Dokter bedah merupakan pekerjaan dengan tingkat risiko sangat tinggi. (Sumber foto: Pexels/Carloscruz Artegrafia)

6 Profesi dengan Penghasilan Tertinggi di Indonesia

30 July 2023   |   12:52 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tidak dapat disangkal bahwa profesi dengan gaji bagus adalah sesuatu yang kita semua inginkan setelah menginvestasikan bertahun-tahun dalam pendidikan. Meski demikian, tolok ukur gaji bervariasi antar organisasi dan industri. Gaji juga tergantung pada kualifikasi pendidikan, keterampilan, dan pengalaman.

Dirangkum dari Salary Explorer, Indonesia memiliki sejumlah profesi yang memiliki gaji atau pendapatan yang sangat besar hingga puluhan juta rupiah setiap bulan. Namun, profesi dengan gaji fantastis ini datang dengan risiko yang tinggi pula.

Baca juga: 5 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia, Nominalnya Miliaran Rupiah

Selain risiko, profesi dengan gaji tinggi sangat dipengaruhi dengan pendidikan yang tidak murah untuk memperolehnya, memerlukan keahlian yang khusus dan dibutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya, dan sebagainya.

Berikut profesi dengan pendapatan tertinggi yang ada di Indonesia berdasarkan laman Salary Explorer dan sumber lainnya.


1. Ahli Bedah/ Dokter Bedah

Ahli bedah adalah profesi dengan pendapatan paling tinggi di dalam negeri. Dokter bedah bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp23,9 juta sampai Rp68,7 juta per bulan. Seseorang mendapatkan bayaran tinggi ketika melakoni profesi ini lantaran sifatnya yang kritis.

Profesi sebagai dokter bedah memiliki risiko yang tinggi, membutuhkan pengetahuan yang luas, dan waktu belajar yang tidak sebentar jadi tidak heran jika mereka mendapatkan gaji yang sangat tinggi untuk pekerjaannya.


2. Hakim

Profesi dengan pendapatan tertinggi kedua di dalam negeri adalah hakim dengan kisaran penghasilan Rp20,1 juta – Rp57,7 juta setiap bulan. Hakim bisa memperoleh gaji besar lantaran pekerjaannya menyangkut nasib seseorang. Dengan kata lain, tanggung jawab yang diemban di atas pundak seorang hakim tidak kecil. Memutuskan nasib orang juga bukan tugas yang mudah dalam sebuah perkara. Mereka perlu ketelitian yang tinggi dengan mempertimbangkan berbagai bukti dan penilaian.


3. Pengacara

Pengacara berada di urutan ketiga profesi dengan bayaran paling tinggi di Indonesia. Mereka yang berprofesi sebagai pengacara bisa mendapatkan gaji sebesar Rp16,3 juta – Rp46,7 juta per bulannya.

Alasan utama pengacara mendapatkan upah besar adalah karena nilai persepsi mereka yang tinggi di mata klien mereka. Seorang pengacara yang sukses dapat menghemat atau memberi klien banyak uang atau mungkin dapat menghindarkan seseorang dari hukuman paling berat.
 
1
2


SEBELUMNYA

Kombinasi Tak Biasa Tuna dan Alpukat, Coba Resep Tunacado Sandwich ala Chef Willgoz

BERIKUTNYA

4 Kegiatan Seru untuk Merayakan Hari Persahabatan Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: