Ilustrasi (Sumber gambar: Bruce Mars/ Unsplash)

Tujuh Jurus Melawan Prokrastinasi

24 February 2022   |   13:30 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Tidak bisa dipungkiri kita sering kali bermalas-malasan dalam menyelesaikan tugas sekolah hingga tugas kantor. Kalau belum deadline alias memasuki masa tenggat, biasanya orang tidak lekas merampungkan tugas tersebut. Bahkan sudah berada pada masa tenggat pun kita masih sering menunda. Dalam  istilah yang lagi tren sekarang disebut prokrastinasi.

Prokrastinasi atau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ini bisa sangat mengganggu jika terus-menerus kalian lakukan dan dibiasakan. Mungkin kalian pernah melakukannya satu atau dua kali dengan alasan sedang tidak mood atau mencari ide. Namun, bagaimana kalau kalian malah berlarut-larut dalam kemalasan?

Pasti kalian menyadari betul kemalasan dan kebiasaan menunda-nunda ini tidak baik untuk peningkatan karier. Nah, jika kalian mulai merasa malas untuk mengerjakan tugas kantor, coba gali kembali tujuan kalian dalam bekerja. Lalu temukan motivasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Berikut beberapa tips jitu buat kalian, kaum mager yang sedang dilanda prokrastinasi.


1. Tidur dulu

Jika kalian ingin menyelesaikan tugas pada malam hari atau lembur di rumah, tidur sejenak bakal membuat tubuh kembali segar. Perlu diketahui, kurang istirahat menyebabkan otak kekurangan oksigen sehingga kalian malah sulit berkonsentrasi. Sehingga memaksa tetap bekerja meski sudah mengantuk tidak akan membuat hasil pekerjaan maksimal.


2. Bangun lebih pagi

Bangun pagi memang bukan hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Namun, bangun pagi membuat badan terasa lebih segar ketimbang bangun lebih siang. Jika badan lebih segar, kalian pun bakal lebih bersemangat menyelesaikan tugas kantor. Sebuah studi di Jerman bahkan menyebutkan kebiasaan bangun siang justru akan membuat seseorang merasa depresi. Sedang menurut sebuah penelitian dari University of Colorado Boulder dan Broad Institute of MIT dan Harvard, menemukan bahwa bila bangun hanya satu jam lebih awal dari biasanya dapat mengurangi risiko depresi sebesar 23%.


3. Mendengarkan musik

Pasang headphone dan putar musik berirama cepat. Alunan melodi yang disukai dapat menunjang pelepasan hormon dopamin di otak, sehingga mood pun akan berubah lebih baik dan kalian menjadi fokus bekerja. Jangan lupa menyalakan aromaterapi beraroma cokelat demi menekan perasaan hati yang tidak tenang.


4. Buat jadwal harian

Membuat jadwal memang gampang, tetapi menyelesaikannya secara tepat waktu -seperti apa yang sudah ditulis- itu sulit. Yakinkan diri untuk mematuhi jadwal harian tersebut agar pekerjaan tidak menumpuk, dan dihantui perasaan dikejar-kejar waktu.


5. Olahraga dan makan sehat

Terdengar klise memang, tetapi kebiasaan malas atau menunda-nunda dapat disebabkan oleh kebiasaan hidup yang salah. Junk food merupakan pemicu obesitas, dan biasanya--berdasarkan penelitian dari University of California, Los Angeles, Amerika Serikat-- obesitas akan membuat orang menjadi malas.

Menurut Group Health Cooperative Pasific Nortwest, yang meneliti lebih dari 9.000 orang dewasa, sekitar 25% orang gemuk mengalami rasa cemas dan suasana hati tak stabil yang tentunya berdampak pada pekerjaan. Tak ada salahnya untuk berolahraga minimal 30 menit dalam sehari untuk memperbaiki mood.


6. Jauhi hal yang mengganggu

Kalian harus berani berkata tidak terhadap semua yang disukai untuk sementara. Jangan tergoda dengan ajakan nongkrong dari teman, bila perlu hindari sosial media hingga tugas kalian selesai.


7. Hadiahi diri sendiri

Bila pekerjaan rampung, tidak ada salahnya untuk menghadiahi diri sendiri. Misalnya, memanjakan diri di spa atau atau makan di restoran. Selain penghargaan setelah bekerja keras, menghadiahi diri sendiri akan memacu semangat kalian untuk menyelesaikan tugas berikutnya sebelum deadline tiba.


Editor: Indyah Sutriningrum
SEBELUMNYA

Merogoh Kocek Jutaan Demi Mainan Diecast

BERIKUTNYA

Menguak Tragedi Jatuhnya Pesawat Boeing dalam Film Downfall: The Case Against Boeing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: