Pekerjaan dengan gaji tinggi (Sumber Foto: Freepik)

7 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Dunia

14 July 2024   |   20:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Peluang karier dengan gaji tinggi makin terbuka lebar seiring perkembangan zaman. Pendapatan yang besar menjamin keuangan yang stabil, sehingga memungkinkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dasarnya seperti makan, pakaian, dan rumah yang layak.

Mereka juga bisa menyiapkan kehidupan yang lebih baik untuk beberapa tahun ke depan, misalnya dengan berinvestasi pada berbagai aset seperti saham, properti, dan bisnis. Sehingga dapat memenuhi pendidikan terbaik untuk anak-anaknya, serta layanan kesehatan untuk masa tuanya.

Oleh karenanya tak heran, banyak orang yang bersaing untuk mendapatkan posisi terbaik di suatu perusahaan atau instansi lainnya yang menawarkan peluang karier menjanjikan dengan gaji tinggi. Mengutip UpGrad, berikut adalah beberapa pekerjaan dengan gaji tinggi di dunia. 

Baca juga: 6 Profesi dengan Penghasilan Tertinggi di Indonesia
 

1. CEO (Chief Executive Officer)

CEO adalah eksekutif tertinggi dalam sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas keseluruhan operasional dan kinerja perusahaan. Mereka membuat keputusan strategis dan sering kali menjadi wajah perusahaan. CEO sering memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, termasuk gelar dalam bisnis, manajemen, atau bidang terkait, serta pengalaman bertahun-tahun dalam manajemen.

Gaji CEO bisa sangat tinggi, terutama di perusahaan-perusahaan besar dan sukses. Selain gaji pokok, mereka juga sering mendapatkan bonus besar, insentif berbasis kinerja, dan opsi saham yang bisa mencapai jutaan dolar. 
 

2. Ahli bedah

Ahli bedah adalah dokter spesialis yang melakukan operasi untuk mengobati penyakit dan cedera lainnya. Mereka memiliki spesialisasi dari berbagai bidang seperti bedah umum, bedah kardiovaskular, bedah ortopedi, dan bedah neurologi. 

Untuk menjadi ahli bedah, diperlukan pendidikan yang panjang dan intensif, termasuk gelar sarjana, gelar kedokteran, magang, dan residensi yang bisa memakan waktu lebih dari 10 tahun. Ahli bedah, terutama spesialis bedah jantung atau bedah saraf dapat menghasilkan gaji tahunan yang sangat tinggi, sering kali melebihi ratusan ribu dolar hingga jutaan dolar per tahun.
 

3. Insinyur perangkat lunak

Insinyur perangkat lunak bertugas merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak dan aplikasi komputer. Mereka bekerja di berbagai industri, termasuk teknologi, keuangan, dan kesehatan. Insinyur perangkat lunak biasanya memiliki gelar ilmu komputer atau bidang terkait, serta memiliki sertifikasi berbagai bahasa pemrograman dan teknologi.

Insinyur perangkat lunak, terutama yang bekerja di perusahaan teknologi besar seperti Google, Apple, atau Facebook, sering kali mendapatkan gaji yang sangat tinggi rata-rata ratusan juta rupiah per bulan. Selain gaji pokok, mereka juga mendapatkan bonus, ekuitas saham, dan tunjangan lainnya.
 

4. Bankir investasi

Bankir Investasi adalah profesional yang mengkhususkan diri dalam membantu perusahaan dan individu dalam mengelola, mengembangkan, dan mengoptimalkan portofolio investasi mereka. Mereka bekerja di berbagai institusi keuangan seperti bank investasi, perusahaan manajemen aset, dan firma penasihat keuangan.

Tugas utama bankir investasi, yakni memberikan nasihat investasi, melakukan analisis pasar, menyiapkan dan mengeksekusi strategi investasi, serta berinteraksi dengan klien untuk memahami tujuan finansial mereka. Gajinya pun tak kalah fantastis, mencapai miliaran rupiah per tahun.
 

5. Data analis

Data Analis pekerjaannya mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data untuk membantu suatu perusahaan, instansi, atau badan lainnya dalam membuat keputusan strategis yang lebih baik. Mereka bekerja di berbagai industri, termasuk teknologi, keuangan, kesehatan, ritel, dan masih banyak lagi.

Seorang data analis akan mengidentifikasi tren dan pola dalam data, membuat laporan dan visualisasi, serta memberikan rekomendasi berdasarkan temuan mereka. Profesi ini diincar oleh berbagai perusahaan untuk membantu mereka mengambil keputusan strategis, dengan gaji yang mencapai ratusan juta rupiah per bulan.
 

6. Manajer sistem IT

Manajer sistem IT bertanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan pengelolaan infrastruktur teknologi informasi sebuah organisasi. Tugas mereka memastikan sistem IT berjalan lancar, mengawasi tim IT, mengimplementasikan kebijakan keamanan siber, dan memastikan keberlanjutan operasional melalui pemeliharaan dan pembaruan sistem.

Gaji manajer sistem IT bervariasi tergantung pada lokasi, pengalaman, industri, dan ukuran perusahaan. Keahlian mereka sangat dibutuhkan, banyak perusahaan yang menawarkan gaji rata-rata ratusan juta rupiah per bulan. Selain gaji pokok, banyak mereka juga menerima bonus, tunjangan, dan fasilitas lainnya.
 

7. Pengacara

Pengacara memberikan nasihat hukum, mewakili klien di pengadilan, dan menyiapkan dokumen-dokumen pendukung lainnya yang dapat membantu memenangkan sebuah kasus. Pengacara harus memiliki gelar sarjana hukum dan lulus ujian pengacara di yurisdiksi mereka.

Banyak juga yang memiliki gelar tambahan atau spesialisasi dalam bidang hukum tertentu. Pengacara di firma hukum ternama atau perusahaan besar sering kali mendapatkan gaji yang sangat tinggi mencapai miliaran rupiah per tahun. 

Baca juga: 4 Profesi Unik & Penting yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Ahli Las Bawah Laut 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Juta Orang Sudah Naik Kereta Cepat Whoosh, Cek Fakta-fakta Menariknya

BERIKUTNYA

Hypereport: Jalan Pintas Cari Pasangan Lewat Aplikasi Kencan dan Biro Jodoh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: