Greysia Polli dan Apriyani Rahayu Peraih Medali Emas Olimpiade 2020 (Sumber Foto: Instagram/@r.apriyanig)

Daftar Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Sepanjang Sejarah Olimpiade

24 July 2024   |   13:04 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sebanyak 29 atlet Indonesia akan berlaga di ajang Olimpiade 2024 yang berlangsung di Paris, Prancis mulai 26 Juli-11 Agustus 2024. Kontingen atlet ini mewakili berbagai cabang olahraga seperti panahan, panjat tebung, senam artistik, angkat besi, dayung, balap sepeda, bulu tangkis, judo, atletik, dan lainnya.

Pesta olahraga dunia yang juga disebut Games of the XXXIII Olympiad ini diikuti lebih dari 10.500 atlet dari 206 komite olimpiade nasional, serta mempertandingkan 32 cabang olahraga dan 306 nomor pertandingan.

Baca juga: Profil Greysia Polii, Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang Jadi Mentor di Olimpiade Paris 2024

Indonesia telah mencatatkan prestasi yang membanggakan di ajang Olimpiade selama beberapa dekade. Olimpiade, sebagai ajang olahraga terbesar di dunia telah diselenggarakan sejak 1896 di Yunani. Namun, Indonesia baru ikut serta pada 1952, saat Olimpiade XV diadakan di Helsinki, Finlandia.

Saat pertama kali berpartisipasi, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan tim terkecil yang hanya mengirimkan tiga atlet untuk berlaga di cabang olahraga angkat besi, renang, dan atletik. Namun, dari tahun ke tahun, negara kita mulai mengirim banyak atlet untuk ditandingkan di berbagai cabang olahraga.

Secara keseluruhan atlet Indonesia telah meraih total 37 medali yang terdiri dari 21 medali dari cabang bulu tangkis, 15 medali dari angkat besi, dan satu medali dari panahan.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menempati posisi kedua dalam jumlah perolehan 8 medali emas dengan total 37 medali. Indonesia kalah dari Thailand yang mengumpulkan total 35 medali, termasuk 10 medali emas. 

Medali emas pertama yang diperoleh Indonesia adalah saat Olimpiade Barcelona 1992. Susi Susanti dari cabang bulu tangkis tunggal putri menjadi atlet pertama Tanah Air yang berhasil mengukir prestasi membanggakan tersebut.

Sebetulnya pada Olimpiade Munich 1972, Rudy Hartono dari cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra, dan Ade Chandra/Christian Hadinata untuk bulu tangkis nomor ganda putra telah memperoleh medali emas.

Namun, pada Olimpiade Munich 1972, bulu tangkis masuk ke dalam olahraga uji atau olahraga demontrasi dan eksibisi. Jadi, perolehan ini tidak terhitung ke dalam total perolehan medali resmi.

Baca juga: Jadwal & Link Live Streaming Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024

Sampai saat ini, Indonesia telah mengumpulkan medali untuk setiap ajang Olimpiade digelar. Terhitung mulai penyelenggaraan Olimpiade Barcelona 1992 sampai Olimpiade Tokyo 2020, berikut daftar atlet Indonesia yang pernah meraih medali emas.

Olimpiade Barcelona 1992
  • Susi Susanti (Bulu Tangkis, Tunggal Putri)
  • Alan Budikusuma (Bulu Tangkis, Tunggal Putra)

Olimpiade Atlanta 1996
  • Rexy Mainaky/Ricky Subagja (Bulu Tangkis, Ganda Putra)

Olimpiade Sydney 2000
  • Tony Gunawan/Candra Wijaya (Bulu Tangkis, Ganda Putra)

Olimpiade Athena 2004
  • Taufik Hidayat (Bulu Tangkis, Tunggal Putra)

Olimpiade Beijing 2008
  • Hendra Setiawan/Markis Kido (Bulu Tangkis, Ganda Putra)

Olimpiade Rio de Janeiro 2016
  • Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Bulu Tangkis, Ganda Campuran)

Olimpiade Tokyo 2020
  • Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Bulu Tangkis, Ganda Putri) 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

One Direction Rayakan 14 Tahun Debut, Ada Rencana Reuni?

BERIKUTNYA

Makna & Filosofi Desain Jersey Kontingen Indonesia di Paralimpiade Paris 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: