Pebasket LeBron James (Sumber gambar: Federasi Bola Basket Amerika Serikat/USAB)

LeBron James Jadi Pembawa Bendera Kontingen AS di Pembukaan Olimpiade 2024 di Paris

23 July 2024   |   14:38 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pebasket LeBron James bakal punya peran penting saat pembukaan gelaran Olimpiade 2024 di Paris. Dia akan memimpin parade sekaligus menjadi pembawa bendera Amerika Serikat saat upacara pembukaan ajang olahraga empat tahunan itu resmi digelar.

Terpilihnya LeBron sebagai pembawa bendera ini ditentukan dengan cara yang unik. Sebelumnya, sesama atlet Olimpiade kontingen Amerika Serikat melakukan semacam pemungutan suara. Hasilnya, LeBron menempati peringkat pertama dan terpilih memimpin parade kontingen pria AS.

“Kami sangat gembira mengumumkan LeBron James sebagai salah satu dari dua pembawa bendera yang akan memimpin tim USA dalam upacara pembukaan. Ini akan jadi awal dimulainya perjalanan yang luar biasa bersama-sama,” ucap CEO USOPC Sarah Hirshland, dikutip Hypeabis.id dari laman resmi USAB, Selasa (23/7/2024). 

Baca juga: Jin BTS Raih Penghargaan Heart of the Torch Setelah Jadi Pembawa Obor Olimpiade 2024

Sementara itu, LeBron mengungkapkan kehormatan yang diterimanya ini dengan gembira. Baginya, membawa bendera saat upacara Olimpiade adalah sebuah tanggung jawab yang besar.

Dia mengatakan bahwa olahraga telah menjadi satu wadah penting yang mampu menyatukan seluruh dunia. Dirinya begitu bangga menjadi bagian dari upaya menciptakan perdamaian dan persatuan itu.

“Merupakan kehormatan yang luar biasa untuk mewakili Amerika Serikat di panggung global ini. Ini adalah tanggung jawab yang bukan hanya bagi saya, juga keluarga saya, semua anak di kota asal saya, rekan satu tim, sesama atlet Olimpiade, dan begitu banyak orang di seluruh negeri dengan aspirasi besar,” ucapnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Team USA (@teamusa)


Pencetak skor terbanyak sepanjang masa NBA itu akan menjadi pemain basket pria pertama yang membawa bendera tim AS pada upacara pembukaan. LeBron kembali menciptakan sejarah baru yang mengubah banyak hal.

Terpilihnya dia menjadi pembawa bendera seolah juga jadi pelengkap atas capaian besar yang telah diraihnya sepanjang karier. Edisi 2024 ini merupakan kali keempat dirinya berpartisipasi di Olimpiade setelah edisi 2004, 2008, dan 2012.

Saat Olimpiade pertamanya pada 2004, LeBron saat itu masih berusia 19 tahun. Meski masih muda, kala itu dia mampu membawa tim memenangkan medali perunggu. Pada edisi setelahnya, yakni 2008 da 2012, LeBron bahkan mampu mempersembahkan emas untuk AS. 

Era setelahnya, megabintang basket Los Angeles Lakers ini kemudian jadi salah satu atlet paling produktif sepanjang sejarah. LeBron menjadi pencetak skor terbanyak sepanjang masa NBA pada 2023, memiliki empat gelar NBA, dan telah mendapat penghargaan MVP NBA sebanyak empat kali.

Di Paris ini, LeBron akan bergabung dengan rekan setimnya, Kevin Durant dan Carmelo Anthony. Sepanjang keikutsertaannya di Olimpiade, LeBron telah mencetak 273 poin. Dia juga melengkapi rekornya dengan medali emas turnamen FIBA Amerika 2007. 

Kini, dia dan rekan-rekannya tentu ingin kembali meraih emas. Terlebih, usia LeBron saat ini menginjak 39 tahun. Tentu bukan umur yang muda lagi untuk berharap kembali ke panggung olahraga terbesar di muka bumi ini pada edisi selanjutnya lagi.

Olimpiade 2024 akan diselenggarakan pada 26 Juli-11 Agustus. Upacara pembukaannya akan digelar Sungai Seine mulai pukul 7.30 waktu setempat di Paris (1:30 siang EDT) dan akan disiarkan langsung di NBC.

Tim putra basket AS akan memulai pertandingan grup di Lille, Prancis, melawan Serbia pada 28 Juli. Mereka kemudian akan menghadapi Sudan Selatan pada 31 Juli dan Puerto Riko pada 3 Agustus.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Olimpiade Paris 2024: Jumlah Atlet Pria & Wanita Sama

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Ide Kegiatan Kreatif Untuk Mengisi Hari Anak Nasional

BERIKUTNYA

Despicable Me 4 Rajai Box Office Musim Panas, Siap Susul Inside Out 2?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: