Istilah di TikTok yang Wajib Dikenali untuk Pemula (Sumber gambar: Collabstr/Unsplash)

7 Istilah di TikTok yang Wajib Kamu Tahu

17 July 2022   |   13:00 WIB

Tidak hanya Twitter dan Instagram, salah satu media sosial yang banyak digunakan. Perkembangannya bisa ditelisik dari masa pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat mencari alternatif hiburan di media daring dan kini penggunanya hingga lebih dari 92,07 juta.

Perkembangan pengguna yang banyak di Tiktok membuat aplikasi berbagi video singkat ini semakin dilirik, bahkan bisa menciptakan ruang baru untuk perkembangan istilah dan kata baru yang populer di dalamnya. Salah satu istilah yang populer adalah FYP atau for you page yang digunakan pada halaman depan sesuai algoritma pengguna.

Mulai dari istilah daftar sampai ekspresi penguasaan topik, simak tujuh istilah yang perlu diketahui untuk Genhype yang menggunakan Tiktok.
 

1. Check

Istilah ini merujuk pada kependekan dari checklist yang bertujuan untuk menonjolkan beberapa hal dari sebuah topik. Biasanya, Check akan menggunakan berbagai rincian yang terkait dengan kepunyaan, identitas, atau konten yang terkesan pamer. 

Baca juga9 Istilah Bahasa Gaul di Twitter, dari Bub hingga Rent Free


2. Discovery Page

Mirip dengan konsep Explore di Instagram, Discovery Page merupakan laman di Tiktok yang berisikan tagar-tagar terpopuler dan iklan. Tidak hanya itu, laman ini juga bisa jadi cara untuk melihat hal-hal yang sedang populer, sehingga mempermudah membuat konten yang relevan dan masuk ke dalam laman FYP.


3. Creators

Sebelumnya, pengguna Tiktok lebih banyak dikenal dengan istilah Tiktokers. Kini, istilah ini tidak pernah digunakan lagi dan kini pihak Tiktok lebih banyak merujuk pengguna mereka sebagai creator. Layaknya Tiktokers, istilah Creator digunakan bagi pengguna Tiktok yang membuat konten di platform tersebut.


4. IB

Singkatan ini umum ditemukan dalam plaform kolaboratif tersebut. Selain Duets yang merupakan fitur untuk kolaborasi dengan kreator lain dengan layar konten yang dibagi dua, ada juga IB yang merujuk pada singkatan dari "inspired by" yang digunakan untuk membuat konten yang terinspirasi dari konten milik kreator lain dan singkatan ini bisa menjadi kredit bagi kreator tersebut.


5. VSCO

Istilah yang diambil dari nama aplikasi penyuntingan foto ini identik bagi pengguna Tiktok yang menyukai filter atau nuansa jadul. Selain sebagai rujukan aplikasi, istilah ini digunakan untuk mengejek orang-orang yang sering mencari perhatian dengan mengunggah konten foto editan aplikasi tersebut.
 

6. CEO

Istilah ini umumnya dikenal sebagai Chief Excecutive Officer, tapi di Tiktok istilah ini digunakan untuk kreator Tiktok yang ahli dalam bidang tertentu. Pengaplikasian istilah ini mirip dengan selebgram di Instagram dan selebtwit di Twitter, di mana CEO di Tiktok biasanya akan memiliki keahlian dalam bidang tertentu seperti konten kuliner, menari, menyanyi, hingga membuat konten humor.


7. S3

Mirip dengan istilah CEO, S3 yang sebenarnya digunakan secara umum sebagai istilah kependekan dari Strata 3 atau jenjang pendidikan tertinggi di dunia akademis ini digunakan di Tiktok untuk menyebut kreator yang pandai dalam hal tertentu.

Baca jugaKata Cut Off Viral di TikTok, Apa Ya Artinya?


Editor: Gita Carla
 
SEBELUMNYA

Bibimbap sampai Oppa, Ini 10 Istilah Bahasa Korea yang Sudah Masuk KBBI

BERIKUTNYA

5 Tanda Mobil Kalian Harus Ganti Oli Gardan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: