para atlet di ajang Olimpiade 2024 Paris. Dia juga snagat mendukung kolaborasi yang dilakukan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dengan desainer lokal.

"Saya sangat mengapresiasi desain jersey yang didesain langsung oleh Mas Didit. Kita tahu mas Didit adalah salah satu desainer yang sudah terkenal di kancah internasional," ujar Menpora Dito, dikutip dari laman resmi Kemenpora.      

Lebih lanjut dia berujar, kerja sama ini dilakukan agar Indonesia tak kalah apik dari segi apparel dibanding negara-negara lain yang menggandeng jenama fesyen kelas dunia. Seperti yang kita tahu, Didit Hediprasetyo sudah banyak berkolaborasi dengan tokoh terkenal di dunia, seperti Carly Rae Jepsen di MTV Video Music Awards 2013 dan Anggun C. Sasmi.

"Pertama saya sangat mengapresiasi NOC yang berhasil menggaet mas Didit, karena Olimpiade 2024 ini lokasinya di Paris, sementara Paris memang benchmark-nya dari dunia fashion," kata Menpora Dito.

Menpora Dito juga berharap dengan jersey ini, semangat para atlet semakin berkobar untuk berjuang di Olimpiade 2024 Paris. Dia juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan dukungan bagi para atlet, pelatih, dan seluruh tim.

"Mari kita bersama-sama menjaga Merah Putih tetap berkibar di Olimpiade 2024 Paris. Selamat berjuang untuk tim kontingen Indonesia. Semoga kita bisa mencapai target dan meraih prestasi yang membanggakan di Olimpiade 2024 Paris," harapnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Buku-Buku Terlaris Sepanjang Masa: Dari Mao Zedong hingga Harry Potter

BERIKUTNYA

Dari Ronan Keating Sampai Dewa 19, Cek Line Up Lengkap The 90's Festival

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: