IIPC akan berlangsung selama 7 hari (Sumber gambar: Siaran pers)

Indonesia International Piano Competition 2024 Siap Sambut 133 Pianis dari 10 Negara

08 July 2024   |   15:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kompetisi internasional bagi para pianis, yakni Indonesia International Piano Competition (IIPC) hadir kembali di Indonesia pada 2024. Ajang yang diadakan pertama kali pada 2019 itu diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai negara di dunia, mulai dari Indonesia hingga Amerika Serikat. 

Helen Gumanti, President of IIPC, mengatakan bahwa kompetisi yang diadakan untuk kedua kalinya ini menjadi panggung global yang didedikasikan bagi individu dengan cita-cita tinggi dan memiliki keinginnan untuk meningkatkan kemampuannya sebagai pianis.

Baca juga: Mulai dari Chopin hingga Liberace, Yuk Kenalan dengan Pianis Terkenal di Dunia

"IIPC memiliki misi untuk menciptakan ekosistem yang membuat bakat para pianis dapat berkembang dan musisi muda bisa mencapai potensi tertinggi," katanya melalui siaran pers, Senin (8/7/2024). Dia juga menambahkan bahwa Ini adalah penyelenggaraan kompetisi kedua setelah sebelumnya diadakan secara perdana pada 2019.

Helen mengungkapkan, kompetisi IIPC dirancang untuk menjadi salah satu kompetisi piano paling bergengsi di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, ajang ini juga diselenggarakan sebagai bentuk komitmen penyelenggara memajukan musik klasik dan mendukung generasi pianis di Indonesia, terutama generasi muda, agar dapat membawa nama musik klasik indonesia ke skala global.

Pada tahun ini, ada sebanyak 133 peserta dari 10 negara, yakni Indonesia, Jepang, Vietnam, Australia, Korea Selatan, Thailand, Kanada, Amerika Serikat, Singapura, dan Selandia Baru ikut serta.

Para peserta nantinya akan dinilai oleh 11 juri ternama dari 8 negara, yakni Amerika Serikat, Bulgaria, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Perancis, dan Singapura. Para juri merupakan maestro piano berpengalaman yang diakui di dunia internasional.

Salah satu juri yang turut berpartisipasi adalah Andreas Frölich, seorang profesor di Hochschule für Musik und Tanz Köln - Aachen dan Kalaidos Musikhochschule Zürich. Andreas adalah profesor tamu di berbagai akademi musik internasional.

Untuk diketahui, kompetisi IIPC 2024 akan berlangsung selama 7 hari, yakni dari 8 Juli hingga 14 Juli 2024 di Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan. peserta telah melakukan pendaftaran ulang pada 7 Juli 2024.

Kemudian, peserta akan mulai menunjukkan kebolehannya pada pada Senin, 8 Juli 2024. Adapun, babak final dan pengumuman pemenang kategori profesional akan diadakan pada Minggu, 14 Juli 2024. Para finalis akan mempersipakan piano concerto yang mendapatkan iringan dari Jakarta Concert Orchestra pada puncak acara kompetisi ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Makna Lagu Wahai Tuan, Single Debut Penyanyi Bunga Reyza

BERIKUTNYA

Pentingnya Stimulasi dan Nutrisi bagi Pertumbuhan Buah Hati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: