Ilustrasi ayam taliwang khas Lombok (Sumber gambar: Omar Mahmood/Pexels)

5 Kuliner Khas Lombok yang Selalu Jadi Buruan Wisatawan

10 July 2024   |   19:47 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Dijuluki Pulau Seribu Masjid, Lombok juga populer dengan tawaran ragam kuliner khasnya yang tidak kalah memikat. Makanan-makanan ini mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, Lombok juga kerap diburu wisatawan untuk wisata kuliner. Mulai dari ayam taliwang yang telah dikenal masyarakat dan restorannya tersedia di berbagai kota, hingga yang khas lokal seperti nasi balap puyung, semuanya menawarkan cita rasa yang autentik. 

Baca juga: Wisata Kuliner Solo yang Wajib Dikunjungi, Genhype Udah Pernah Coba?

Jika Genhype berkesampatan jalan-jalan ke Lombok, yuk coba lima kuliner khas dari pulau ini.


1. Ayam Taliwang

Ayam taliwang adalah hidangan khas Lombok yang terkenal di seluruh Indonesia. Cita rasa ayam taliwang mirip dengan ayam bakar yang smoky dan gurih. Ayam taliwang biasanya dibakar dengan menggunakan bumbu khas seperti bawang merah, bawang putih, terasi, cabai rawit, garam, dan gula merah.

Setelah dibakar hingga matang dan berwarna kecokelatan, ayam taliwang disajikan dengan lalapan segar seperti mentimun, tomat, dan daun kemangi. Selain gurih, rasa pedas dan  kaya akan rempah-rempah membuat hidangan ini masuk di lidah lokal wisatawan dari berbagai wilayah di luar Lombok.


2. Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah hidangan sayur yang terdiri dari kangkung rebus yang disiram dengan sambal pedas khas Lombok. Cita rasa pedas ditonjolkan dalam jenis hidangan sayur ini. Sambalnya terbuat dari cabai rawit, terasi, garam, gula, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan.

Membuat plecing kangkung terbilang mudah. Cukup celupkan kangkung yang segar ke dalam air mendidih sebentar, kemudian sirami kangkung dengan olahan sambal. Plecing kangkung sering disajikan dengan nasi putih hangat dan dilengkapi dengan irisan tomat dan mentimun.


3. Beberuk Terong

Beberuk terong mungkin asing di telinga wisatawan luar Lombok. Padahal, cita rasa beberuk terong tak kalah lezat loh. Beberuk terong merupakan hidangan berbahan dasar terong yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan terasi.

Dengan tekstur dan rasa yang unik, beberuk terong memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang kaya akan rempah-rempah. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih hangat atau sebagai pelengkap hidangan utama.


4. Sate Rembiga

Di antara populernya beragam jenis satai, sate rembiga cukup diandalkan dengan teksturnya yang unik. Menggunakan daging sapi cincang, sate rembiga memiliki cita rasa unik dengan campuran bumbu rempah yang khas.

Cara memasaknya, daging sapi yang sudah dicampur dengan bumbu dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Kemudian, satenya ditusuk menggunakan tusukan sate dan dipanggang hingga matang. Sate rembiga disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan sambal pedas sebagai pelengkapnya. Rasanya gurih dan pedas, cocok dinikmati sebagai hidangan pembuka atau sebagai lauk utama.


5. Nasi Balap Puyung

Lombok juga memiliki hidangan nasi goreng yang lezat yakni nasi balap puyung. Nasi goreng khas Lombok ini dihidangkan dengan tambahan telur ceplok, ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan sambal terasi.

Baca juga: 5 Pusat Kuliner Populer di Jakarta yang Banyak Makanan Legendaris nan Autentik

Nasi balap puyung memiliki cita rasa yang khas karena bumbu-bumbu rempah yang digunakan untuk mengolahnya. Biasanya, nasi balap puyung disajikan di warung-warung pinggir jalan atau restoran-restoran lokal Lombok. Wisatawan luar Lombok biasanya menjadikan hidangan ini sebagai pilihan favorit saat melipir ke pulau eksotik tersebut. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengenal Risiko Penyakit Urologi & Cara Mencegahnya

BERIKUTNYA

Konsumsi Gula Indonesia Mengkhawatirkan, Pemerintah Siap Ambil Langkah Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: