Ahli las bawah laut (Sumber foto: Red-D-Arc)

4 Profesi Unik & Penting yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Ahli Las Bawah Laut

14 June 2024   |   13:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Berbeda dengan karier tradisional seperti dokter, pengacara, dan insinyur, ada beberapa profesi menarik yang kurang mendapat sorotan. Pekerjaan-pekerjaan aneh ini meski terkesan menentang jalur konvensional, tapi punya peran penting untuk masing-masing industri. 

Tak hanya itu, beberapa pekerjaan juga menawarkan penghasilan yang cukup besar, serta kelebihan dalam bentuk lain. Baik itu dalam bonus, pelesiran, atau pengalaman yang menantang. Namun yang jelas, mereka semua mendapat kepuasan tersendiri dari mata pencaharian unik ini. 

Mulai dari pekerjaan dengan tugas yang berbahaya, hingga menguji berbagai jenis bantal, simak penjelasan dari 4 pekerjaan aneh yang jarang diketahui dari seluruh dunia dari berbagai sumber. 

Baca juga: Profesi Masa Depan Manusia Diprediksi Makin Bersinggungan dengan AI, Berkah atau Bencana?
 

1. Pelayat profesional 

Pelayat profesional, atau moirolog, adalah aktor yang disewa oleh anggota keluarga untuk turut berduka di prosesi pemakaman. Profesi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah orang yang hadir pada momen itu, serta menunjukkan dukungan emosional kepada keluarga yang sedang berduka. 

Meski cukup aneh, ternyata profesi ini bukanlah pekerjaan baru. Profesi ini telah hadir sejak zaman Kaisar Wu di China sekitar 100 SM. Namun, ini populer juga dalam budaya Mesir dan Mediterania kuno. 

Ketika seorang pelayat direkrut, mereka akan bertemu dengan keluarga untuk mendiskusikan situasinya. Mereka akan mempelajari segala informasi terkait orang yang telah meninggal. Kemudian sang pelayat akan menghadiri prosesi pemakaman, sambil berduka sesuai arahan yang telah diberikan.

Setelah pemakaman, mereka dibayar untuk berbaur dengan hadirin lainnya dan saling bercerita. Inilah tantangan terbesarnya, ketika mereka harus tetap berakting karena kebanyakan orang yang menghadiri pemakaman tidak sadar bahwa pelayat dibayar untuk berduka. 

Walau profesi ini terdengar kontroversial, tapi popularitas tak pernah surut. Pekerjaan ini menghasilkan US$30 hingga US$120 untuk setiap prosesi pemakaman. Pemakaman biasanya berlangsung selama 2-3 jam, sehingga memungkinkan untuk menghadiri dua pemakaman per hari. 
 

2. Ahli las bawah laut

Sesuai dengan namanya, ahli las ini akan melakukan pengelasan di bawah laut, lengkap dengan pakaian khusus menyelam seperti scuba suit dan tali kekang agar tidak terbawa ombak. Pekerjaan ini yang biasanya dilakukan pada kapal, bendungan, saluran pipa, jembatan, dan masih banyak lagi. 

Pengelasan bawah air mempunyai reputasi yang sangat berbahaya, jika dilihat dari faktor kesehatan. Situasi ini bisa mengancam kesehatan jangka panjang organ tubuh bila bekerja di bawah air terlalu lama. Oleh karena itu, umumnya mereka hanya bekerja beberapa kali dalam setahun, dan diberikan kompensasi dengan gaji yang cukup besar.

Pendapatan ahli las bawah air bisa mencapai US$350 per harinya. Namun, seorang tukang las yang bekerja di laut hanya bekerja sekitar 2 jam sehari karena tekanan bawah laut yang lebih rendah. 
 

3. Konsultan warna 

Konsultan warna bertanggung jawab untuk membantu klien memilih warna yang cocok dengan ruangan dan memberikan panduan mengenai furnitur, aksesori, dan pilihan cat. 

Profesi ini meliputi berbagai proyek mulai dari warna cat rumah, mebel, aksesori, dalam rumah seorang klien. Selebihnya, konsultan warna dapat membantu dengan keseluruhan proyek rumah, atau hanya terbatas ke masing-masing ruangan.

Ketika menggunakan jasa konsultan warna, pelanggan akan melalui beberapa tahap mulai dari konsultasi, memilih warna sesuai filosofi, baru kemudian mengimplementasikannya pada berbagai elemen rumah. 

Berkat banyak orang yang semakin sadar atas unsur filosofis dari warna pada bagian-bagian rumah, konsultan warna bisa mendapat penghasilan sebesar US$20.500 hingga US$103.000 per tahun.
 

4. Penguji kasur profesional

Penguji kasur, atau  penidur profesional, memberikan penilaian dan laporan tentang kenyamanan tempat tidur serta produk kebutuhan tidur lainnya, dengan memanfaatkan pola dan pengalaman tidur yang biasanya dibutuhkan oleh para produsen.  

Tugas utama dari profesi ini yaitu berbaring dan tidur di kasur prototipe dan membuat laporan dengan menilai kenyamanan dan faktor lainnya. Dalam beberapa pengujian, mereka harus menggunakan produk dalam kondisi tertentu untuk menilai efektivitasnya.

Pekerjaan ini memberikan kesempatan untuk tidur saat bekerja, tampak seperti kerja idaman bagi siapa pun yang suka bersantai dan senang membantu orang lain mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Penguji kasur profesional berpenghasilan sekitar $58.000 per tahun. 

Baca juga: 6 Profesi dengan Penghasilan Tertinggi di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Joko Anwar Suguhkan Realitas Sosial & Fenomena Aneh di Series Nightmares and Daydreams

BERIKUTNYA

Line Up Pertama SBS Gayo Daejeon Summer 2024, Ada ENHYPEN & ZEROBASEONE

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: