Platform media sosial Threads (Sumber foto: Meta)

3 Fakta Menarik Thread yang Rayakan Ulang Tahun Pertama

06 July 2024   |   09:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Setahun sudah Threads, platform mikroblog buatan Meta, perusahaan milik Mark Zuckerberg, meluncur ke publik. Merayakan hari jadi yang pertama, pesaing X (dahulu disebut Twitter) ini berhasil menjaring lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Zuckerberg menyampaikan bahwa Threads kini memiliki lebih dari 175 juta pengguna aktif bulanan. Memang, jumlah ini masih jauh dari X yang tercatat memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan seperti klaim Elon Musk.

Baca juga: Threads Kini Punya Fitur Trending Topic Mirip X

Kendati demikian, angka 175 juta pengguna terbilang bagus bagi media sosial yang baru menginjak usia 1 tahun. Zuckerberg mengungkapkan pada April, Threads memiliki lebih dari 150 juta pengguna aktif bulanan, naik dari 130 juta yang dilaporkan pada Februari 2024.

Nah buat pengguna aplikasi percakapan publik, simak fakta menarik Threads yang baru menginjak usia 1 tahun ini yuk.


1. Jadi Alternatif X (Dahulu Twitter)

Threads diluncurkan pada 3 Juli 2023, saat pengguna mencari alternatif selain X (sebelumnya Twitter) setelah Elon Musk memperkenalkan perubahan besar pada jejaring sosial tersebut. Pada masa itu, pengguna Twitter kesal lantaran Elon Musk, menerapkan kebijakan baru berupa tarif berbatas atau rate limit. 

Kebijakan itu membuat pengguna hanya bisa melihat postingan dalam jumlah tertentu sesuai status akun. Musk memberi angka berbatas sejumlah 8.000 tweets untuk akun terverifikasi, 800 tweets untuk akun tidak terverifikasi, dan 400 tweets untuk akun baru yang belum terverifikasi. 

Mark Zuckerberg lantas mengambil kesempatan dengan meluncurkan Threads. Baru diluncurkan, Threads melampaui rekor ChatGPT sebagai platform dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah, dengan mengumpulkan lebih 50 juta pengguna. 


2. Mirip X

Layanan jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Meta ini menawarkan fitur-fitur untuk memposting dan berbagi teks, gambar, video, serta menjadi wadah untuk berinteraksi dengan postingan pengguna lainnya melalui balasan, poslang (repost), dan tombol suka. Pada Maret lalu Threads juga mengenalkan fitur Trending Now yang menampilan topik dan obrolan yang sedang hangat di Threads.

Secara umum, tampilan dan fungsi Threads mirip dengan X. Walaupun demikian, aplikasi ini mengharuskan penggunanya untuk memiliki akun Instagram agar bisa mengoperasikannya. Threads tersedia di perangkat iOS dan Android, sementara versi web menawarkan fungsionalitas terbatas dan memerlukan instalasi aplikasi seluler terlebih dahulu. 


3. Pengguna Lebih Suka ‘Curhat’ Pakai Teks

Meta mengungkapkan sebagian besar orang membuka Threads untuk mencari teks, bukan gambar, dan mencatat bahwa 63 persen dari semua postingan Threads hanya berupa teks. Namun, bukan berarti gambar tidak dibagikan di Threads, karena satu dari empat postingan menyertakan setidaknya satu gambar.

Perusahaan juga mengatakan lebih dari 50 juta Tag telah dibuat. Adapuun tiga teratas diantaranya PhotographyThreads, BookThreads, dan GymThreads.

Baca juga: Film Lembayung Tayang 2024, Angkat Kisah Thread Twitter Horor Viral 'Jin Poli Gigi'

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Musisi Tompi Ajarkan Kebijaksanaan & Kebahagiaan Lewat Lagu Goyang Berdendang

BERIKUTNYA

Bocoran Spek Pixel 9, Warna Pink Cantik dan Kamera Gahar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: