Nikita Willy (sumber gambar: Nutrilon Royal)

Pentingnya Stimulasi dan Nutrisi bagi Pertumbuhan Buah Hati

08 July 2024   |   18:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Membesarkan anak dan menjadi sosok yang baik merupakan cita-cita setiap orang tua. Terlebih, pada era dengan perkembangan serba cepat, penuh ketidakpastian, dan kompetitif seperti sekarang. Anak dihadapkan dengan berbagai tantangan dari dalam diri dan lingkungan sekitar. 

Peran aktif orang tua untuk selalu memahami apa yang dibutuhkan si kecil, baik dari sisi pola pengasuhan maupun karakter yang ingin dibangun pada anak, menjadi hal yang penting dalam mempersiapkan masa depannya. Sebab, apa yang dilakukan masa kini sangat berpengaruh untuk masa depan anak, terutama dalam hal nutrisi dan stimulasi.

Baca juga: 5 Tip Menjaga Mental dan Tumbuh Kembang Anak yang Wajib Dipahami Orang Tua


Peran Penting Nutrisi 

Imee Putri, Head of Brand Nutrilon Royal, mengatakan bahwa nutrisi yang baik memiliki peran yang sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak sehingga bisa menjadi yang terdepan dan terbaik. Berikut adalah beberapa fakta penting tentang nutrisi untuk anak. 
 

1. Pertumbuhan fisik dan kekebalan tubuh

Nutrisi yang cukup dan seimbang membantu pertumbuhan tulang dan otot yang sehat. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, seperti stunting. 

Nutrisi yang baik, termasuk vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin D, dan zat besi, berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Anak yang sehat lebih jarang sakit dan memiliki energi yang cukup untuk belajar dan bermain. 
 

2. Perkembangan otak

Asupan nutrisi baik dari makanan maupun susu pertumbuhan yang kaya akan DHA dan EPA penting untuk perkembangan otak. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik dan performa akademik yang lebih tinggi. 
 

3. Kesehatan jangka panjang

Pola makan yang baik sejak kecil membantu mencegah penyakit kronis pada saat beranjak dewasa. Selain itu, dengan nutrisi yang tepat, anak-anak akan menjadi lebih sehat sehingga mampu meningkatkan kesempatan belajar dan memaksimalkan kecerdasannya.

“Dengan memberikan hanya nutrisi terbaik dapat membantu si kecil memperkuat imunitasnya dan memaksimalkan kecerdasannya untuk membentuknya menjadi pemenang,” tuturnya. 
 

Peran Penting Stimulasi 

Selain nutrisi, stimulasi yang tepat juga sangat berpengaruh pada perkembangan otak dan kemampuan sosial anak. Berikut adalah beberapa poin penting tentang stimulasi untuk anak. 
 

1. Perkembangan bahasa dan kognitif

Membacakan buku dan berbicara dengan anak sejak dini membantu meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif. Anak yang sering distimulasi secara verbal cenderung memiliki kosakata yang lebih luas dan kemampuan komunikasi yang lebih baik. 
 

2. Kemampuan sosial dan emosional

Bermain dengan anak, baik secara individual maupun dalam kelompok, membantu mengembangkan kemampuan sosial dan emosional. Anak belajar berbagi, berempati, dan mengelola emosi melalui interaksi sosial. 
 

3. Keterampilan motorik

Aktivitas fisik seperti bermain di luar ruangan, menggambar, atau bermain dengan mainan yang membutuhkan keterampilan tangan membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar. 
 

4. Kreativitas dan pemecahan masalah

Stimulasi melalui permainan kreatif dan edukatif membantu anak mengembangkan kreativitas dan keterampilan pemecahan masalah. Anak belajar berpikir kritis dan menemukan solusi atas tantangan yang dihadapi.

Selebritas Nikita Willy memahami pentingnya pemberian nutrisi dan stimulasi yang tepat bagi buah hatinya. Dia memiliki kebiasaan melakukan penelitian dan perencanaan sejak dini untuk memastikan dia dapat memberikan yang terbaik untuk masa depan anaknya, Issa.

Misalnya, dengan membacakan buku bahasa Inggris untuk Issa sejak kecil sehingga kini sang buah hati sudah mampu memahami dan mengucapkan kata-kata bahasa Inggris, yang bermanfaat baginya untuk bersaing di dunia yang berkembang pesat.

Sementara itu untuk memenuhi nutrisi sang buah hati, Nikita memastikan untuk memberikan susu pertumbuhan yang baik dengan nutrisi optimal yang teruji klinis.

“Aku memilih susu pertumbuhan yang memiliki kandungan DHA, EPA, Double Biotics FOS:GOS yang lebih tinggi untuk membantu memperkuat kekebalan tubuh sehingga Issa dapat tumbuh optimal,” tutur Nikita Willy.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Eggshell Parenting untuk Tumbuh Kembang Anak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Indonesia International Piano Competition 2024 Siap Sambut 133 Pianis dari 10 Negara

BERIKUTNYA

5 Perbedaan Gitar Akustik dan Elektrik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: