Cuplikan Youtube Rewind 2020. (Dok. Youtube/Indonesian Creators)

Youtube Akan Hentikan Produksi Kompilasi Video Akhir Tahun Rewind

08 October 2021   |   07:56 WIB

Ingat dengan video kilas balik satu tahun yang dibuat oleh sejumlah kreator konten YouTube dengan nama Rewind? Video tersebut kerap dinantikan, karena merangkum sosok-sosok kreator YouTube yang paling hype sepanjang tahun. Namun, proyek tahunan dari layanan berbagi video itu akan dihentikan secara resmi mulai tahun ini.

Berdasarkan laporan TubeFilter, pemangkasan dari salah satu proyek besar dari Youtube yang sudah ada selama 10 tahun ini karena representasi satu buah video dari proyek ini tidak bisa mencakup semua lapisan dari komunitas kreator yang kini terdiri dari ragam kalangan.
 
Tidak hanya itu, penutupan proyek ini juga didasari dengan semakin bervariasinya anggota komunitas kreator YouTube sehingga sulit untuk mengumpulkannya menjadi sebuah video dengan durasi tertentu.

Sebagai gantinya, YouTube akan mengalihkan proyek ini kepada semua kreator sehingga platform tersebut akan tetap berfokus pada hal lain di luar proyek Rewind. Hal ini dianggap memberikan kesempatan yang jauh lebih luas bagi para kreator untuk memproduksi video Rewind versinya masing-masing.
 
Pembuatan video Rewind versi lain sudah mulai muncul semenjak munculnya berbagai kritik terhadap Rewind versi YouTube selama beberapa tahun terakhir mulai dari video Rewind tahun 2018.

"Sejak Rewind mulai pada 2011, kami telah melihat banyak kreator seperti MrBeast, elrubiusOMG, dan Slayy Point, dan banyak kreator lain yang membuat video akhir tahun versinya sendiri dengan menangkap momen setiap tahun secara unik dari perspektifnya masing-masing," jelas juru bicara YouTube.

Pihak YouTube menambahkan bahwa pihaknya tidak akan memberikan pendanaan dengan tutupnya proyek ini, tapi akan membantu mempromosikannya di media sosial.
 

Di Indonesia sendiri, YouTube Rewind merupakan salah satu proyek yang mengundang banyak warganet sejak kemunculannya pada 2011. Meski videonya setiap tahun selalu mengundang decak kagum dari warganet, proyek ini sempat mendapatkan kritik pedas pada tahun 2018 karena tidak munculnya sejumlah kreator populer seperti Chandra Liow serta kehadiran Ericko Lim yang kala itu bermasalah.

Terbaru, YouTube Rewind 2020 menjadi salah satu proyek yang mendapatkan respon positif karena mengandung beberapa hal viral, lagu hits, konten populer, hingga merangkum berbagai kejadian dan fenomena secara apik dengan durasi 14 menit 21 detik.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Escape from Mogadishu Raih 6 Piala, Simak Daftar Pemenang Penghargaan Film Buil ke-30

BERIKUTNYA

Bulan Ini! SECRET NUMBER Akan Comeback dengan Lagu Fire Saturday

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: