Ilustrasi pasangan (Dok. Mikhail Nilov/Pexels)

3 Tips Seimbangkan Karier dan Percintaan

18 January 2022   |   11:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dalam sebuah hubungan orang dewasa, menyeimbangkan antara pekerjaan dan hubungan adalah hal yang kerap menjadi persoalan. Meski terdengar mudah, pada praktiknya hal ini membutuhkan keputusan yang tepat agar keduanya bisa benar-benar seimbang.

Tak jarang persoalan ini bisa menjadi penyebab pasangan bertengkar. Biasanya, satu dari mereka akan merasa bahwa perhatian pasangannya lebih besar ke pekerjaan dibandingkan hubungan keduanya, sementara di sisi lain pasangannya juga sedang mendapatkan tekanan dari pekerjaan.

Hal ini tentu membutuhkan kesabaran, pengertian, dan keputusan yang tepat dalam hubungan. Dilansir Pink Villa, Selasa (18/1/2022), berikut adalah 3 cara yang dapat membantu menyeimbangkan antara pekerjaan dan hubungan.


1. Buat batasan jelas


Tak sedikit orang yang gagal membuat batasan yang jelas antara kehidupan pribadi dan profesional demi mengejar karir yang sempurna. Akibatnya, quality time dengan pasangan sering kali terganggu oleh panggilan kerja bahkan menggagalkan waktu liburan. Dengan kondisi ini, bukan tidak mungkin pasanganmu merasa diabaikan dan tidak dihargai.

Oleh karena itu, menjadi penting untuk membedakan antara waktu kerja dan waktu untuk kehidupan pribadi. Kamu juga bisa mulai melihat apakah pekerjaan yang diberikan terburu-buru atau tidak, dengan begitu kamu tetap bisa menikmati waktu berdua dengan pasangan.

 

Ilustrasi pasangan (Dok. Jonathan Borba/Unsplash)
 

(Baca juga: Catat, Jangan Tanyakan 4 Hal Ini ke Pacar Baru)


2. Jangan anggap remeh pasangan


Tak sedikit orang yang membiarkan pasangannya sibuk bekerja, padahal dia juga menantikan untuk momen waktu berdua. Pada saat inilah seringkali kita tidak menyadari bahwa kita telah meremehkan pasangan karena menganggap dia baik-baik saja dengan kondisi tersebut.

Oleh karena itu, meski sibuk bekerja dan pasanganmu tidak menuntut, mulailah untuk tidak selalu menjadikan pekerjaan sebagai prioritas dalam hubungan, dan berikan perhatian juga pada pasangan.


3. Nikmati waktu saat berdua


Beberapa orang memiliki kebiasaan bekerja bahkan saat mereka sedang cuti. Meskipun ini dapat membantu kamu mendapatkan beberapa poin plus di tempat kerja, itu akan mempengaruhi kehidupan pribadimu dengan cara yang buruk.

Saat cuti, lakukan apapun yang membuat kamu menjauh dari pekerjaan. Matikan handphone dan berhenti memeriksa email. Berikan pikiranmu waktu untuk beristirahat dan bersantai bersama pasangan baik secara fisik maupun mental.

Jangan sampai saat quality time bersama pasangan, tetapi pikiranmu masih berkutat pada pekerjaan. Ini bukan hanya akan membuat pasangan merasa tidak dihargai, tetapi juga tidak berharga. Jadi, nikmatilah sepenuhnya waktu berdua kamu dan pasangan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

7 Cara Mengawetkan Ikan supaya Tahan Lama

BERIKUTNYA

Perbedaan Buku Fiksi dan Nonfiksi yang Perlu Kamu Ketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: