Ilustrasi sakit punggung. (Dok. Keenan Constance dari Unsplash)

5 Kiat Mencegah Pegal & Nyeri saat Bekerja dari Rumah

15 September 2021   |   08:07 WIB

Bekerja di rumah rentan membuat Genhype kekurangan bergerak secara fisik sehingga menyebabkan sejumlah masalah kesehatan mulai dari nyeri dan pegal-pegal pada leher, pergelangan tangan, hingga pada bagian punggung.

Hal ini terjadi karena tubuh tidak memiliki dukungan pada bagian punggung saat duduk terlalu lama sehingga rasa nyeri dan pegal berisiko lebih sering muncul. Untuk mencegah tingginya risiko sakit punggung akibat duduk terlalu lama, yuk ikuti lima kiat mudah yang wajib dilakukan di keseharian Genhype.

1. Lakukan peregangan atau pemanasan
Salah satu aktivitas fisik yang wajib dilakukan saat bekerja di rumah adalah melakukan peregangan atau pemanasan, misalnya menggerakkan otot di bagian lengan, pinggang, punggung, dan leher. Selain untuk meredakan beberapa gejala sakit punggung sedang, hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk melenturkan badan.

Selain peregangan, salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala sakit punggung adalah yoga. Yoga dikenal memiliki sejumlah manfaat mulai dari pemulihan postur tubuh pada seluruh bagian tubuh.

2. Posisikan duduk tegak
Duduk tegak juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko sakit punggung yang biasa didapat karena posisi duduk yang seringkali membungkuk. Dengan menjaga tubuh dan leher agar tetap tegak tanpa merasa kaku, Genhype bisa mengurangi gejala sakit punggung dan leher lho!

Cara lainnya adalah dengan menambah ukuran teks di layar laptop atau gawai tempat Genhype bekerja sehingga mengurangi kebiasaan Genhype untuk membungkuk dan mendekatkan wajah ke layar.

3. Atur letak keyboard dan tetikus (mouse) agar nyaman
Mengatur posisi alat bekerja seperti keyboard, tetikus atau mouse, dan perangkat lain (mis. pentab atau stylus) yang biasa digunakan saat bekerja dengan gawai merupakan hal yang bisa mengurangi risiko sakit punggung.

Hal ini disebabkan karena saat menggunakan perangkat dengan posisi yang lebih rendah dari jangkauan tubuh saat posisi tegak membuat tubuh akan cenderung membungkuk agar bisa menyeimbangkan posisi perangkat. Inilah mengapa sangat disarankan untuk meletakkan perangkat tersebut sejajar dengan posisi tubuh saat tegak.

4. Letakkan kaki dengan posisi menapak pada lantai
Biasanya ada dari Genhype yang menyamankan diri saat duduk dengan posisi menyilangkan kaki di lantai atau menaikkan kaki di kursi. Tapi ternyata kebiasaan ini justru akan memberikan ketegangan pada bagian panggul karena harus menopang kaki yang dilipat atau diposisikan secara kurang alami.

Dengan posisi kaki yang menapak di lantai, Genhype bisa mengurangi risiko rasa sakit ini serta mengatasi rasa sakit yang ada. Jika kesulitan menapakkan kaki di lantai, gunakan alat khusus yang bertujuan untuk mengistirahatkan kaki.

5. Ambil jeda untuk berdiri dan berjalan selama beberapa kali
Jeda dalam bekerja tentu merupakan hal yang juga penting untuk dilakukan, terutama untuk sekadar berdiri atau berjalan-jalan di dalam rumah. Ini dilakukan karena menata ruang kerja yang nyaman bagi tubuh tidaklah cukup tanpa adanya aktivitas fisik. 

Selain untuk mengistirahatkan tubuh, hal ini juga dilakukan untuk mengistirahatkan mata yang telah menatap layar selama beberapa jam. Untuk melakukannya, Genhype perlu meluangkan waktu setidaknya 15-20 menit sebelum kembali bekerja.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Akhirnya, Apple Rilis Empat Smartphone iPhone 13 Series

BERIKUTNYA

Nasib Tragis, Serupa Tapi Tak Sama dalam 2 Teaser Drama A Person Similar to You

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: