keindahan pulau Sumbawa (sumber gambar : Pizza Hut Indonesia)

5 Aktivitas Seru Liburan di Sumbawa: Jelajah Cultural Heritage hingga Berenang Bareng Hiu

17 July 2024   |   07:16 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Sumbawa, sebuah pulau di Nusa Tenggara Barat, Indonesia, menawarkan berbagai aktivitas menarik yang cocok untuk kamu, para traveler. Dimulai dari menikmati keindahan laut, olahraga air hingga eksplorasi budaya. 

Sumbawa, sebuah pulau tersembunyi di Nusa Tenggara Barat, Indonesia, merupakan destinasi yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan kekayaan budaya yang luar biasa. 

Baca juga: Intip Keindahan Curug Naga, Wisata Air Terjun yang Memacu Adrenalin

Pulau ini menyajikan pengalaman tak terlupakan bagi para traveler yang mencari petualangan, relaksasi, dan eksplorasi budaya. Dari air terjun yang mempesona hingga terumbu karang yang indah, serta warisan budaya yang kaya, Sumbawa menjanjikan liburan yang penuh dengan keajaiban dan kenangan manis. 

Saat menjelajahi pesona Sumbawa, pelancong dapat menikmati lima aktivitas menarik yang wajib dicoba, dikutip dari Sumbawa Gateaway Pizza Hut Indonesia.


1. Snorkeling di Tanjung Menangis

Keindahan laut Sumbawa memang tidak perlu diragukan lagi. Terdapat beberapa lokasi diving dan snorkeling. Salah satunya di lokasi diving dan snorkling Sandro Pole, Tanjung Menangis, kawasan wisata Samota. Disini, kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan beraneka jenis ikan.


2. Menyelam di Pulau Moyo

Pulau Moyo adalah tempat yang sempurna untuk snorkeling dan menyelam. Airnya yang jernih dan terumbu karangnya yang kaya dengan kehidupan laut membuatnya menjadi destinasi favorit bagi penyelam. Pulau seluas 350 kilometer persegi itu dikelilingi pantai berpasir putih dan perairan yang tenang.

Pada beberapa bagian, pasir pantainya berwarna merah muda atau pink. Kamu bisa menemukan berbagai spesies ikan tropis, penyu, dan bahkan hiu karang. Selain itu, ada banyak spot menyelam yang menakjubkan seperti Angel Reef dan Panjang Reef.


3. Menjelajahi Air Terjun Mata Jitu

Terletak di Pulau Moyo, Air Terjun Mata Jitu adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Air terjun ini terkenal dengan kolam-kolam alaminya yang jernih dan dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat.

Kalian bisa berenang di kolam-kolam ini atau sekadar menikmati keindahan alam sambil bersantai. Keindahan Air Terjun Mata Jitu terkenal hingga ke manca negara. Bahkan, mendiang Putri Diana pernah berkunjung ke air terjun ini. Masyarakat sekitar pun menjuluki air terjun ini dengan sebutan “Queen Waterfall”.


4. Menelusuri Sumbawa Cultural Heritage

Sumbawa tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga kekayaan budaya yang kaya. Selama di Sumbawa, pastikan untuk mengunjungi Istana Dalam Loka, sebuah istana kayu tradisional yang dibangun pada abad ke-19 dan kini berfungsi sebagai museum.

Kalian juga bisa menyaksikan berbagai upacara adat dan festival tradisional, seperti Festival Tua Pejat, Main Jaran, Sarkofagus Ai Renung, dan Balapan Kebo. Mengunjungi pasar-pasar tradisional di Sumbawa Besar dan Taliwang juga memberikan pengalaman otentik untuk melihat pembuatan tenun Sumbawa dan merasakan kehidupan penduduk setempat.


5. Berenang bersama Hiu Paus (Whale Shark)

Snorkeling bersama ikan-ikan sudah mulai terdengar mainstream. Kamu mungkin membutuhkan sebuah pengalaman wisata bahari yang lebih baru, lebih unik dan lebih langka. Berenang bersama ikan Hiu Paus Sumbawa di perairan teluk saleh Nusa Tenggara Barat ini bisa jadi sesuatu yang menarik untuk Kamu lakukan. 

Baca juga: 5 Kuliner Khas Lombok yang Selalu Jadi Buruan Wisatawan

Sumbawa menawarkan berbagai aktivitas menarik yang pasti akan membuat liburanmu tak terlupakan. Bagi kamu yang ingin menikmati berbagai keindahan Sumbawa, Pizza Hut Indonesia sedang menyelenggarakan Sumbawa Getaway yang bisa ajak kamu dan satu temanmu ke Sumbawa tanpa biaya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Apa Itu Hoarding Disorder? Kenali Penyebab & Gejala Gangguan Menimbun Barang

BERIKUTNYA

Daftar Fasilitas Gratis yang Dapat Dimanfaatkan Pengunjung GIIAS 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: