ilustrasi (sumber gambar: Karolina Grabowska dari Pexels)

Tips Belajar di Luar Negeri dari Konten Kreator Xaviera Putri

01 March 2022   |   20:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Belajar di universitas terbaik di luar negeri, dan merasakan pengalaman yang berbeda mungkin adalah salah satu impian Genhype pada saat ini. Namun, belajar agar lolos ujian masuk saja tidak cukup karena setelah itu ada proses panjang yang harus siap dijalani, yakni belajar di perguruan tinggi tersebut.

Saat ini, Xaviera Putri, exclusive talent Gushcloud dan content creator yang berbasis di Korea Selatan, sedang berkuliah di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dengan dukungan beasiswa dari pemerintah Korea Selatan.

Untuk belajar di KAIST, dia memiliki 7 strategi belajar yang biasa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan menjaga konsentrasi ketika belajar di perguruan tinggi di KAIST.

Berikut tips belajar yang efektif dari Xaviera yang dapat Genhype ikuti lho.
 

1. Teknik Pomodoro.

Teknik Ini berkaitan dengan mengatur waktu untuk belajar dan istirahat. Dia mencontohkan mengatur 1 jam untuk belajar dan 15 menit untuk istirahat. Pengaturan waktu ini bisa dilakukan oleh Genhype dengan menggunakan timer dan secara berulang sebanyak 2-3 kali.
 

2. Journaling.

Genhype dapat melakukan journaling secara digital dengan menggunakan aplikasi yang saat ini sudah banyak tersedia. Di jurnal digital, Xaviera mencatat jadwal aktivitas yang akan dilakukan setiap hari.
 

3. Short but frequent rewards.

Strategi ini masih berkaitan dengan poin pertama. Pada strategi ini, Xaviera rutin memberikan short rewards untuk diri sendiri lho Genhype. Contoh short rewards tersebut seperti istirahat sejenak di sela-sela belajar dibandingkan belajar dengan waktu lama dan menunggu hingga akhir hari kemudian beristirahat.
 

4. Mencicil.

Dalam strategi ini, biasanya Xaviera akan mencicil belajar dan mempersiapkan diri dua minggu sebelum ujian dimulai. Ketika mendekati tanggal ujian, dia akan melakukan review dan mengerjakan latihan soal.
 

5. Ganti suasana belajar.

Kebiasaan Xaviera saat belajar adalah memanfaatkan 15 menit waktu istirahat untuk meregangkan badan atau berpindah tempat.
 

6. Hari kreatif.

Xaviera suka mempersiapkan satu hari khusus untuk berkreasi. Sebagai contoh, dia mengisi waktu untuk syuting konten, edit video, dan lainnya setiap Jumat. Menurutnya, produktivitas tidak hanya berkaitan dengan belajar, tetapi bisa berupa kegiatan kreatif lainnya.

Kebiasaan kecil yang membantu untuk fokus.
Selama belajar, biasanya gangguan selalu ada. Salah satu contohnya adalah pemberitahuan di gawai pintar. Jadi, untuk mengatasi kondisi tersebut, Xaviera meletakkannya di luar pandangan agar tidak mudah terganggu.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

7 Tips Merawat Rambut Rusak

BERIKUTNYA

Debut Perdana Poco di Mobile World Congress Boyong 2 Produk Utama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: