Curug Naga (Sumber gambar: Instagram.com/curugnaga)

Intip Keindahan Curug Naga, Wisata Air Terjun yang Memacu Adrenalin

16 July 2024   |   15:11 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Air terjun atau yang dikenal dengan curug menjadi salah satu wisata yang diburu, berkat tawaran ketenangan dan kemegahan aliran air yang jatuh dari ketinggian. Namun, apa jadinya jika ada sebuah curug yang menawarkan kesan berkebalikan dari hal tersebut? 

Suasana penuh ketegangan, ekstrem, dan menantang, yang akan kalian temui di sebuah lokasi wisata air terjun di Bogor, Jawa Barat, bernama Curug Naga. Berlokasi di Desa Citamiang Megamendung, tempat wisata ini dikenal dengan aliran air yang deras dan bebatuan megah yang melingkupinya. Tak heran, Curug Naga justru menjadi tujuan andalan bagi penyuka adrenalin. 
 
Baca juga: 7 Rekomedasi Curug di Bogor Yang Memiliki Keindahan Alam Menakjubkan

Lokasi ini identik dengan aktivitas arung jeram tanpa rakit atau yang sering dikenal dengan body rafting. Dengan metode ini, seseorang bisa berseluncur di atas aliran air hanya dengan menggunakan tubuh, yang dilengkapi dengan alat pelindung diri.

Boleh dibilang, body rafting menawarkan sensasi yang lebih menantang dibanding arung jeram menggunakan rakit atau dayung. Menariknya, Curug Naga menyediakan fasilitas menarik ini untuk para pengunjung.
 

Curug Naga (Sumber gambar: Instagram.com/curugnaga)

Curug Naga (Sumber gambar: Instagram.com/curugnaga)

Bersama dengan rekan dan keluarga, pengunjung dapat berselancar di atas aliran air yang deras dan segar sembari melihat sisi kiri dan kanan curug yang penuh bebatuan besar.

Jika beruntung, pengunjung pun bisa melihat indahnya cahaya matahari yang menyelinap di antara rongga batu dan memantulkan sinar ke arah sungai. Menambah indah pemandangan, warna air curug yang khas, biru kehijauan dari Curug Naga juga menawarkan daya pikat tersendiri saat pengunjung mendekati arah air terjun. 
 

Aktivitas body rafting Curug Naga (Sumber gambar: Instagram.com/curugnaga)

Aktivitas body rafting Curug Naga (Sumber gambar: Instagram.com/curugnaga)

 Tidak hanya dikenal dengan body rafting, Curug Naga juga menjadi primadona bagi pengunjung yang menyukai wisata alam seperti river trekking hingga jungle trekking.

Wisatawan dapat berjalan menyusuri pinggir sungai yang indah dan bersih hingga bagian hutan yang dipenuhi pepohonan hijau. Aktivitas ini lebih cocok bagi mereka yang ingin lebih bersantai dalam menikmati wisata air sembari menghirup udara segar di sekitar curug.
 
Tak puas seharian menjelajah, wisatawan pun bisa mengambil waktu lebih lama menikmati wisata Curug Naga dengan melakukan camping.

Pengelola tempat wisata ini menyediakan area camping yang luas dengan barisan pohon pinus yang menambah suasana sejuk di sekitarnya. Menariknya, pengunjung bisa mendirikan tenda dengan berbagai view yang berbeda dan sama menakjubkannya.
 

Area camp Curug Naga (Sumber gambar: Instagram.com/curugnaga)

Area camp Curug Naga (Sumber gambar: Instagram.com/curugnaga)

Area perkemahan Curug Naga banyak yang menghadap ke lembah atau perbukitan menuju air terjun. Namun tak boleh luput dari perhatian, hutan pegunungan yang berada di lereng Gunung Paseban juga siap memberi kesan unik bagi wisatawan yang ingin bermalam. 

Tak lupa, panorama yang memukau juga bisa dilihat pengunjung di sebelah Barat Curug Naga. Dari atas, tampak lampu-lampu rumah di perkotaan berpijar saat malam. Gagahnya Gunung Salak juga melatari lanskap Bogor dan sekitarnya yang tampak eksotik.
 
Curug Naga dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB setiap hari. Pengunjung perlu membeli tiket masuk dengan harga Rp15.000 per orang. Namun, harga tiket masuk ini belum termasuk paket wisata trekking atau body rafting yang dibanderol mulai dari Rp150.000 per orang. 

Untuk menuju ke Curug Naga, Genhype perlu menempuh perjalanan sekitar 24 km, dengan waktu tempuh 55 menit dari pusat Kota Bogor. Dari arah Ciawi menuju Puncak, pengendara bisa mengambil jalur ke arah Cipayung. Ikuti jalur menuju Jalan Curug Panjang untuk sampai di Curug Naga. 

Baca juga: Rekomendasi 4 Hotel Fine Dining di Bogor, Makan Lebih Intim & Romantis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Keunggulan Kamera 50MP dari Galaxy Z Flip6 & Galaxy Z Fold6

BERIKUTNYA

Menggugah Selera, Cicipi Berbagai Olahan Salmon dari Negeri Kanguru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: