ilustrasi TikTok (dok.unsplash)

3 Tips Sukses Jadi Konten Kreator di TikTok

20 October 2021   |   12:55 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype setuju enggak sih kalau saat ini makin banyak platform yang dapat digunakan untuk mengekspresikan diri dan menyalurkan bakat serta kreativitas, salah satunya platform TikTok. Melalui aplikasi ini, banyak bermunculan kreator dari berbagai latar belakang dan profesi yang bisa memberi inspirasi dan informasi bermanfaat, sekaligus mendorong pengguna lain berkarya secara positif di TikTok.

Sebagian dari kalian mungkin berpikir membuat konten edukasi di TikTok terdengar sulit. Namun nyatanya sejumlah kreator mampu membagikan tips dan inspirasi agar bisa konsisten menghasilkan konten yang informatif dan edukatif.

Ingin tahu bagaimana cara menjadi top kreator TikTok di bidang edukasi? Ini dia tipsnya.
 

1. Tentukan ciri khas konten sesuai dengan passion dan skill

Untuk menentukan konten apa yang bisa menjadi ciri khas kita, para kreator menyarankan untuk menyesuaikannya dengan apa yang kita kuasai atau gemari. Dengan begitu, konten yang dihasilkan pun bisa lebih akurat dan bermanfaat.

"Menghasilkan konten sesuai skill kita juga akan membantu kita untuk tidak kehabisan ide, karena masih seputar apa yang kita sukai atau yang kita jalani sehari-hari," ujar Erika Richardo, kreator yang konsisten mengunggah konten seputar hobi melukisnya.
 

2. Konsistensi untuk terus meningkatkan kualitas konten

Mendapatkan banyak views dan likes terkadang bisa membuat kita terlena untuk fokus kepada dua hal tersebut. Namun, konsistensi dalam mengunggah konten justru menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas konten.

Tips ini disampaikan oleh Urrofi, kreator foto dan videografi, yang berhasil membangun bisnis Urro Films sejak aktif di TikTok. "Sebaiknya kita tidak overthinking terhadap konten yang ingin kita unggah. Semakin konsisten kita mengunggah konten, jam terbang untuk membuat konten pun semakin tinggi, dan kita bisa melihat kualitas mana yang perlu ditingkatkan,” ungkapnya.
 

3. Mulai dulu & coba berbagai jenis gaya

Niat yang besar untuk menjadi kreator, kadang dihalangi oleh keraguan atau rasa tidak percaya diri. Vina Muliana, pegawai di sebuah BUMN yang juga aktif sebagai kreator motivasi karir di TikTok menyampaikan bahwa yang penting kita bisa memulai dulu dengan menghasilkan konten yang ringan.

Farhan Zubedi, kreator TikTok yang juga seorang dokter, dan Pak Win yang terkenal dengan konten seputar bisnis di akun Asahpolapikir juga menyarankan untuk mencoba berbagai gaya dalam membuat konten, sampai akhirnya menemukan gaya yang bisa menjadi ciri khas untuk jangka panjang.

Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia mengatakan konten edukasi di TikTok bukan hanya seputar pendidikan formal, tapi juga mencakup tips dan tutorial tentang soft skill dan hobi, ataupun pengalaman pribadi dari tempat kerja atau studi yang sedang ditempuh.

Keberagaman ini yang menjadikan konten edukasi di TikTok semakin digemari dan tumbuh dengan positif. Kami berharap ada semakin banyak pengguna yang ikut terinspirasi dan menghasilkan konten-konten edukasi lainnya untuk memberikan beragam informasi bermanfaat di platform TikTok.

Nah, bagi kalian yang ingin mulai aktif atau konsisten membuat konten edukasi, saat ini sedang berlangsung kompetisi #SamaSamaBerkarya dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, dimulai dari tanggal 18 hingga 28 Oktober 2021 dengan hadiah uang tunai, menjadi top kreator edukasi, dan juga akun yang terverifikasi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Raline Shah Jadi Tamu Spesial dari Indonesia di World Premiere Film Eternals

BERIKUTNYA

Coldplay Bakal Setop Rilis Musik setelah Album 12

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: