Ilustrasi bekerja (fauxels: Pexels)

5 Cara Memotivasi & Membuat Karyawan Semangat Bekerja

28 October 2021   |   17:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki semangat dan motivasi kerja yang terus menyala merupakan kondisi ideal bagi karyawan di sebuah perusahaan, lantaran dapat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja bisnis perusahaan. Karyawan yang termotivasi dan bersemangat akan berpengaruh pada reputasi perusahaan yang baik.

Lingkungan kerja yang ideal dan karyawan dengan performa maksimal tidak hanya mendatangkan keuntungan yang optimal.  Lebih dari itu, reputasi perusahaan pun akan kian menanjak mengingat karyawan yang bahagia dan bersemangat tentu akan menyebarkan cerita positif.

Dalam rilis Startup Sampingan yang diterima oleh Hypeabis.id, menjaga semangat dan motivasi karyawan merupakan sebuah tantangan tersendiri yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. 

Lead Advisor People and Culture of Sampingan Tengku Omar mengatakan, setidaknya ada lima hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga semangat dan motivasi karyawan agar menghasilkan kinerja yang berkualitas.
 

Menetapkan Target Jelas

Karyawan memerlukan target pekerjaan yang jelas sehingga mereka termotivasi untuk lebih terukur dan terarah dalam bekerja. Penentuan target juga dapat dikelompokan menjadi target jangka pendek dan jangka panjang. 

Secara psikologis karyawan merasa senang saat menyelesaikan target jangka pendek dan akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih besar.
 

Berikan Apresiasi

Tidak selalu tentang gaji, apresiasi kinerja karyawan dapat dilakukan dengan banyak hal. Salah satunya dengan memberikan pujian.  Pujian dapat meningkatkan rasa percaya diri karyawan dan membuat mereka merasa jika pekerjaan yang dikerjakannya selama ini berharga dan bermanfaat bagi perusahaan.

Pujian yang diberikan oleh perusahaan terhadap karyawan sangat efektif untuk meningkatkan semangat dan motivasi kerja.
 

Kerja Tim 

Menetapkan target individu memanglah penting, tapi jika ingin berjalan jauh dan mencapai hasil yang lebih besar, tekankanlah pada kerja sama di dalam tim. Tidak hanya itu, bekerja bersama dengan tim dapat meringankan beban dan menambah semangat karena ada tanggung jawab yang dipikul bersama. 
 

Kesejahteraan Terjamin

Faktor penting dalam menciptakan semangat dan motivasi kerja bagi karyawan adalah kesejahteraannya. 

Omar mengatakan perusahaan harus memastikan bahwa karyawan telah bekerja di tempat yang terbaik dengan cara memastikan bahwa segala kebutuhannya terpenuhi, sehingga karyawan dapat memaksimalkan kinerjanya menggunakan fasilitas yang telah disiapkan oleh perusahaan.
 

Tawarkan Jenjang Karier

Hal terakhir yang tak kalah penting dilakukan perusahaan untuk menjaga semangat dan motivasi kerja karyawan adalah jenjang karier yang jelas. 

Tidak ada orang yang ingin mandek dalam satu level saja dalam berkarier. Dengan memberikan jenjang karier yang jelas, karyawan dapat termotivasi untuk terus bekerja guna meniti tangga karier yang lebih baik. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

7 Tips Liburan dengan Konsep Ekowisata, Agar Traveling Kalian Lebih Bermakna

BERIKUTNYA

Sejarah ST 20, Pikap 2 Tak yang Pernah Diproduksi Suzuki di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: