Seragam tim Australia di Olimpiade Paris 2024. (Sumber gambar: situs resmi Olimpiade)

Canggih & Stylish, Inilah Deretan Seragam Olimpiade Paris 2024 dari Berbagai Negara

28 June 2024   |   18:24 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Olimpiade 2024 akan berlangsung pada 26 Juli-11 Agustus 2024 di Paris, Prancis. Per 28 Juni 2024, tercatat ada sebanyak 27 atlet dari kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang olahraga prestisius itu. Menjelang perhelatannya, sejumlah kontingen dari berbagai negara pun telah mengumumkan seragam resmi untuk para atlet mereka. 

Komite Olimpiade Indonesia (NOC) baru-baru ini mengumumkan bakal meluncurkan seragam resmi atlet Olimpiade Paris 2024. Rencananya, seragam jersey untuk Olimpiade Paris 2024 akan diluncurkan secara resmi pada 5 Juli 2024, dalam acara Olympic Day di Lapangan Hockey Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

Baca juga: Daftar 27 Atlet Indonesia yang Lolos Olimpiade Paris 2024, Ada Maryam March Maharani

Namun, sampai saat ini, belum diketahui desain seragam atlet nasional untuk Olimpiade Paris 2024, termasuk desainer atau brand yang digaet oleh NOC dalam merancang seragam para atlet.

Kendati demikian, sejumlah negara telah mengumumkan seragam resmi untuk para atlet yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Seragam-seragam yang ada merupakan hasil rancangan desainer dan brand ternama, yang didesain khusus untuk para atlet andalan dari tiap-tiap negara. 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah daftar seragam Olimpiade 2024 dari sejumlah negara. 
 

1. Irlandia

Pada Olimpiade Paris 2024, para atlet kontingen Irlandia akan tampil mengenakan seragam rancangan merek LW Pearl dalam upacara pembukaan dan penutupan. Seragamnya dirancang oleh desainer Irlandia yang berbasis di New York, Laura Weber, dengan menonjolkan tampilan dan referensi budaya. Dia memadukan desainnya dengan kain dan pola pakaian untuk mencerminkan estetika atletik.

Seragamnya terdiri dari sejumlah item pakaian mulai dari jaket, celana, jersey, hingga sepatu kets. Dari segi material, sang desainer menggunakan bahan kain taffeta ECO-Hybrid yang ramah lingkungan karena terbuat dari kaos daur ulang dan botol PET. Bahannya bertekstur lembut dan dapat menyerap air. Tak ketinggalan, ada juga sejumlah aksesoris tambahan seperti hiasan bordir, patch, hingga bros yang didesain dengan penuh filosofis.
 
 

2. Portugal

Merek Decenio kembali dipercaya untuk merancang seragam Olimpiade tim Portugal. Seragamnya terdiri dari beberapa item fesyen yang akan dikenakan para atlet pada upacara pembukaan dan penutupan, serta pada acara formal dan informal lainnya. 

Desain pola seragamnya terinspirasi dari motif khas kerajinan Portugis, dengan tulisan untuk menyerukan pesan cinta dan perdamaian di tengah dunia yang dilanda perang dan konflik. Untuk proyek ini, Decenio juga berkolaborasi dengan Koperasi Aliança Artesanal de Vila Verde, yang menyulam pola seragam untuk pakaian upacara pembukaan Olimpiade. 
 

3. Amerika Serikat

Desainer kondang Ralph Lauren kembali dipercaya untuk merancang seragam tim Amerika Serikat di ajang Olimpiade. Ini menandai kolaborasi kesembilan Lauren dipercaya sebagai desainer seragam tim AS sejak tahun 2008. Seragamnya terdiri dari sejumlah item pakaian, baik untuk upacara pembukaan dan penutupan, termasuk sejumlah agenda selama Olimpiade.

Pakaian upacara pembukaan menampilkan celana jin yang dipadukan dengan blazer wol biru tua dengan kancing ganda yang diberi hiasan putih dan merah, dengan logo Ralph Lauren di bagian dada kiri. Di baliknya, para atlet akan mengenakan kemeja Oxford bergaris biru tua dan putih. Sementara penampilan pada upacara penutupan meliputi jaket bergaya moto putih dengan detail merah, putih, dan biru, disertai dengan celana jins putih. 

Tak hanya itu, para atlet juga akan mengenakan koleksi khusus Villagewear, yang akan menampilkan pakaian klasik Ralph Lauren, mulai dari jaket dan sweater, kemeja rugby, rajutan, jogging, kaus dengan blok warna, dan banyak lagi. 
 
 

4. Belanda

Tahun ini, kontingen Olimpiade Belanda menggaet merek The New Originals yang berbasis di Amsterdam, untuk menyusun serangkaian pakaian olahraga yang berani guna dikenakan para atlet selama berkompetisi. Setiap desain telah dirancang secara kompleks, serta menampilkan motif lencana dan detail pipa. 
 

5. Inggris

Tim Inggris kembali menggaet Adidas untuk merancang seragam Olimpiade pada tahun ini. Mengusung nuansa warna biru tua serta aksen putih dan merah, seragamnya terdiri dari jumper pendek yang dihiasi dengan logo negara untuk atlet perempuan, serta set baju lengan panjang dan celana olahraga yang serasi untuk atlet pria. Setiap bagian dari koleksi seragam ini juga dilengkapi dengan union jack.
 
 

6. Australia

Tim Australia telah mengumumkan seragam resmi mereka untuk Olimpiade Paris 2024. Disebut terinspirasi oleh gaya dan budaya Paris, koleksi seragamnya terdiri dari blazer di atas kaus katun yang dihiasi dengan garis-garis emas dan hijau dengan celana pendek chino krem selutut untuk pria.

Sementara blazer untuk wanita dipadukan dengan celana pendek krem ??atau rok lipit dengan gradasi hijau, emas, dan putih. Menariknya, blazer para atlet dilengkapi dengan tulisan 301 nama juara Olimpiade Australia, serta sumpah Olimpiade dari negara itu di saku bagian dalam. 
 

7. Kanada

Merek pakaian olahraga Lululemon dipercaya untuk mendesain seragam Olimpiade tahun ini bagi tim Kanada. Koleksi seragamnya terdiri dari jaket bomber jacquard merah dan putih, set pendek dan kemeja yang serasi, hingga crop top merah cerah.

Dalam proses pembuatannya, Lululemon melibatkan sebanyak 19 atlet Olimpiade dan Paralimpiade Kanada yang mewakili 14 cabang olahraga yang berbeda. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan wawasan tentang kebutuhan fisik dan mental para atlet selama Olimpiade, dalam merancang pakaian mereka.
 
 

8. Prancis

Sebagai tuan rumah, tim Prancis juga menampilkan seragam atlet Olimpiade yang memukau. Menggandeng merek mode mewah Berluti, tim Prancis memperkenalkan koleksi seragam yang memadukan kenyamanan sekaligus keanggunan untuk acara pembukaan dan penutupan Olimpiade 2024. 

Para atlet akan mengenakan kemeja putih khas Berluti dan jaket tuksedo biru tengah malam dengan kerah mengilap berwarna bendera Prancis. Para atlet pria akan mengenakan celana panjang polos yang serasi dengan sepatu kets, sementara atlet wanita akan memakai tambahan berupa rok lilit lengkap dengan sepasang sepatu mokasin paten.

Sementara aksesorisnya terdiri dari sapu tangan saku berpola yang sama dengan kerah mengilap yang dapat dimasukkan ke dalam jaket pria, sedangkan syal dengan warna yang sama dapat dikenakan oleh wanita. Selain itu, ikat pinggang yang dipernis tangan dengan warna yang sama akan melengkapi pakaian pria. 
 

9. Jepang

Untuk gelaran Olimpiade Paris 2024, tim Jepang menggandeng merek Asics Corp untuk merancang seragam para atlet. Didominasi warna merah, seragamnya terbuat dari bahan daur ulang yang mudah menyerap keringat sekaligus tahan iklim panas, mempertimbangkan kondisi cuaca di Paris yang fluktuatif.

Tak hanya itu, bahan seragam tim Jepang juga dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat menyerap cahaya inframerah, sehingga mencegah kamera inframerah melihat menembus pakaian dalam atau tubuh atlet di baliknya.

Perusahaan peralatan olahraga Jepang, Mizuno, turut terlibat dalam merancang pakaian tersebut secara khusus untuk melawan tren meningkatnya voyeur yang memproduksi dan menyebarkan foto-foto atlet yang membahayakan di situs-situs porno. Pengembangan teknologi ini dimulai setelah para atlet mengeluh kepada Komite Olimpiade Jepang pada 2020, tentang foto-foto diri mereka yang dibagikan di media sosial dengan teks eksplisit seksual. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Olimpiade Paris 2024, Ada Maskot dan Cabor Baru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

Sabrina Carpenter Cetak Rekor Baru, Kuasai Billboard Hot 100 dengan Lagu Please Please Please

BERIKUTNYA

Review Film Marni: The Story of Wewe Gombel, Cerita tentang Ibu, Pola Asuh Anak & Penyesalan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: