ilustrasi (sumber gambar : ivan samkov/pexels)

Instagram Punya Marketplace Menguntungkan Bagi Kreator Pemula, Cek Syarat Bergabungnya

12 June 2024   |   19:40 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi kalian yang tengah meniti karier sebagai seorang kreator konten. Sebab, Meta melalui aplikasi Instagram telah menghadirkan Instagram Creator Marketplace yang memungkinkan para kreator konten dan pemilik merek (brand) dapat berkolaborasi.

Rifky Septiaji, Strategic Partner Manager, APAC Global Partnerships Meta di Indonesia mengatakan, Instagram Creator Marketplace ini sebelumnya telah diluncurkan pada Juli 2022 di sejumlah negara, dan kini telah tersedia di Indonesia.

Baca juga: Mau Jadi Konten Kreator? Agung Karmalogy Bagi Rahasia Gaet Puluhan Brand Tiap Bulan

Creator Marketplace Instagram memfasilitasi kolaborasi yang mudah antara kreator dan brand. Kreator dapat meningkatkan visibilitas melalui profil dan portofolio, mengelola kemitraan dengan folder pesan khusus, serta menunjukkan karya dan minat unik mereka. Hal ini akan membuka lebih banyak peluang penemuan oleh brand dan kemitraan yang lebih mudah bagi para kreator konten.

Bagi brand, Creator Marketplace menyederhanakan pencarian terhadap kreator yang sesuai dengan kriteria. Mereka dapat mencari profil kreator konten dengan insights yang relevan, membuat dan mengelola kampanye konten bermerek, serta melacak kemajuan proyek dalam platform. Penemuan mitra dan manajemen kampanye yang efisien ini akan menghemat waktu dan sumber daya brand.

“Kami harap perluasan ini akan menyederhanakan penemuan peluang baru bagi para kreator dan brand, sehingga dapat mendorong lebih banyak kolaborasi dan kemitraan baru di Instagram,” ujar Rifky Septiaji.

Semua konten bermerek harus diungkapkan dengan label kemitraan berbayar di Feed, Stories, Live, Reel, dan video Instagram. Partisipasi dalam Creator Marketplace tidak diwajibkan untuk menggunakan label kemitraan berbayar.

Lantas, apa saja keuntungan bergabung di Instagram Creator Marketpace?


Manfaat bagi kreator

1. Mudah ditemukan untuk kemitraan konten bermerek

Setelah Anda menambahkan profil ke marketplace kreator, merek bisa menemukan Anda dan mengirimkan pesan kemitraan kepada Anda. Anda juga bisa menambahkan merek favorit ke daftar mitra merek pilihan Anda dan merek akan mengetahui bahwa Anda tertarik bekerja sama dengan mereka.


2. Mengelola pesan kemitraan dan terus memantau peluang konten bermerek.

Ketika menerima pesan kemitraan pertama, Anda akan mendapatkan akses ke folder baru di pesan Instagram yang memungkinkan merek menghubungi Anda terkait potensi penawaran merek.


3. Menambahkan minat konten bermerek Anda.

Bantu merek agar mudah menemukan Anda dan mengetahui jenis konten yang Anda buat dengan mengidentifikasi minat Anda, seperti perawatan kulit, olahraga, atau makanan.


4. Memamerkan karya Anda kepada merek dengan portofolio kreator.

Portofolio kreator adalah cara untuk menunjukkan kepada merek tentang keunikan Anda sebagai kreator dan keunggulan Anda untuk penawaran merek.


5. Melihat proyek.

Proyek digunakan oleh merek yang tertarik berkolaborasi dengan kreator untuk konten bermerek atau iklan kemitraan. Anda bisa mencari proyek yang sesuai profil Anda untuk potensi peluang dan memberi tahu merek bahwa Anda tertarik untuk berkolaborasi.


Manfaat bagi brand/merek

1. Menemukan kreator yang bisa diajak kerja sama

Anda bisa mencari kreator dan melihat insight untuk membantu Anda memutuskan apakah mereka cocok dengan merek Anda.


2. Membuat kampanye konten bermerek.

Kampanye mempermudah kolaborasi dengan kreator di marketplace kreator Instagram. Setelah membuat kampanye, Anda akan bisa membagikan detail penting kepada kreator dan mengundang mereka untuk bekerja sama dengan Anda.


3. Memantau kemajuan kampanye Anda.

Setelah membuat kampanye dan membagikan kampanye Anda kepada kreator, Anda akan bisa melacak kemajuan proyek masing-masing kreator. Anda akan bisa melihat daftar kreator yang dengan mereka Anda telah membagikan kampanye, beserta status setiap proyeknya.

Lantas, apa saja syarat untuk bergabung di marketplace tersebut?
1. Mematuhi Kebijakan Konten Bermerek dan Kebijakan Monetisasi Mitra .
2. Selalu mematuhi Pedoman Komunitas dan Kebijakan Monetisasi Konten .
3. Kreator harus berusia 18 tahun ke atas.

Baca juga: 4 Tip Manfaatkan Fitur-fitur Facebook dari Para Kreator Top Indonesia, Bisa Datangkan Cuan

Bagaimana Genhype, tertarik untuk bergabung ke Instagram Creator Marketplace? Silakan kunjungi Meta Business Suite. Di situ kami bisa menentukan merek dan minat yang relevan serta membuat portofolio yang menunjukkan keunikanmu.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Vivo X Fold3 Pro Andalkan Fitur Fotografi dan Fitur AI

BERIKUTNYA

Rekomendasi Drone FPV Buat Pemula, Tawarkan Sensasi Sudut Pandang Pilot

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: