Dalang Ki Manteb Sudharsono. (Dok. JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Kabar Duka, Dalang Ki Manteb Soedharsono Meninggal Dunia

02 July 2021   |   13:07 WIB

Dunia pewayangan kembal ditinggalkan salah seorang maestronya. Dalang kondang asal Karanganyar, Jawa Tengah, Ki Manteb Soedharsono, meninggal dunia hari ini, Jumat (2/7/2021).

Berdasarkan kabar yang beredar, dalang yang memiliki julukan 'dalang setan' itu meninggal pada pukul 10.15 WIB di kediamannya di Karangpandan, Karanganyar sebagaimana disampaikan oleh mantan staf humas Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Esha Karwinano.

"Selamat Mbah Manteb. Surga itu abadi," tulisnya dalam bahasa Jawa sebagaimana dikutip dari Solopos.com.

Hingga saat ini, belum ada rincian lebih lanjut tentang penyebab meninggalnya dalang kondang tersebut dan bagaimana mendiang akan dimakamkan. Tetapi Rusdiyanto selaku camat dari Karangpandan Karanganyar mengatakan akan ada info lebih lanjut mengenai rincian tersebut.

Ki Manteb Soedharsono merupakan dalang yang aktif dalam kegiatan pewayangan sekaligus dan sebagai pengajar di ISI Solo. Dia memulai karirnya mendalang sejak kecil dan kemudian dikenal publik karena kemampuan sabatan atau manipulasi wayang.

Laki-laki kelahiran tahun 1948 tersebut telah mendapatkan sejumlah penghargaan di tingkat nasional dan internasional mulai tahun 1972 hingga 2010. Salah satu penghargaan terbesarnya adalah penghargaan Nikkei Asia Prize untuk kategori kebudayaan yang didapat pada 2010.

Selain penghargaan, dia juga dikenal sebagai 'dalang oye' setelah menjadi bintang iklan untuk salah satu produk obat kesehatan sejak tahun 1996 hingga saat ini.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jus Buah & Sayur Ini Bagus buat Menjaga Daya Tahan Tubuh

BERIKUTNYA

Ki Manteb Soedharsono, Maestro Seni Wayang Kulit yang Bekerja dengan Hati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: