Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Global untuk Meta di Asia Tenggara (sumber gambar : Reinhard/Bisnis Indonesia)

3 Langkah Penting Menjadi Kreator Konten Sukses Menurut Direktur Kemitraan Meta

16 July 2024   |   18:54 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Perkembangan teknologi yang melaju pesat membuka banyak peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan, salah satunya dengan menjadi kreator konten di media sosial. Meski peluangnya terbuka lebar, dari jutaan orang yang mencoba menjadi kreator konten, baru segelintir saja yang tergolong sukses.

Untuk menjadi kreator sukses dan meraih penghasilan secara konsisten, Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Global untuk Meta di Asia Tenggara membagikan rahasia untuk menjadi kreator konten dan cara menghasilkan uang dari konten.

Baca juga: Instagram Punya Marketplace Menguntungkan Bagi Kreator Pemula, Cek Syarat Bergabungnya

Dalam era digital yang terus berkembang, menjadi kreator konten di platform media sosial tidak hanya tentang berbagi konten yang menarik, tetapi juga merupakan peluang untuk membangun karier dan meraup penghasilan yang signifikan.

Berdasarkan data terakhir yang dikeluarkan oleh Goldman Sachs, ekonomi kreator tahun ini diperkirakan mencapai US$250 miliar dan akan mencapai angka US$480 miliar pada 2027. Jadi, ada peningkatan hampir dua kali lipat hanya dalam waktu 3 sampai 4 tahun.

Revie menjelaskan bahwa pertumbuhan tersebut terjadi karena para kreator memiliki kekuatan untuk mengubah dan memengaruhi komunitas serta budaya secara signifikan sehingga peluangnya pun meluas, baik dari sisi kreativitas membuat konten maupun bekerja sama dengan brand.

“Kunci sukses bagi para kreator adalah kreativitas, konsistensi, dan memanfaatkan dengan baik fitur monetisasi yang tersedia,” tuturnya.

Meta sendiri menawarkan berbagai platform yang dapat dimanfaatkan oleh para kreator konten mulai dari Facebook, Instagram, hingga WhatsApp. Menurutnya, setiap platform menawarkan keunikan sendiri untuk membangun dan mengelola audiens.

"Facebook lebih fokus pada penemuan sosial dan terhubung dengan keluarga dan teman, sementara Instagram menjadi tempat ideal untuk ekspresi kreatif dan kolaborasi dengan kreator lain," ujarnya.

Menurut Revie, seorang kreator konten harus terus bereksperimen dengan konten yang orisinal dan relevan dengan audiens mereka. Lantas, bagaimana cara untuk dapat sukses sebagai kreator konten?


1. Bangun Passion dan Tentukan Audiens

Sebelum memulai monetisasi, kreator disarankan untuk mengidentifikasi audiens mereka dan passion yang mereka miliki. Konten yang autentik dan menghubungkan dengan audiens secara emosional cenderung lebih berhasil. “Menentukan niche yang tepat dan mengidentifikasi platform yang paling sesuai untuk membangun komunitas sangat penting,” terangnya.


2. Memanfaatkan Fitur Monetisasi

Setiap platform Meta menyediakan berbagai fitur monetisasi seperti iklan dalam video (in-stream ads), langganan konten eksklusif (subscriptions), dan fitur-fitur lain seperti stars untuk live streaming. Pemilihan fitur ini sebaiknya disesuaikan dengan jenis konten yang dibuat dan preferensi audiens. Selain itu juga dapat bekerjasama dengan brand melalui fitur seperti Instagram Creator Marketplace.

"Melalui fitur-fitur ini, para kreator dapat memanfaatkan kehadiran mereka untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Kami terus mengembangkan fitur baru dan mendengarkan masukan dari para kreator untuk memastikan mereka mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan," terang Revie.


3. Eksperimen dan Analisis

Penting bagi kreator untuk terus bereksperimen dengan berbagai jenis konten dan menganalisis performa mereka. Platform Meta menyediakan insight dan analisis yang mendalam terkait dengan audiens, engagement, dan preferensi waktu yang dapat membantu kreator meningkatkan strategi monetisasi mereka.

"Kreator harus terus bereksperimen dengan konten yang original dan relevan dengan audiens mereka. Menentukan niche yang tepat dan mengidentifikasi platform yang paling sesuai untuk membangun komunitas sangat penting."

Meta aktif dalam mendukung ekosistem konten kreator dengan mengedukasi, menyediakan pelatihan, dan mendengarkan masukan dari komunitas kreator. Mereka juga terus mengembangkan produk dan fitur baru, sering kali melibatkan kreator dalam pengujian produk sebelum peluncuran global.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa platform-platform Meta terus relevan dan mendukung pertumbuhan karir para kreator.

Baca juga: Mau Jadi Konten Kreator? Agung Karmalogy Bagi Rahasia Gaet Puluhan Brand Tiap Bulan

Dengan memanfaatkan fitur-fitur monetisasi yang tersedia dan fokus pada kreativitas serta keautentikan konten, kreator memiliki peluang besar untuk menghasilkan pendapatan yang signifikan dan membangun karier yang berkelanjutan di platform-platform Meta.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kandungan Penting dalam Body Lotion untuk Mencerahkan & Melembutkan Kulit

BERIKUTNYA

Cek Spesifikasi Xiaomi Mix Flip, Rilis Akhir Juli 2024 di China

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: