Body lotion (Sumber foto: Freepik)

Kandungan Penting dalam Body Lotion untuk Mencerahkan & Melembutkan Kulit

16 July 2024   |   20:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang tentu ingin kulit yang lembut, halus, dan terawat sepanjang hari. Oleh karenanya, penting untuk menambahkan body lotion ke dalam rangkaian perawatan kulit sehari-hari dan mengaplikasikannya dengan rutin untuk melembapkan, menutrisi, dan melindungi kulit tubuh. 

Rani Secti Trisna, skin expert dari Scarlett Skin Clinic memaparkan bahwa saat ini permasalahan kulit tidak sepenuhnya disebabkan oleh faktor eksternal. Sebetulnya, faktor internal juga berpengaruh signifikan. 

Faktor eksternal misalnya sering terpapar polusi seperti debu dan alergen lainnya sehingga membuat kulit jadi kusam. Belum lagi saat paparan sinar matahari berlebih, membuat kulit kita jadi menggelap. Namun, sebaliknya berada di ruangan ber-AC seharian juga bisa membuat kulit jadi kering sehingga kehilangan kelembapannya.

"Faktor internal yang menyebabkan permasalahan kulit, misalnya seperti stres emosional yang mengganggu keseimbangan hormon, efeknya lama kelamaan kulit akan menjadi kering dan kusam," ujar Rani saat peluncuran Scarlett Bright Mood Booster Body Lotion, Senin (16/7/2024). 

Baca juga: Hati-hati, Ini 7 Kesalahan Memakai Body Lotion yang Jarang Disadari 

Oleh sebab itu, dia memaparkan penting sekali untuk menggunakan body lotion dengan rutin. Terutama yang memiliki kandungan essential oil. Sejumlah penelitian menyebutkan, essential oil apabila digunakan dalam jumlah tepat bisa membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan stres. 

"Essential oil memiliki manfaat aromaterapi, wanginya akan dihirup oleh indra penciuman yang kemudian mengirim pesan ke otak supaya lebih rileks," tambahnya. 

Biasanya beberapa essential oil yang sering ditambahkan pada produk body lotion, seperti cedarwood oil, green mandarin oil, orange oil, dan patchouli oil, cypiriol oil, bergamot oil, lemon oil, clary sage oil, grapefruit oil, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyesuaikannya dengan gaya sehari-hari. 

Selain aromanya yang harum dan menenangkan, pastikan body lotion yang dipakai memiliki kandungan untuk mencerahkan dan melembutkan kulit. Beberapa kandungan yang dapat mencerahkan misalnya glutathione, niacinamide, dan kojic acid.

"Ketiga bahan tersebut merupakan perpaduan yang pas untuk mencerahkan kulit secara alami, memudarkan noda hitam, dan meratakan warna kulit," ujar Rani.

Glutathione merupakan antioksidan kuat yang fungsinya menghambat radikal bebas yang secara tidak langsung meningkatkan produksi melanin. Adapun, melanin merupakan substansi yang memberikan pigmen ke kulit, makin banyak jumlah melanin di kulit maka akan membuat kulit semakin gelap. 

Selain itu, yang tak kalah penting, body lotion juga harus memiliki kandungan Vitamin E, ceramide, shea butter, dan lainnya untuk mengunci kelembaban sepanjang hari, menjaga kulit tetap sehat, lembut, dan bercahaya.

Terakhir, Rani Secti menyarankan waktu yang tepat untuk menggunakan body lotion supaya wanginya tahan lama dan formulanya bekerja dengan efektif. Menurutnya, akan lebih baik untuk mengaplikasikan produk tersebut saat kondisi kulit masih basah.

"30 menit setelah mandi cobalah oleskan body lotion, karena setelah mandi kondisi kulit masih basah dan pori-porinya terbuka sehingga penyerapannya gampang," ujarnya.

Selain itu, kalian bisa mengaplikasikannya kembali sebelum tidur. Terutama jika kamar yang ber-AC, wajib menggunakan body lotion supaya kulit tidak kering semalaman. Dengan begitu, di pagi hari kulit akan terlihat lebih lembut dan bercahaya. 

Nah, supaya aromanya tahan sepanjang hari, kamu bisa mencampur body lotion dengan parfum setelah mandi lalu mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit tubuh.

Baca juga: Sunscreen Spray VS Krim, Mana yang Lebih Ampuh Melindungi Kulit dari Sinar UV?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Riversong Rilis 3 Smartwatch di Indonesia, Cek Spesifikasi & Harganya

BERIKUTNYA

3 Langkah Penting Menjadi Kreator Konten Sukses Menurut Direktur Kemitraan Meta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: